Kenalilah Gejala Speech Delay Pada Anak Ayah Bunda !

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Kenalilah Gejala Speech Delay Pada Anak Ayah Bunda !

(Artikel | Kenalilah Gejala Speech Delay Pada Anak Ayah Bunda !) – Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat jasa aqiqah. Saat anak mulai tumbuh tetapi tidak juga bisa bicara, umumnya orang tua pun bertanya-tanya, apakah anak saya mengalami speech delay atau keterlambatan bicara?

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Ulasan Kenalilah Gejala Speech Delay Pada Anak Ayah Bunda !

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, kita perlu memahami dulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan keterlambatan bahasa atau bicara, ya ayah bunda. Mengutip Raising Children, keterlambatan bahasa atau keterlambatan bicara adalah suatu kondisi di mana ketika seorang anak mengalami kesulitan memahami dan atau menggunakan bahasa lisan di usianya yang seharusnya dirasa sudah mampu.

Baca Juga :

Anak dengan keterlambatan bicara biasanya mengalami kesulitan dalam mempelajari dan mengucapkan kata, merangkai kata menjadi kalimat, serta membangun kosakata dan memahami kata atau kalimat.

Keterlambatan bicara pada anak sering kali dikaitkan dengan kondisi seperti gangguan spektrum autisme, down syndrome dan tuli atau gangguan pendengaran.

Ya, Kondisi keterlambatan bicara dapat mengganggu proses tumbuh kembang anak. Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui tanda-tanda keterlambatan bicara pada anaknya yah..

Tanda-tanda Anak Alami Keterlambatan Bicara

1. Usia 12 bulan

Mengutip Raising Children, apabila anak tidak mencoba berkomunikasi dengan orang tua menggunakan suara, gerak tubuh dan atau kata-kata, terutama saat membutuhkan bantuan atau menginginkan sesuatu, maka ini bisa menjadi gejala awal anak mengalami keterlambatan bicara.

2. Usia 18 bulan

Kids Health melansir, anak berusia 18 bulan seharusnya sudah aktif berbicara meski belum jelas apa yang diutarakannya. Nah, apabila si kecil lebih suka gerakan lebih non-verbal untuk berkomunikasi pada usia 18 bulan, maka kemungkinan ia mengalami kesulitan meniru suara yang didengarnya selama ini.

3. Usia 2 tahun

Tanda selanjutnya adalah apabila si kecil yang berusia 2 tahun, tidak mengatakan sekitar 50 kata yang berbeda, tidak dapat menggabungkan dua kata atau lebih menjadi satu, misalnya, ‘mau makan’ atau ‘ayah bunda’

Kemudian, anak tidak menghasilkan kata-kata secara spontan, ia justru lebih senang menyalin kata atau frasa dari orang lain yang didengarnya. Selain itu, anak juga terlihat tidak memahami instruksi yang sering kali Anda dan suami berikan, seperti ‘bereskan mainanmu’ atau ‘tolong ambilkan itu.’

Demikianlah artikel kami mengenai Kenalilah Gejala Speech Delay Pada Anak Ayah Bunda ! Semoga bermanfaat !

Kenalilah Gejala Speech Delay Pada Anak Ayah Bunda !
admin

admin

Leave a Replay

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×