Kartu Identitas Anak Manfaat dan Syararat Pembuatan Yang Orangtua Wajib Tau

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Kartu Identitas Anak (KIA) Manfaat dan Syararat Pembuatan

Kartu Identitas Anak Manfaat dan Syararat Pembuatan Yang Orangtua Wajib Tau

Jasa Aqiqah – Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat jasa aqiqah, Istilah Kartu Identitas Anak pasti ayah bunda sahabat jasa aqiqah jarang mengetahui dan mungkin sangat asing di telinga. Kartu identitas Anak KIA atau Kartu Identitas Anak adalah sebuah kartu yang sama layaknya seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk) akan tetapi kartu KIA digunakan untuk anak yang berusia dibawah 17 tahun.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Pasti bingung kan? Bagaimana cara pembuatannya dan apa syaratnya. Tepat sekali kami akan berbagi tentang pembuatan dan juga manfaat membuat kartu KIA untuk anak ayah bunda. Simak dibawah ini iya.

Mengenai Kartu Identitas Anak (KIA)

Kartu KIA sendiri digunakan untuk anak di bawah 17 tahun, bedanya dengan KTP adalah kartu KIA tidak menggunakan chip elektronik. Oleh sebab itu KIA digunakan untuk anak yang usianya diawah 17 tahun. Hal ini pun sudah di atur dalam peraturan Kementrian Dalam Negeri (Permendagri) yaitu pada No 2 Tahun 2016 Mengenai Kartu Identitas Anak. Pemberlakuan KIA pun dilakukan secara bertahap. Oleh sebab itu daerah yang belum mendapatkan pengumuman dan pemberlakuan KIA, nanti akan dilakukan secara bertahap.

Daerah yang sudah melakukan pemberlakuan terhadap KIA antara lain yaitu Malang, Pangkal Pinang, Kabupaten Bantul, Depok dan Malang. Perlu ayah bunda ketahui biasanya hal ini akan di umumkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota atau Unit Pelaksana Teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

KIA (Kartu Identitas Anak) Terbagi Menjadi Dua Macam yaitu:

  • Kartu Identitas Anak (KIA) untuk anak berusia sekitar 0 sampai 5 tahun
  • Kartu Identitas Anak (KIA) untuk anak berusia dari 5 tahun sampai 17 tahun (kurang satu hari).

Dan perlu di catat bahwa ketika anak berusia 17 tahun KIA tidak berlaku lagi, beda halnya dengan KTP yang berlaku seumur hidup.

Syarat Penerbitan KIA (Kartu Identitas Anak)

Ayah bunda pasti bingung bukan bagaimana sih syarat membuat KIA? Ketika anak yang baru saja lahir ayah bunda akan mendapatkan KIA pada saat mendapatkan akta kelahiran.

Akan tetapi ketika anak ayah bunda yang sudah berumur di bawah 5 tahun akan tetapi belum mendapatkan KIA. Dibawah ini adalah ebberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan KIA:

  • Fotokopi akta kelahiran anak dan juga membawa akta asli sebagai bukti
  • Membawa KK asli orangtua/wali
  • Membawa KTP asli orangtua/wali

Dan ketika anak ayah bunda berusia di atas 5 tahun tetapi belum memiliki KIA . Berikut adalah ebebrapa syarat yang harus dipenuhi:

  • Fotokopi akata kelahiran dan juga membawa yang asli sebagai bukti keaslian
  • Membawa KK asli orangtua/wali
  • Membawa KTP asli orangtua/wali
  • Membawa foto anak berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 2 lembar

Ingat bunda juga bisa mempersiapkan dokumen penting lainnya yang dimana mungkin dibutuhkan oleh Dinas Kependudukan iya ayah bunda.

Cara Membuat KIA (Kartu Identitas Anak)

Hal ini sangat praktis dilakukan ketika ayah bunda akan membuatnya untuk anak. Bisa dilakukan oleh ayah bunda sendiri loh tanpa adanya perantara orang ketiga. Ketika pembuatan kartu bisa dilakukan secara daring dan juga tatap muka bunda, berikut ini adalah penjelasannya:

Pembuatan Secara Tatap Muka

Langkah-langkah yang harus dilakukan ayah bunda untuk membuat KIA adalah sebagai berikut:
  • Orangtua bisa datang langsung ke Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) untuk menyerahkan surat permohonan dan juga persyaratan pembuatan KIA.
  • Kepala Dinas menandatangani dan menerbitkan KIA
  • KIA biasanya diserahkan kepada orangtua atau sebagai pemohon di kantor dinas atau kecamatan atau desa/kelurahan
  • Dinas bisa menerbitkan KIA ketika melakukan pelayanan keliling
  • Pelayanan keliling biasanya dilaksanakan di sekolah, rumah sakit, taman bermain atau bacaan, dan tempat layanan lainnya.
  • Proses Pembuatan biasanya 1 sampai 2 minggu

Pembuatan Secara Online

Layanan online ini bisa dimanfaatkan ketika kondisi pandemi seperti ini. AYah Bunda bisa melakukan pendaftaran KIA secara online, berikut persyaratannya:

  • Melakukan akses online (Biasanya bisa dilihat di website dukcapil masing-masing daerah)
  • Memilih Jenis Layanan KIA (Kartu Identitas Anak)
  • Mengisi data sesuai form yang di sediakan
  • Meng-upload berkas atau dokumen persyaratan dan kirim
  • Menunggu proses verifikasi berkas
  • Biasanya akan emnerima notifikasi status dari pendaftaran layanan KIA
  • Ketika di setujui bisa mengambil KIA di kecamatan dengan menunjukan bukti pendaftaran online tersebut.

Pembuatan KIA Untuk Warga Negara Asing

KIA bisa digunakan untuk warga negara asing berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk membuat KIA untuk warga negara asing berikut penjelasannya:

  • Apabila anak sudah emmiliki paspor, orangtua anak bisa melakukan laporan ke Dinas dengan cara menyerahkan persyaratan untuk emlkukan penerbitan KIA
  • Kepala Dinas Menandatangani dan melakukan penerbitan KIA
  • KIA bisa diserahkan kepada orangtua atau pemohon KIA di kantor Dinas.

Untuk saat ini banyak blangko untuk ketersediaan pembuatan KIA sehingga kemungkinan bisa memnuhi kebutuhan anak-anak. Oleh sebab itu ayah bunda tidak perlu ragu untuk melakukan pembuatan KIA untuk anak ayah bunda.

Baca : Info Produk Aqiqah Terbaru Dan Bergaransi

Manfaat Membuat KIA (Kartu Identitas Anak) Untuk Keseharian

Bukan hanya sekedar untuk bergaya akan tetapi KIA juga mempunyai fungsi utuk keseharian anak. Fungsi yang bisa didapat salahsatunya adalah mempermudah segala urusan administrasi publik. Berikut ini adalah manfaat menggunakan KIA dalam keseharian:

Digunakan Untuk Administrasi Sekolah

Hal ini bisa digunakan ketika akan emngurus administrasi sekolah anak, akan ettapi kembali lagi ke sekolahan itu sendiri wajib atau tidak menggunakan KIA. Ke deoannya KIA bisa digunakan untuk pendaftaran ketika akan ujian dan juga aktivitas anak-anak di sekolahan nanti.

Digunakan Untuk Perbankan

KIA sendiri bisa digunakan untuk membuka rekening anak ketika ayah bunda kan mempersiapkan tabungan untuk anak KIA bisa digunakan. Tak hanya itu KIA un bisa digunakan untuk pendaftaran asuransi dan BPJS sehingga hal ini sangat mempermudahkan anak untuk mendapatkan asuransi kesehatan mereka.

Syarat Untuk Berpergian

Ketika ayah bunda dan keluarga akan melakukan perjalanan jauh seperti pergi ke luar negeri, KIA akan dibutuhkan sebgai identifikasi anak bunda. Keprluan imigrasi juga membutuhkan KIA untuk melakukan pencegahan terhadap kasus perdagangan anak.

Adanya peraturan pemberlakuan KIA juga merupakan salah satu dari upaya pemerintah dalam menerapkanperlindungan dan pemenuhan sebuah hak konstitusional warga negara Indonesia.

Demikian yang bisa kami sampaikan untuk ayah bunda semoga bisa menjwab penasaran ayah bunda yang diana belum mengetahui KIA jadi tau dan jangan lupa bagikan ke teman dan juga kerabat terekat agar ilmu yang ayah bunda dapatkan bisa membawa manfaat dan juga pahala bagi diri kita dan juga orang lain aamiin.

Sahabat jasa aqiqah sedang mencari jasa aqiqah yang menyediakan paket aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat jasa aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat Jasa aqiqah dengan harga aqiqah yang terjangkau pastinya cek di bawah ini untuk menanyakan harga dan juga paket yang tersedia

Ajarilah Anak Agar Tidak Meremehkan Kesalahan Kecil

Baca Artikel Lainnya:

Husein Syarif

Husein Syarif

Leave a Replay

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×