Inilah Resiko Terjadinya Cidera Otot Ketika Melahirkan Dan Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Resiko Terjadinya Cidera Otot Ketika Melahirkan

Inilah Resiko Terjadinya Cidera Otot Ketika Melahirkan Dan Cara Mengatasinya

Jasa Aqiqah – Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat jasa aqiqah. Pada saat melakukan persalinan biasanya bunda akan melakukan yang namanya mengejan agar bayi yang di dalam perut bisa keluar. Hal inilah yang biasanya menimbulkan cidera otot pada saat sedang melakukan persalinan. Lantas otot apa saja sih yang biasanya rawan terkena cidera pada saat sedang melakukan persalinan dan bagaimana cara mengatasinya?

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Berikut Ini Adalah Penyebab Dari Cidera Otot Ketika Melahirkan

Ketika sedang melahirkan pasti bunda memiliki pengalaman dan cerita yang berbeda-beda di setiap kelahiran sang anak baik itu anak pertama maupun anak-anak selanjutnya. Ketika melahirkan dengan cara yang normal biasanya bunda akan membutuhkan energi yang banyak untuk melahirkan sang anak, hal inilah yang biasanya akan membuat semua otot bekerja keras ketika proses melahirkan.

Pada perut biasanya otot akan semakin kencang, otot rahim akan terus berkontraksi agar leher rahim bisa melebar dan pada panggul biasanya terasa penuh karena sang janin berusaha mendorong keluar. Hal inilah yang biasanya dimana bunda mengalami sebuah kontraksi yang hebat dan mengejan yang kuat, inilah yang biasanya akan menyebabkan cedera otot ketika melakukan persalinan normal.

Bagian Otot Panggung Yang Paling Berisiko

Pada bagian otot panggul biasanya pada bagian bawah merupakan bagian otot yang sangat berisiko terkena cidera otot ketika melakukan persalinan. Soalnya pada bagian panggul merupakan tempat rahim dan juga organ reproduksi lainnya yang dimana merupakan bagian yang paling penting ketika kehamilan dan juga pada saat melakukan persalinan.

Akan tetapi ketika otot pada panggul mengalami cidera otot, kondisi ini yang sering disebut dengan pelvic floor disorder dimana kumpulan otot yang menempel pada bagian panggul menjadi rusak ketika melakukan persalinan. Cidera otot pada panggul ini biasanya akan terasa ketika beberapa hari setelah melahirkan pada umumnya sekitar 1 minggu, walaupun ada yang lebih dari 1 minggu baru terasa.

Cara Untuk Menangani Cidera Otot

Pelvic Floor Disorder bersama dengan nyeri pada panggul yang cukup kronis dapat membuat prolaps organ panggul. Prolaps organ panggul yaitu sebuah kondisi dimana ketika kandung kemih, rahim, dan juga rektum turun dan mereka masuk ke bagian dalam vagina atau bisa juga keluar bagian vagina. Hal ini yang biasanya para bunda akan mengalami inkontinensia urine dan juga inkontinensia alvi.

Cidera otot pada panggul ini bisa dihindari dengancara prosedur episiotomi, yaitu dimana sayatan pada bagian perineum (pada daerah antara vagina dan anus) yaitu dimana berfungsi untuk membantu janin lahir. Proses penyembuhannya biasanya tergantung dari lebar otot perineum yang robek, dimana semakin lebar sayatan maka ketika proses penyembuhan atau pemulihannya biasanya cukup lama.

Mengurangi Sakit Ketika Cidera Otot Ketika Persalinan

Untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul bunda bisa memberikan kompres pada bagian yang terasa nyeri dengan kompres. Dilansir oleh Everyday Health bahwasannya bunda juga bisa membasuhi vagina atau perineum dengan perlahan menggunakan air hangat (dengan cara arah dari depan ke belakang jangan lakukan bolak balik tetap satu arah).

Biasanya jahitan perineum akibat episiotomi biasanya lebih membuat kesulitan dalam melakukan jalan dan juga duduk. Bunda bisa mengatasinya dengan cara mengatur dudu yang paling nyaman dana juga bisa gunakan alat bantu lainnya untuk mendukung kenyamanan dan juga rasa nyeri.

Demikianlah apa yang bisa kami sampaikan untuk bunda semoga bisa bermanfaat dan juga jangan lupa bagikan dan komentar mengenai seputar parenting dan juga kehamilan bisa juga seputar aqiqah anak iya bunda.

Sahabat jasa aqiqah sedang mencari jasa aqiqah yang meneydiakan paket aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat jasa aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat Jasa aqiqah dan paket aqiqah jakarta.

Inilah Alasan Doa Kita Bisa Tertolak Ayah Bunda

Baca Artikel Lainnya:

Ayu Sarah Wijayanti

Ayu Sarah Wijayanti

Leave a Replay

Jasa Aqiqah Jakarta dan Tangerang

Jasa Aqiqah Tempat aqiqah terpercaya Yang Menyediakan Paket Aqiqah Jakarta dan Tangerang yang bergaransi dan mempunyai standar internasional dan tentunya bersertifikat LAIK Hygene dan juga Halal.

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Hubungi Kami Jasa aqiqah terpercaya

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×