Inilah 5 keutamaan puasa sunnah Syawal

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
puasa sunnah Syawal

keutamaan puasa sunnah Syawal

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat jasa aqiqah. Bulan suci sekarang telah meninggalkan kita. Ramadan sudah berakhir, Syawal diterbitkan. Semua orang kembali beraktivitas seperti biasa. Namun, bagi sebagian umat Muslim, khususnya yang mampu beribadah tanpa terikat keadaan, suasana Ramadhan masih membekas di hati mereka, apakah Ramadhan bersama Covid-19 atau tidak, Ramadhan tahun ini akan mudik atau tidak. Semuanya sama, sama mulianya karena bulan Ramadan.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Ramadan yang meninggalkan kesan di hati seorang Muslim akan melahirkan perasaan sedih ketika bulan suci akan berpamitan. Kenikmatan ibadah di bulan Ramadhan merupakan anugerah besar yang diberikan oleh Allah subhanahu wata’ala. Terutama puasa sebagai ibadah paling istimewa di bulan itu. Oleh karena itu, sebagian umat Muslim akan melanjutkan puasanya sehari setelah Hari Raya Idul Fitri, yaitu puasa enam hari di bulan Syawal. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berseru:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

“Siapapun yang berpuasa Ramadhan, maka dilanjutkan dengan puasa sunnah Syawal enam hari di bulan Syawal, maka itu seperti pahala puasa setahun” (HR Muslim).

Dengan menjalankan puasa sunnah Syawal kita akan mendapatkan keuntungan dari pahala puasa setahun seperti yang disebutkan dalam hadis di atas. Imam Ibnu Rajab al-Hanbali menyebutkan lima keutamaan yang kita dapatkan dari melaksanakan puasa Sunnah di bulan Syawal, antara lain:

1. Sunnah Syawal adalah pelengkap puasa Ramadhan.

Untuk melengkapi shalat fardhu, kita dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah rawatib, yaitu qabliyah dan bakdiyah. Dengan melaksanakan shalat sunnah rawatib, sholat sunnah fardhu akan sempurna. Demikian juga puasa Sunnah Syawal dapat menyelesaikan puasa Ramadhan.

Rasulullah shallalLahu ‘alaihi wa sallam berkata,

إن أول ما يحاسب به العبد يوم القيامة من عمله صلاته, فإن صلحت فقد أفلح وأنجح, وإن فسدت فقد خاب وخسر, فإن انتقص من فريضته شيء, قال الرب عز وجل: انظروا هل لعبدي من تطوع فيكمل بها ما انتقص من الفريضة, ثم يكون سائر عَمَلِهِ عَلَى ذَلِكَ

“Praktik seorang hamba yang dinilai untuk pertama kalinya pada hari penghakiman adalah doa. Jika doanya baik, maka benar-benar dia beruntung dan aman. Jika doanya buruk, maka benar-benar dia terluka dan kalah. Jika ada kekurangan dalam shalat wajib, Allah Ta’ala berfirman, “Periksa, apakah hamba-hamba-Ku memiliki amalan sunnah yang dapat menebus kurangnya ibadah wajib?” Kemudian ini berlaku untuk semua perbuatan wajibnya “(Diriwayatkan oleh Tirmidzi).

2. Menyempurnakan pahala puasa menjadi pahala puasa setahun.

Hal ini sebagaimana dijanjikan dalam hadis Nabi Muhammad saw dalam kitab Muslim Sahih, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan, maka dilanjutkan dengan puasa sunnah Syawal enam hari di bulan Syawal, maka pahalanya seperti pahala puasa setahun.”

3. Terbiasa berpuasa setelah selesainya puasa Ramadan adalah tanda menerima puasa Ramadhan kita.

Sesungguhnya Allah SWT ketika menerima perbuatan baik seseorang, akan menghadiahinya karena berbuat baik setelah itu. Beberapa sarjana mengatakan:

ثواب الحسنة الحسنة بعدها فمن عمل حسنة ثم اتبعها بعد بحسنة كان ذلك علامة على قبول الحسنة الأولى كما أن من عمل حسنة ثم اتبعها بسيئة كان ذلك علامة رد الحسنة وعدم قبولها

(Dan barang siapa mengerjakan amal yang saleh) amal-amal ketaatan (dan ia dalam hal ini) di dunia (tetapi) ia melihat pahalanya (maka dia termasuk orang-orang yang berbuat baik.

4. Puasa Sunnah Syawal sebagai tanda rasa syukur kita kepada Allah subhanahu wata’ala.

Melaksanakan puasa sunnah Syawal merupakan tanda rasa syukur kita kepada Allah SWT atas berlimpahnya karunia di bulan Ramadhan berupa puasa, qiyamul lail (shalat malam), zakat dan lainnya. Puasa di bulan Ramadhan sebenarnya membutuhkan pengampunan bagi mereka yang menganutnya, hal ini berdasarkan hadis Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Sahabat Abu Hurairah ra:

من صام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه [وفي رواية]: من قام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan atas dasar keimanan, dan berharap pahala dan karunia Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni. ” [dalam narasi lain]: “Barangsiapa yang menjalani malam bulan Ramadhan atas dasar iman, dan berharap pahala dan kesenangan Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (SDM Bukhari dan Muslim) Karena pengampunan inilah yang hendaknya kita bersyukur kepada Allah dengan memperhatikan ketaatan puasa sunnah Syawal.

5. Ibadah yang dilaksanakan selama bulan Ramadhan tidak terganggu.

Dengan selesainya bulan suci Ramadhan, bukan berarti ibadah yang kita amalkan sudah selesai, namun kita hendaknya berusaha menjaga kualitas dan kuantitas ibadah di bulan-bulan berikutnya seperti di bulan Ramadhan. Dapat dikatakan bahwa puasa Syawal merupakan salah satu bentuk upaya yang dapat kita lakukan untuk melestarikan ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadhan. Lima poin di atas diekstrak dari buku Lathâif al-Ma’ârif fîma li Mawâsim al-‘Am min al-Wadhâif oleh Ibnu Rajab al-Hanbali (Dar Ibn Hazm, pencetakan pertama, 1424/2004, pp. 219-223)

Baca juga artikel lainnya : 5 Cara Agar Punya Ikatan Batin Dengan Bayi

Inilah informasi mengenai keutamaan puasa sunnah Syawal di bulan Syawal, semoga kita diberikan pengetahuan dan kemampuan untuk melestarikan ibadah yang kita lakukan di bulan suci Ramadhan, sehingga kita masuk ke dalam kelas orang-orang yang mendekatkan diri kepada Allah dengan amalan perantara sunnah seperti dalam hadis qudsi:

وَمَا يَزَالُ عَبْدِي يَتَقَرَّبُ إِلَيَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ

Artinya: “Dan hamba-hambaku selalu mendekatkan diri kepadaku dengan amalan sunnah sehingga aku juga mencintai mereka.” (Diriwayatkan oleh al-Bukhari)

Allah Maha Tahu atas segala sesuatu, dan akan memberi manusia kemampuan untuk melakukan segala sesuatu yang di kehendakiNya

Demikianlah artikel 5 keutamaan puasa sunnah Syawal apa yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat ! aamiin insya Allah..

Sahabat jasa aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat jasa aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat Jasa aqiqah

Hastag : jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah jakarta timur , jasa aqiqah jakarta barat , jasa aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta , paket aqiqah jakarta timur , paket aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta baratpaket aqiqah tangerangjasa aqiqah tangerang

admin

admin

Leave a Replay

Jasa Aqiqah Jakarta dan Tangerang

Jasa Aqiqah Tempat aqiqah terpercaya Yang Menyediakan Paket Aqiqah Jakarta dan Tangerang yang bergaransi dan mempunyai standar internasional dan tentunya bersertifikat LAIK Hygene dan juga Halal.

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Hubungi Kami Jasa aqiqah terpercaya

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×