Awas Inilah cara mengajari anak dzikir

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
cara mengajari anak dzikir

Cara mengajari anak dzikir

Jasa Aqiqah – Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat jasa aqiqah Pada dasarnya dzikir adalah merupakan sebuah pujian kepada Allah SWT dalam ajaran agama islam. Dzikir sendiri dilantunkan bertujuan untuk mengingat Allah SWT d biasanya di ucapkan berulang kali. Sebenarnya dzikir sendiri dilakukan bukan hanya oleh orangtua saja kan tetapi bisa dilakukan oleh anak-anak sampai orang dewasa. Dengan berdzikir ketika masih usia anak-anak yang mau menuju ke usia dewasa bertujuan supaya tumbuh dalam kedekatan dengan Allah SWT melalui dzikir.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Di zaman sekarang banyak sekali orangtua hanya mengedepankan ilmu duniawi saja tanpa mengimbangi dengan ilmu batin atau agama. Hal ini biasanya seringkali diabaikan dan baru diajari hanay ketika mereka dewasa saja. Seharusnya anak-anak sudah di ajarkan agama dan anatara lainnya yaitu dzikir supaya mereka dekat dengan dzikrullah dan menjadikannya rutinitas harian mereka.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengajari anak sebuah dzikir dengan itu ayah bunda sahabat jasa aqiqah bisa mempraktikannya. Simak berikut ini iya bunda.

Mengajari Hadits-hadits Pendek

Banyak sekali cara untuk memperkenalkan sang anak dzikir dan fungsi dari dzikir. Diantaranya dengan cara yang mudah di pahami oleh anak-anak seperti mengenalkan anak hadist-hadist pendek yang mudah di hafal oleh sang anal. Dan bisa juga ayah bunda mengimbangi anak supaya giat untuk menghafalkannya dengan di beri semangat seperti memberi hadiah kepada anak ketika berhasil menghafalkannya.

Di bawah ini adalah beberapa contoh hadits yang bisa anak hafalkan supaya anak rajin berdzikir. Berikut adalah hadits oleh Jabir R.A bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda :

مَنْ قَالَ سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ وَبِحَمْدِهِ غُرِسَتْ لَهُ نَخْلَةٌ فِي الْجَنَّةِ

“Barang siapa yang membaca: Subhanallahi al-‘Adzimi wa Bihamdihi, niscaya ditanam untuknya satu pohon kurma di surga.” (HR. al-Tirmidzi dan dishahihkan Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 6429)

Berdasarkan hadist di atas ayah bunda sahabat jasa aqiqah juga bisa memberi pertanyaan kepada sang anak mengenai ‘Berapa banyak pohon kurma yang sudah di tanam di hari ini?”

Pada suatu kisah Nabi Muhammad SAW penah melewati Abu Hurairah R.A yang kala itu sedang menanam pohon kurma. Dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam Bersabda kepadanya :

أَلَا أَدُلُّكَ عَلَى غِرَاسٍ خَيْرٍ لَكَ مِنْ هَذَا قَالَ بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ قُلْ سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ يُغْرَسْ لَكَ بِكُلِّ وَاحِدَةٍ شَجَرَةٌ فِي الْجَنَّةِ

“Apakah kamu mau kuberitahukan tentang tanaman yang bagimu akan lebih baik dari tanaman ini?” Abu Hurairah menjawab; “Tentu wahai Rasulullah!.” Beliau bersabda: “Ucapkanlah olehmu Subhaanallaah (Maha suci Allah), Al-Hamdulillaah (Segala puji milik Allah), Laa Ilaaha Illallaah (tidak ada ilah selain Allah) dan Allaahu Akbar (Allah Maha besar). Maka setiap bacaan tersebut akan menumbuhkan satu pohon di surga bagimu.” (HR. Ibnu Majah dan dishahihkan Syaikh Al-Albani)

Dan dengan itu orangtua juga bisa terus memotivasi anaknya dengan memberi pertanyaan-pertanyaan yang bertujuan untuk mendorong anaknya agar terus menghafal dan mendalami dzikir seperti dengan bertanya dalam mempelajari hadis di atas seperti ‘Sudah berapa jumlah pohon kurma yang di tanam di surga hari ini nak dengan karunia dan kuasa Allah SWT?’

Baca Artikel Lainnya :

Hadits oleh Abu Musa Al-Asy’ari R.A mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda :

أَلَا أَدُلُّكَ عَلَى كَلِمَةٍ هِيَ كَنْزٌ مِنْ كُنُوزِ الْجَنَّةِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

“Tidakkah kamu mau aku tunjuki salah satu harta simpanan di surga? Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah’.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Hadist di atas bahwa orangtua dapat memberi sebuah dorongan kepada anaknya mengenai kebaikan seperti ‘Sudah berapa berapa kamu nak menabung untuk akhirat di hari ini?’ terus beri motivasi kepada anak untuk mempelajari dzikir agar kelah mereka memiliki sebuah harta simpanan yang baik dan berharga kelak nanti di sana.

Nah mungkin itu saja contoh dzikir hadits-hadits pendek yang bisa kami bagikan masih banyak lagi hadits yang baik di ajarkan kepada sang anak untuk terus berdzikir kepada Allah SWT agar kita selalu diberi petolongan, rahmat dan karuniaNya Aamiin.

Sahabat jasa aqiqah sedang mencari jasa aqiqah yang meneyediakan paket aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat jasa aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat Jasa aqiqah.

5 Penyebab Penglihatan Kabur Setelah Melahirkan Anak

admin

admin

Leave a Replay

Jasa Aqiqah Jakarta dan Tangerang

Jasa Aqiqah Tempat aqiqah terpercaya Yang Menyediakan Paket Aqiqah Jakarta dan Tangerang yang bergaransi dan mempunyai standar internasional dan tentunya bersertifikat LAIK Hygene dan juga Halal.

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Hubungi Kami Jasa aqiqah terpercaya

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×