Perlukah Membersihkan Puting Setiap Setelah Menyusui ?

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Perlukah Membersihkan Puting Setiap Setelah Menyusui ?
Perlukah Membersihkan Puting Setiap Setelah Menyusui ?

(Artikel | Perlukah Membersihkan Puting Setiap Setelah Menyusui ?) – Dear bunda sahabat jasa aqiqah, Menyusui adalah memberikan nutrisi kepada bayi yang mencakup vitamin, protein, lemak, dan karbohidrat. Selama masa menyusui, Bunda perlu menjaga kesehatan agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Tak hanya menjaga kesehatan tubuh, Bunda juga perlu merawat payudara. 

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Payudara yang sehat akan membuat aktivitas menyusui menjadi lebih nyaman dan tidak menimbulkan rasa sakit. Pasalnya, ketika menyusui, ada beberapa masalah kesehatan yang muncul misalnya nyeri puting, puting kering, hingga infeksi payudara. 

Ulasan Perlukah Membersihkan Puting Setiap Setelah Menyusui ?

Lantas, bagaimana cara merawat payudara saat masa menyusui? Perlukah membersihkan puting setiap setelah menyusui?  telah merangkum penjelasan seputar perawatan payudara selama masa menyusui seperti di bawah in

Tidak Perlu Terlalu Sering Membersihkan Puting Payudara

Faktanya adalah Bunda tidak perlu terlalu sering membersihkan puting payudara setelah menyusui. Bunda hanya disarankan untuk membiarkan puting payudara kering dengan sendirinya sebelum menutupnya lagi. 

Terlalu sering mengelap puting payudara ternyata bisa menyebabkan puting kering hingga lecet. Menggosok puting payudara setelah menyusui juga bisa menyebabkan lecet hingga infeksi. Jadi, biarkan puting kering dengan sendirinya atau Bunda bisa mengelapnya menggunakan kain yang lembut atau tisu. 

Membersihkan Puting Pakai Pelembap

Bunda dapat membersihkan puting payudara menggunakan pelembap dibanding menggosoknya setiap kali selesai menyusui. Bunda bisa menggunakan pelembap yang mengandung lanolin untuk mengurangi rasa nyeri pada puting. 

Rasa nyeri pada puting payudara bisa saja terjadi apabila si Kecil mulai tumbuh gigi. Akibatnya, si Kecil akan menggigit payudara bunda saat menyusui. Pelembap yang mengandung lanolin juga bisa mencegah puting kering dan pecah-pecah. 

Baca Juga :

Pijat dan Kompres Payudara

Selain membersihkan puting secara rutin, Bunda juga dapat memberikan pijatan payudara lalu mengompres puting menggunakan air hangat. Cara tersebut dipercaya dapat membuka saluran kelenjar ASI sehingga produksi ASI akan meningkat. 

Pastikan untuk menggunakan kain lembut untuk mengompres puting payudara. Jika merasakan sakit atau nyeri payudara dalam waktu lama, segera periksakan ke dokter untuk menghindari terjadinya infeksi. 

Oleskan ASI ke Puting

Cara lainnya untuk merawat kesehatan payudara selama menyusui adalah mengoleskan ASI. Bunda dapat mengoleskan beberapa tetes ASI pada puting dan biarkan kering dengan sendirinya. 

Selain bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian bayi, ASI ternyata juga dapat melembabkan dan melindungi puting dari infeksi. Pastikan tangan bunda sudah bersih sebelum memegang payudara. 

Jangan Bersihkan Puting Pakai Sabun

Hal yang perlu diperhatikan adalah hindari mengelap atau membersihkan puting payudara menggunakan sabun atau sampo. Cara tersebut ternyata dapat meningkatkan risiko puting payudara menjadi kering dan pecah-pecah. 

Kemudian, hindari mengoleskan alkohol, losion, atau parfum pada puting. Seperti dijelaskan sebelumnya, Bunda hanya perlu membiarkan puting kering dengan sendirinya atau mengoleskan salep pelembap.

Untuk menghindari rasa sakit saat menyusui, Bunda juga bisa menggunakan bantalan menyusui atau dikenal dengan nama breast pad. 

Itulah beberapa cara untuk merawat kesehatan puting payudara selama masa menyusui. Apabila muncul tanda-tanda infeksi pada puting seperti demam, muncul benjolan merah, hingga payudara bengkak, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Demikianlah artikel kami mengenai Perlukah Membersihkan Puting Setiap Setelah Menyusui. Semoga bermanfaat !

Perlukah Membersihkan Puting Setiap Setelah Menyusui ?

Aqiqahaqiqah jakartaaqiqah jakarta selatanaqiqah jakselaqiqah murahAqiqahmurahaqiqah praktisaqiqah tangerangaqiqah terdekataqiqah terpercayaas shidiq aqiqahbuah jambu biji merahdoahikmahaqiqahhukum aqiqahhukum membeli daging aqiqahjambu bijijasaaqiqahjasa aqiqahjasa aqiqah bekasijasa aqiqah jakartajasa aqiqah jakarta baratjasa aqiqah jakarta selatanjasa aqiqah jakarta timurjasa aqiqah tangerangjasa aqiqah terdekatjasa aqiqah terpercayamengganti aqiqah dengan membeli dagingmimpi naimimpi rasulullahmual – mual di awal kehamilannabi muhammadpaket aqiqahpaket aqiqah jakartapaket aqiqah jakarta baratpaket aqiqah jakarta selatanpaket aqiqah jakarta timurpaket aqiqah murahpaket aqiqah tangerangpaket aqiqah terpercayapenegrtianaqiqahsifat nabisifat rasulullahsirah nabawiyahsyarataqiqah

admin

admin

Leave a Replay

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×