Pengertian Aqiqah Dan Persiapan Aqiqah Menurut Syariat Islam

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Pengertian Aqiqah Dan Persiapan Aqiqah Menurut Syariat Islam

Pengertian Aqiqah Dan Persiapan Aqiqah Menurut Syariat Islam

Jasa Aqiqah – Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat jasa aqiqah, ketika bunda akan melahirkan anak hal ini akan menjadi sebuah momentum untuk ayah bunda yang selalu dinanti-nantikan. Ketika mereka dikaruniai oleh seorang anak mereka akan merasakan sebuah hal yang bahagia dan ketika merasakan hal seperti ini kita sebagai umat muslim yang beragama biasanya melaksanakan sebuah acara yang dinamakan aqiqah. Aqiqah sendiri merupakan sebuah acara sebagai tanda syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, yang dimana telah dikaruniai seorang anak.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Akan tetapi bagaimana sih ketentuan aqiqah yang sesuai dengan syariat islam? Hal-hal berikut yang bisa ayah bunda sampaikan dan juga mempersiapkan aqiqah untuk sang anak. Simak di bawah ini iya ayah bunda.

Persiapan Melaksanakan Aqiqah Untuk Anak

Ketika umat muslim diberikan sebuah karunia dan juga titipan berupa anak, hal ini akan dilaksanakan aqiqah yang dimana sebagai tanda wujud atas karunia yang Allah SWT berikan kepada kita berupa anak yang dimana harus kita jaga dan juga rawat agar menjadi anak yang berbakti sholehah dan juga sholeh serta memiliki perilaku yang baik. Aqiqah sendiri merupakan sebuah acara yang dilaksanakan oleh umat islam dan juga harus sesuai dengan sunnah yang telah di tentukan dalam melaksanakan ibadah aqiqah.

Definisi Aqiqah

Aqiqah sendiri dalam agama islam berasal dari bahasa arab yaitu al qat’u yang berarti memotong. Kata arti tersebut memiliki beberapa pengertian diantaranya yaitu, memotong bayi yang baru lahir dan yang satunya adalah memotong atau melakukan penyembelihan pada hewan. Beberapa pendapat ulama mengartikan aqiqah yaitu dengan melaksanakan proses mencukur rambut sang anak yang baru saja lahir berumur sekitar 7 hari, 14 atau 21 setelah kelahiran.

Persiapan Dan Tata Cara Aqiqah

Persiapan aqiqah untuk anak ketika akan diaqiqahi baik itu laki-laki atau perempuan sebenarnya sama saja akan tetapi yang membedakannya hanyalah jumlah hewan yang akan disembelih untuk aqiqah anak yaitu laki-laki 2 ekor sedangkan perempuan 1 ekor. Dibawah ini adalah beberapa ketentuan dalam melaksanakan aqiqah dalam agama islam yaitu diantaranya adalah:

  • Memotong Hewan Kambing

Ketika akan menyembelih hewan aqiqah alangkah baiknya dan juga disunahkan untuk membaca doa sebagai berikut:

بسمله و بالله, اللهم أقيقتن أن فلان بين فلان, لحمها بالأهميه سي زحمه, الهمجئلها وقان ليالي محمدين إليه و الإحس صلى.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah SWT serta dengan Allah SWT, Aqiqah ini dari fulan bin fulan, dagingnya dengan dagingnya, tulangnya dengan tulangnya. Ya Allah, jadikan aqiqah ini sebagai tanda kesetiaan kepada keluarga Nabi Muhammad SAW.”

  • Mengolah Daging Aqiqah

Ketika hewan aqiqah sudah dipotong maka selanjutnya adalah mengolah daging yang sudah dipotong menjadi olahan makanan dan dibagikan ke tetangga atau kerabat atau bisa juga dibagikan kepada orang yang fakir.

  • Membagikan Dan Memakan Sebagian Hasil Olahan Aqiqah

Ketika akan membagikan hasil dari aqiqah dibagikan seperti ketika membagikan hasil hewan qurban yang membedakan adalah hasil dari aqiqah adalah olahan matang sedangkan qurban adalah daging mentah. Tak hanya itu olahan aqiqah sebagian di makan sedangkan sebagiannya lagi bisa dibagikan ke kerabat atau tetangga dan juga fakir miskin.

  • Mencukur Rambut Dan Memberikan Nama

Ketika pelaksanakaan aqiqah jangan lupa mencukur rambut sang bayi yang dimana cara ini adalah hukumnya sunnah,s elain itu juga memberikan nama untuk bayi yang dimana diharapkan nama tersebut bisa sebagai doa untuk sang anak.

Demikianlah apa yang bisa kami sampaikan semoga memberikan manfaat dan juga menambah ilmu untuk ayah bunda dan jangan lupa bagikan dan juga komentar di bawah ini iya ayah bunda seputar berita parenting dan juga sunah aqiqah. Sedang mencari jasa aqiqah yang menyediakan paket aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat jasa aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat Jasa aqiqah dan paket aqiqah jakarta.

Inilah 3 Manfaat Menggendong Bayi Bisa Bikin Relaks

Baca Artikel Lainnya:

Ayu Sarah Wijayanti

Ayu Sarah Wijayanti

Leave a Replay

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×