Inilah 5 Tips Memberi Uang Saku untuk Anak

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Uang Saku

Tips Memberi Uang Saku untuk Anak

Assalammulaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat jasa aqiqah. Pada saat mereka berada di sekolah dasar, anak-anak lebih mengerti tentang uang. Sayangnya, banyak anak memahami konsep uang hanya dalam hal konsumsi. Tak jarang mereka mengomeli untuk meminta membeli camilan, es krim, atau sesuatu yang ia ambil dari rak saat anda sedang berbelanja. Mereka mungkin juga memohon Anda untuk membayar untuk toy yang telah menjadi hit di antara teman-teman mereka di sekolah.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Anak-anak dari usia yang sangat muda bahkan perlu diberikan pelajaran tentang keuangan. Terus-menerus memasok kebutuhan mereka akan uang dapat mendorong mereka untuk menjadi pembeli impulsif. Nantinya mereka juga tidak akan mampu mengelola keuangan.

Anda perlu membesarkan mereka untuk menjadi anak-anak yang bijaksana secara finansial. Pendekatan termudah untuk mulai mengajarkan nilai uang dan cara menggunakannya dengan bijak adalah dengan memberi anak Anda uang mereka sendiri. Anda dapat melakukan ini dengan memberikan tunjangan rutin. Akan lebih mudah jika Anda memberikannya dalam hitungan minggu.

Berikut adalah langkah-langkah memberi uang saku untuk anak yang dapat Anda ikuti:

1. 1/2 usianya


Janet Bondar, penulis buku Raising Money Smart Kids, menyarankan untuk mulai memberikan uang saku yang sama dengan setengah usia anak Anda. Misalnya, jika si kecil berusia 7 tahun, Anda bisa memberinya Rp 35 ribu per minggu atau Rp 40 ribu untuk anak berusia 8 tahun. Memberi anak uang saja akan mendorong kemandirian mereka serta berhati-hati dalam menggunakan uang tersebut.

2. Arahkan Dia untuk Menyimpan


Anda tidak harus hanya memberikan uang saku untuk dibelanjakan. Juga arahkan si kecil untuk menabung. Tunjukkan padanya manfaat apa yang bisa dia dapatkan dengan menabung. Lawrence Balter, Ph.D., seorang psikolog anak di New York City mengatakan bahwa salah satu hal yang dapat memotivasi si kecil adalah nilai transaksional menabung.

Misalnya, ketika menghemat uang, dia dapat membeli pakaian yang lebih mahal – yang dia inginkan, atau dia dapat membeli tiket untuk mengunjungi taman bermain di akhir pekan. Anda dapat memberinya toples atau tas kecil untuk menghemat uang saku dan menemukan berbagai skenario tabungan bersama-sama.

3. Hindari terlalu tercampur


Setelah memberikan uang saku kepada anak-anak, tugas Anda hanya untuk mengarahkan mereka, termasuk ketika mereka ingin membeli apa pun. Mungkin dia hanya membuang-buang uang membeli pensil berbau atau gantungan tas bermotif lucu. Namun, tahan untuk tidak melarang, kecuali apa yang akan dibeli si kecil adalah hal yang berbahaya atau tidak baik seperti menghabiskannya untuk permen atau terlalu banyak makanan ringan.

Baca artikel lainnya : Inilah Ayah Bunda 10 Akibat Buruk Membandingkan Anak

Cukup tawarkan saran dan maafkan diri Anda dari mengatakan pembelian bukanlah ide yang baik, tetapi kembalikan keputusan kepadanya lagi. Lawrence mengatakan bahwa anak-anak bisa merasakan penyesalan dari apa yang telah dibelinya. Penyesalan ini bisa menjadi pelajaran yang berguna baginya.

4. Ketika Mereka Keras Kepala


Ada saat-saat ketika Anda menyarankan si kecil untuk tidak membeli sesuatu, dia mungkin sangat baik tetap dengan akan dan menjawabnya, “Ini uang saya!” Kalimat ini tentu membuatmu jengkel. Anda hanya perlu menghadapinya dengan mengatakan, “Kita dapat hidup dengan damai karena kita bijaksana untuk menggunakan uang,” atau “Kita dapat hidup dengan nyaman seperti ini karena kita memiliki tabungan yang cukup.” Dia mungkin tidak menyadari pentingnya hukuman Anda segera. Tetapi kemudian, seperti yang dikatakan Lawrence, penyesalan akan membuat mereka belajar.

5. Buka tentang Keuangan Keluarga


Banyak keluarga yang menutupi masalah keuangan mereka dengan anak-anak mereka. Bahkan, semakin Anda menunjukkan dan menjelaskannya kepada anak-anak, semakin mudah untuk memahami dan berpikir bijak.

Anda dapat melibatkan anak saat mencatat penghasilan dan membuat anggaran bulanan, mengundangnya untuk membayar tagihan listrik, mengundangnya untuk membahas kebutuhan utama keluarga untuk kebutuhan hiburan lainnya. Dengan cara ini mereka juga akan belajar untuk menetapkan prioritas keuangan mereka sendiri.

Demikianlah5 Tips Memberi Uang Saku untuk Anak apa yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi ayah bunda sahabat jasa aqiqah. Aamiin..

Sahabat jasa aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat jasa aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat Jasa aqiqah

Hastag : jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah jakarta timur , jasa aqiqah jakarta barat , jasa aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta , paket aqiqah jakarta timur , paket aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta barat, jasa aqiqah tangerang

Sedang-cari-jasa-aqiqah-paket-aqiqah-terpercaya-_-3-1
Ayu Sarah Wijayanti

Ayu Sarah Wijayanti

Leave a Replay

Jasa Aqiqah Jakarta dan Tangerang

Jasa Aqiqah Tempat aqiqah terpercaya Yang Menyediakan Paket Aqiqah Jakarta dan Tangerang yang bergaransi dan mempunyai standar internasional dan tentunya bersertifikat LAIK Hygene dan juga Halal.

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Hubungi Kami Jasa aqiqah terpercaya

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×