( Artikel | Inilah Cara Mengatasi Anak Yang Rewel Di Tempat Umum ! ) – Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh sahabat jasa aqiqah, ketika anak suka rewel di tempat umum bersama ayah bunda hal tersebut tentu sangat menganggu. Misal ketika ayah bunda sedang pergi ke supermarket/mall bersama si kecil, si kecil rewel ingin dibelikan mainan ini dan itu. Menangis sering menjadi senjata andalan anak agar dibelikan. Gimana mengatasinya ? Tenang inilah cara mengatasi anak yang rewel di tempat umum

Penjelasan Ini Cara Mengatasi Anak Yang Rewel Di Tempat Umum

Sahabat jasa aqiqah, ingatlah selalu untuk memberikan penjelasan dan membuat perjanjian dengan anak sebelum bepergian. Jelaskan ayah bunda sahabat jasa aqiqah hendak pergi kemana dan apa yang akan dilakukan ke sana.

Apakah ayah bunda sahabat jasa aqiqah ke mall/supermarket untuk berbealanja, makan dan sebagainya. Ulangilah sekali lagi kesepakatan yang telah ayah bunda buat bersama anak persis sebelum berangkat. Ayah dan bunda sahabat jasa aqiqah bisa menerapkan reward and consequences sebagai imbal balik perilaku anak.

Kalau anak patuh pada kesepakatan, berikan reward hal-hal yang diperlukan / disenangi anak. Misalnya akan dibelikan buku karya pengarang favoritnya, boleh bermain game selama sejam dll. Begitu juga ketika anak melanggar kesepakatan, berilah contoh sequence,”Kalau kamu menangis kita langsung pulang ya..” atau “Kamu boleh menangis kalau mama nggak menuruti keinginan kamu nanti, tapi tetap nggak dapat apa-apa loh. Tujuan kita hanya beli sayur-sayuran bukan yang lain.”

Baca Juga : Bagaimana Menghadapi Anak Suka Teriak dan Membentak?

Ayah bunda sahabat jasa aqiqah, pastikan konsekuensi hukumannya adalah yang segera dapat dilakukan di tempat kejadian. Jangan mengatakan bahwa nanti kalau pergi ke mall tidak diajak lagi, karena ayah dan bunda bisa saja lupa akan janji ini dan anak menganggapnya tidak serius.

Selanjutnya saat tiba di mall/supermarket jika anak meminta sesuatu diluar kesepakatan ayah bunda misal tahu-tahu si kecil minta ke arena bermain ayah bunda bisa mengatakan,”Kalau ade mau main nanti ke sini lagi khusus untuk main disana. Bermain kan nggak ada dalam perjanjian..”

Anak Menolak

Mungkin ayah bunda sahabat jasa aqiqah bertanya-tanya, lalu bagaimana jika anak menolak ? ayah bunda sahabat jasa aqiqah dapat melakukan eskalasi reward dan consequences. Biasanya anak-anak memiliki kegemaran dari yang tingkatannya agak suka, suka, dan sangat suka. Saat akan melakukan konsekuensi, ayah bunda bisa memilihnya dari paling bawah.

Misalnya kesukaan anak paling bawah adalah menonton tv-main sepeda-main game. Maka ketika anak mulai melanggar perjanjian ayah bunda sahabat jasa aqiqah bisa gunakan eskalasi konsekuensi yang paling bawah.” Kalau ade memaksa, kita pulang dan mala mini nggak ada kegiatan menonton tv acara kesukaanmu.”

Kalau anak tidak juga mengindahkan dan masih melanggar, naikkan ke konsekuensi berikutnya. Misalnya,”Kalau kamu tetap memaksa nanti malam tidak boleh nonton tv dan besok tidak ada main sepeda.” Dan seterusnya.

Ayah bunda sahabat jasa aqiqah sebaiknya tetap melakukan secara konsisten, hindari rasa tak tega / kasihan. Namun apa yang dilakukan anak, tetap memberi penekanan bahwa mereka sebetulnya anak yang baik

Jadilah orangtua yang berkomitmen juga dalam berjanji yah ayah bunda sahabat jasa aqiqah, jangan sampai malah orangtua sendiri yang melanggar perjanjian. Awalnya hanya mau ke toko buku tetapi karena ada diskon besar-besaran terpaksa deh mampir ke toko baju hadeehhhh….. Kalau begini bisa dipastikan anak akan melakukan pemaksaan yang sama

Selain masalah kesepakatan perlu diperhatikan juga apakah anak rewel karena kelelahan atau kebiasaan. Ayah bunda sahabat jasa aqiqah tentu tahu karakter anak dan bisa menerka jenis rewel yang muncul saat itu. Jika memang anak kelelahan dan sudah jamnya tidur jangan menggunakan emosi dan berikan anak waktu istirahat agar ia tenang

Demikianlah apa yang dapat kami sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi ayah bunda sahabat jasa aqiqah !

Referensi : Buku Ayah Edy Menjawab

Sedang cari jasa aqiqah terpercaya ? silahkan hubungi kami ( jasa aqiqah terpercaya , jasa aqiqah Tangerang, jasa aqiqah Jakarta)

Hastag : jasa aqiqah , jasa aqiqah tangerang , alodokter , alodokter sehat , alodokter anak rewel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *