Abdullah bin Abbas

Masya Allah, Kecerdasan Abdullah bin Abbas Bikin Umar Takjub

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh sahabat jasa aqiqah terpercaya, pada kesempatan kali ini kami akan coba jelaskan kecerdasan Abdullah bin Abbas yang membuat kita terheran-heran.

Penjelasan Masya Allah, Kecerdasan Abdullahbin Abbas Bikin Umar Takjub

Abdullah bin abbas adalah anak dari paman Rasulullah yakni Abbas bin Abdul Muthalib, dia lahir tiga tahun sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah. Itu berarti saat Rasulullah meninggal  umur Ibnu Abbas baru berusia 13 tahun.

Saat kecil ternyata beliau pernah di doakan oleh Rasulullah dengan doa berikut,

‘Ya Allah, berilah ia ilmu agama yang mendalam dan ajarkanlah padanya takwil dari kitabullah.’

Setelah Rasulullah wafat, Ibnu abbas semakin giat belajar, banyak bertanya kepada para sahabat. Setelah bertanya ia akan mengkajinya dengan kecerdasannya. Jadi tidak hanya mendengar tapi juga menelaah.

Umar bin khattab yang terkenal cerdas pun mengakui kemampuan ibnu abbas, dia memasukkan pemuda tersebut ke majlis yang dipenuhi para sahabat utama. Mereka adalah yang mengikuti perang badar hingga disebut ahli badar.

Umar pun menguji Ibnu Abbas mengenai penafsiran an nahr ayat 1-3, ternyata ibnu abbas menyatakan bahwa ayat yang pertama,’Jika datang kepadamu pertolongan dan penaklukan’ adalah tanda dari wafatnya nabi sudah dekat. Sementara perintah di ayat ke 3 adalah untuk beristighfar dan bertaubat. Kedua kata itu biasanya digunakan untuk mengakhiri sesuatu bukan digunakan dalam tanpa kemenangan atau futuh mekkah

Para sahabat ahli badar yang mendengar langsung terheran-heran. Mereka pun mengakui dalamnya Analisa Ibnu Abbas, Umar pun menerima pendapat ibnu abbas sepenuh hati, terbukti sudah doa rasulullah kepada ibnu abbas.

Karena kecerdasannya tersebut umar sampai menjulukinya dengan istilah “pemuda tua” maksudnya adalah walau masih muda tetapi kedalaman ilmunya seperti orang tua. Teman-teman seangkatan dan orang-orang di Madinah yang dibuat kagum oleh ibnu abbas sering bertanya-tanya,”Bagaimana engkau mendapatkan semua pengetahuan ini wahai Ibnu Abbas ?”

Ibnu Abbas menjawab ,”Dengan lisan yang suka bertanya dan akal yang suka berpikir”

Ibnu Abbas selalu ingat akan pesan rasul yang pernah didapatkannya Ketika dia masih kecil,”Jagalah ajaran-ajaran Allah, niscaya engkau akan mendapatiNya selalu menjagamu. Jagalah larangan-larangan Allah, niscaya engkau akan mendapatinya selalu dekat dihadapanmu. Kenalilah Allah dalam sukamu, maka Allah akan mengenalimu dalam duka. Bila kamu meminta, mintalah kepadaNya. Jika kamu butuh pertolongan, memohonlah kepadaNya.”

Baca artikel lainnya : 1 Kisah Hidup Tsabit bin Qais RA Yang Kita Harus Tahu

Begitulah Abdullah bin Abbas atau Ibnu Abbas yang seumur hidup berusaha memenuhi nasehat Rasulullah. Semua pengetahuan yang didapatnya semata-mata hanya untuk menjaga ajaran dan dirinya dari larangan Allah.

Wajar kalau dia dijadikan rujukan siapa saja bertanya tentang urusan agama. Ya.. di usia mudia beliau sudah mejadi ulama yang bukan hanya luas ilmu agamanya tetapi juga terpuji akhlaknya. Di usia ke 71 beliau wafat, saat itu umat islam benar-benar kehilangan seorang dengan kemampuan dan pengetahuna yang luar biasa. Abu Hurairah sampai mengatakan,”Hari ini telah wafat ulama seluruh umat.”

Luar biasa bukan sahabat jasa aqiqah kecerdasan dari Abdullah bin abbas atau yang biasa disebut sebagai ibnu abbas ? semoga kita semua bisa memiliki anak yang cerdas seperti beliau karena dengan begitu kita anak kita bisa menjadi investasi kita di akhirat

Demikianlah sahabat jasa aqiqah apa yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat ! aamiin Insya Allah..

Sedang cari jasa aqiqah terpercaya ? silahkan hubungi kami ( Jasa aqiqah , jasa aqiqah terpercaya , jasa aqiqah Jakarta , jasa aqiqah Tangerang )

Hastag : jasa aqiqah terpercaya , Abdullah bin abbas , ibnu abbas , jasa aqiqah Tangerang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *