Merasa depresi setelah menyusui ini sebabnya

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Merasa depresi setelah menyusui ini sebabnya

Merasa depresi setelah menyusui ini sebabnya

Jasa Aqiqah – Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat jasa aqiqah banyak sekali ibu yang menyusui anaknya sampai dia terlalu menikmati apalagi ibu yang kesehariannya di rumah saja dan mngurus anak setiap harinya seakan mereka tidak mau berhenti meberikan ASI mereka ke anak. Akan tetapi sesuai dengan anjuran dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), bunda bisa menyapih anak pada usia sekitar 2 tahun.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Dalam rekomendasi tersebut di dasarkan pemberian ASI eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan, bisa juga sampai 2 tahun atau pun lebih tergantung anak dan disertai dengan memberinya makan-makanan yang bergizi.

Akan tetapi banyak sekali ayah bunda terutama pada bunda ketika proses menyapih anak emmang bukanlah hal yang mudah dilakukan dikarenakan mereka sudah meberi ASI beberapa tahun dan mungkin tidak rela anaknya sudah tidak meminum ASi lagi.

Iya memang tidak bisa di lepaskan anak sudah tidak lagi menyusu pada bundanya karena sudah disapih, kebanyakan bund akan mengalami sedih ahkan ada juga sampai mengalami depresi setelah menyapih anaknya.

Berikut Penjelasan Mengapa Bunda Mengalami Sedih atau Depresi Setelah menyapih Anak

Pada saat bunda sedang menyusui anak bunda akan melepaskan hormon cinta yaitu oksitosin yang dimana bunda akan merasakan tenang dang sangat baik ketika melepaskan hormon ini. Dan ketika bunda sedang menyusui anak bunda bisa membangun ikatan yang sangat dalam dengan sang anak. Dan bunda memberikan dan mendapatkan kenyamanan ketika memberi ASI kepada anak.

Nah oleh karena itu melakukan proses menyapih anak bukanlah hal mudah yang dilakukan oleh bunda.n Dan itulah mengapa bunda bisa mengalami stres yang berlebihan bahkan depresi emosional yang tinggi dikarenakan sudah tidak lagi memberikan ASI kepada sang anak.

Baca Artikel Lainnya :

Berikut adalah beberapa tanda bunda yang mengalami depresi ketika tidak lagi menyusui anak

  • Depresi bisa terjadis selama kurang lebih beberapa minggu ada juga yang beberapa hari setelah menyapih anak
  • Gejala yang biasa dialami seperti sedih yang berlebihan, putus asa, marah yang tidak jelas dan hal ini tidak perlu dilakukan evakuasi klinis
  • Kondisi ini biasanya dialami sampai hormon sang bunda mengalami keseimbangan artinya hormon sudah mulai normal lagi dan hal ini biasanya berlangsung pendek bukan jangka lama

Sebab Depresi Yang Dialami Bunda Setelah Menyapih Anak

Depresi yang disebabkan oleh bunda biasanya dipengaruhi oleh bebrapa faktor seperti kondisi psikologis, emosional dan juga dinamika situasional. Akan tetapi penyebab depresi yang dialami oleh bunda biasanya berbeda-beda dan berikut adalah beberapa penyebab nya anatara lain :

  • Perubahan Hormon : Ketika bunda sedang menyusui bunda akan melepaskan sebuah campuran hormon prolaktin dan oksitosin yang dimana hal ini akan menyebabkan ketenangan yang akan bunda dapatkan, Sehingga apabila anak sudah disapih maka hormon akan menurun secara signifikan itulah yang akan membuat sang bunda depresi
  • Menstruasi (Haid/Nifas) : Kejadian ini biasanya kerap terjadi apabila bunda seang dalam keadaan PMS biasanya ketika melakukan penyapian anak bunda akn lebih mudah marah, tersinggung dan juga depresi.
  • Identitas Yang Berubah : Hal ini biasnaya terjadi ketika bunda baru saja menyapih anaknya yaitu dari awalnya bunda biasanya meberi ASI kepada anak akan tetapi sekarang setelah menyapih anak bunda sudah tidak melakukan hal-hal itu sehingga biasanya ada rasa cemas dan khawatir terhadap sang anak.
  • Rasa Bersalah Berlebihan : Biasanya ada juga bunda yang menunggu dimana anak akan disapih. Akan tetapi malah ketika bunda sudah menyapih anak, biasanya bunda akan merasa bersalah ketika anak sudah mulai disapih melihat sang anak sudah tidak lagi meminum ASI biasanya muncul rasa cemas dan emosional yang tinggi tercampur aduk sehingga menyebabkan bunda mengalami depresi.

Nah demikian mengenai Merasa depresi setelah menyusui ini sebabnya semoga bisa bermanfaat dan menambah ilmu bagi sahabat jasa aqiqah jangan lupa bagikan dan komentar di bawah ini.

Sahabat jasa aqiqah sedang mencari jasa aqiqah yang meneyediakan paket aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat jasa aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat Jasa aqiqah.

Ajarkanlah 5 Hal Kepada Anak Adab Sebelum Tidur Yah
Husein Syarif

Husein Syarif

Leave a Replay

Jasa Aqiqah Jakarta dan Tangerang

Jasa Aqiqah Tempat aqiqah terpercaya Yang Menyediakan Paket Aqiqah Jakarta dan Tangerang yang bergaransi dan mempunyai standar internasional dan tentunya bersertifikat LAIK Hygene dan juga Halal.

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Hubungi Kami Jasa aqiqah terpercaya

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×