Ssst.. Inilah 5 Cara Mengetahui Masa Subur Pria !

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Assalammulaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat jasa aqiqah. Ya, mungkin sebagian dari kita hanya mengetahui bahwa masa subur itu terjadi hanya pada wanita, nyatanya tidak loh bun. Pria juga bisa dikenali masa suburnya.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Tetapi memang menghitung masa subur pria tentu berbeda dengan perempuan. Adapun untuk mengetahui masa subur pria adalah dengan melihat kondisi sperma, seperti kuantitas, kualitas, struktur, hingga pergerakan sperma, hormon si pria.

Tetapi hanya saja masa subur pria tidak bisa rutin seperti perempuan yang bisa dilihat setiap bulannya. Waktu bisa menentukan masa subur seorang pria. Masa subur pria dapat meningkat pada pagi hari atau saat musim dingin loh.

Ulasan Ssst.. Inilah 5 Cara Mengetahui Masa Subur Pria !

1. Kuantitas Sperma 

Jumlah kuantitas sperma yang mempengaruhi kesuburan pria loh bun. Dan banyak sedikitnya kuantitas sperma juga dipengaruhi oleh gaya hidup pria tersebut. Ideal jumlah sperma pria yang keluar saat ejakulasi adalah 15 juta telur sel sperma per mililiter.

Kuantitas sperma yang sedikit tentu memiliki peluang untuk menurunkan peluang kehamilan bunda.

2. Kualitas Sperma

Ya, jumlah sperma yang keluar yang bagus adalah 2 cc hingga 5 cc saat sedang ejakulasi. Bilang kurang, maka perlu berkonsultasi dengan dokter. Selain itu tingkat kekentalan sperma juga berpengaruh terhadap kesuksesan bunda untuk hamil. Jika sperma ayah terlalu encer seperti air lebih baik konsultasikan ke dokter.

3.Pergerakan Sperma

Adapun cara mengetahui masa subur pria dapat dilihat juga dari pergerakan sperma. Sebab hal ini mempengaruhi keberhasilan bunda untuk hamil loh. Ya, bila 40 persen dari keseluruhan sperma bisa bergerak secara bebas, sehingga mampu menyebrangi leher rahim, rahim, dan saluran tuba maka keadaan sperma baru bisa dikatakan bagus atau normal. Agar setidaknya ada 32 persen yang mampu bergerak maju atau berada di dalam lingkaran besar.

Namun, perlu diketahui saat ingin mengetahui masa subur pria kita harus tahu kalau pergerakan sperma terdiri dari dua jenis, yakni: 

  • Pergerakan sperma progresif yaitu sperma mampu bergerak ke sebagian besar garis lurus atau sebuah lingkaran besar. 
  • Pergerakan sperma non progresif yaitu saat sperma yang tidak dapat berenang sacara progresif. Dengan kata lain, sperma tidak akan berenang secara bebas dan hanya berada di lingkaran yang terbatas. 

Untuk melihat pergerakan sperma ini ayah bunda bisa pergi ke dokter kandungan untuk konsultasi agar bisa di test lab.

4. Struktur Sperma

Cara mengetahui masa subur pria juga bisa dilihat dari kondisi struktur spermanya. Ya, kondisi struktur sperma ini bisa dilihat melalui mikroskop sehingga kepala sperma bisa diketahui secara jelas. 

Adapun bentuk atau struktur sperma terdiri dari kepala yang berbentuk oval panjang 4,0-5,5 mm dan lebar 2,5-3,5 mm serta memiliki ekor panjang sekitar 9-10 kali dari panjang kepala. 

Nah, Pria baru dikatakan subur bila memiliki lebih dari 50 persen sperma dengan bentuk yang normalnya.

5. Hormon testosteron 

Tidak kalah penting cara untuk mengetahui masa subur pria adalah melihat keadaan hormon testosteronnya. Ya, hormon berkaitan erat dengan masalah kesuburan pria. Horman testosteron yang terlalu rendah dan tinggi bisa menganggu kesuburan pria.

Dikatakan peneliti, untuk menangani gangguan kesuburan yang terjadi pada pria ini, sebaiknya ayah lakukanlah beberapa langkah antara lain: 

  • Melakukan pemeriksaan fisik termasuk alat kelamin yang meliputi testis dan penis, 
  • Melakukan pemeriksaan sperma,
  • Melakukan pemeriksaan hormon seperti LH, FSH dan testosteron bila diperlukan.  

Dikatakan para peneliti bahwa masa subur pria akan meningkat saat pagi hari hingga mencapai 88 juta ini lebih banyak dibanding malam hari. Walaupun demikian, perbandingannya tidak terlalu signifikan.

Nah ayah bunda sahabat jasa aqiqah demikianlah ulasan Ssst.. Inilah 5 Cara Mengetahui Masa Subur Pria ! semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat ! aamiin.. insya Allah.

Baca Juga :

sumber

Sahabat jasa aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat jasa aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat Jasa aqiqah

Hastag : jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah jakarta timur , jasa aqiqah jakarta barat , jasa aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta timur , paket aqiqah jakarta selatan ,

Ssst.. Inilah 5 Cara Mengetahui Masa Subur Pria !
admin

admin

Leave a Replay

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×