Kenali 3 Tugas Seorang Ibu untuk Mendidik Anaknya

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Tugas Seorang Ibu untuk Mendidik Anak

Tugas Seorang Ibu untuk Mendidik Anak-anaknya

 Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh sahabat jasa aqiqah.

Berikut 3 tugas seorang ibu dalam mendidik anak-anaknya untuk menciptakan keluarga yang Islami dan harmonis.
Untuk membangun keluarga yang Islami dan harmonis, orang tua memiliki peran penting. Selain ayah, ibu juga memiliki peran yang tidak kalah pentingnya dengan ayah.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Dalam mendidik anak, seorang ibu memiliki tiga elemen penting. Penyair Arab mengatakan bahwa seorang ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Adapun peran ibu dalam mendidik anaknya, yaitu:

1. Ibu sebagai sumber pemenuhan kebutuhan anak

Seorang ibu dari kehamilan telah menyediakan kebutuhan janin dalam kandungannya. Ketika seorang anak lahir, seorang ibu juga memenuhi kebutuhan anak dengan memberikan asupan ASI yang memadai dan memenuhi kebutuhan lainnya. Pada dasarnya, kebutuhan ini termasuk kebutuhan fisik, psikologis, sosial dan spiritual. Kebutuhan fisik ini termasuk makan, minum, pakaian, dan tempat berlindung.

Kebutuhan psikologis, yaitu seorang ibu untuk memberikan rasa aman, cinta dihargai, juga diterima untuk anak. Dalam hal sosial, seorang ibu harus memberikan kesempatan kepada anak untuk bersosialisasi dengan teman dan masyarakat. Kemudian kebutuhan rohani, memberikan pendidikan bagi anak-anak untuk memahami kewajibannya kepada Allah SWT, Rasul-Nya, orang tua dan saudara kandungnya.

Baca Artikel Lainnya : Inilah Arti Mimpi Digigit Ular Dalam Islam!

Seorang ibu harus mampu menciptakan ikatan emosional dengan anaknya. Sebagai panutan, dan teman bagi anak-anak mereka. Jadi, bahkan anak-anak tidak akan menyimpan masalah dan membuka diri seperti teman sejati. Dengarkan pendapat anak-anak, terima pendapat mereka dan dapat berkomunikasi dengan anak-anak. Tentunya anak akan timbul rasa hormat, dan penerimaan keberadaannya. Sehingga anak-anak akan tumbuh menjadi kepribadian yang baik, tahu bagaimana menghormati orang lain, memiliki toleransi dan toleransi yang tinggi.

2. Ibu sebagai panutan bagi anak-anaknya

Selain berteman, seorang ibu juga bertingkah seperti guru yang menjadi panutan bagi anak-anaknya. Dalam memberikan contoh kepada anak-anak, tidak hanya diucapkan secara lisan, tetapi tindakan yang kita model di depan anak-anak akan ditiru oleh anak-anak kita nantinya. Perkembangan anak, proses identifikasi muncul sejak usia 3-5 tahun. Pada saat ini, anak-anak cenderung menjadikan ibu mereka sebagai orang yang memenuhi semua kebutuhan mereka.

Baca Artikel Lainnya : Gelisah Karena Hutang ? Inilah Doa Terbebas Dari Hutang!

Di sini jelas bahwa perkembangan kepribadian anak dimulai dengan keluarganya, dengan cara anak mengambil nilai-nilai yang ditanamkan oleh orang tuanya, baik secara sadar maupun tidak sadar. Dalam hal ini, ayah dan ibu harus memberi contoh yang baik di depan anak-anak. Sering terjadi bahwa orang tua menasihati anak-anak mereka, tetapi mereka tidak. Tindakan ini akan mempengaruhi pola pikir anak dan menyebabkan anak tidak mengambil nilai-nilai, norma-norma yang ditanamkan oleh orang tua mereka.

3. Ibu sebagai stimulus untuk perkembangan anak

Pada saat kelahiran seorang anak, pertumbuhan berbagai organ dalam dirinya tidak sepenuhnya lengkap. Perkembangan organ ini sangat dipengaruhi oleh rangsangan yang diterima anak dari ibu. Stimulasi yang diberikan oleh seorang ibu dapat memperkaya pengalaman dan perkembangan kognitif anak. Stimulasi verbal dari ibu akan memperkaya keterampilan bahasa anak. Kesediaan sang ibu untuk berbicara dengan anaknya akan ditentukan oleh beberapa rangsangan dari sang ibu. Inilah alasan mengapa seorang bayi sangat cepat memanggil ibunya “mama, ma, mie, atau mak, dll.”. Sikap kasih sayang ibu dapat memberi anak pengalaman, menerima, menghargai, dan memiliki pengaruh besar pada kepribadian masa depan mereka.

Itu adalah tinjauan singkat tentang tugas seorang ibu dalam mendidik anak-anaknya. Semoga peninjauan singkat ini terhadap tugas seorang ibu dapat memberikan wawasan tambahan.

Demikianlah artikel kami mengenai Tugas Seorang Ibu untuk Mendidik Anak-anaknya semoga bermanfaat !

Sahabat jasa aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat jasa aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat Jasa aqiqah

Sedang-cari-jasa-aqiqah-paket-aqiqah-terpercaya-_-3-1

Aqiqahaqiqah jakartaaqiqah jakarta selatanaqiqah jakselaqiqah murahAqiqahmurahaqiqah praktisaqiqah tangerangaqiqah terdekataqiqah terpercayaas shidiq aqiqahbuah jambu biji merahdoahikmahaqiqahhukum aqiqahhukum membeli daging aqiqahjambu bijijasaaqiqahjasa aqiqahjasa aqiqah bekasijasa aqiqah jakartajasa aqiqah jakarta baratjasa aqiqah jakarta selatanjasa aqiqah jakarta timurjasa aqiqah tangerangjasa aqiqah terdekatjasa aqiqah terpercayamengganti aqiqah dengan membeli dagingmimpi naimimpi rasulullahmual – mual di awal kehamilannabi muhammadpaket aqiqahpaket aqiqah jakartapaket aqiqah jakarta baratpaket aqiqah jakarta selatanpaket aqiqah jakarta timurpaket aqiqah murahpaket aqiqah tangerangpaket aqiqah terpercayapenegrtianaqiqahsifat nabisifat rasulullahsirah nabawiyahsyarataqiqah

Husein Syarif

Husein Syarif

Leave a Replay

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×