Jumlah Hewan Aqiqah Anak perempuan Dan Laki-Laki

Pendapat Ulama Tentang Jumlah Hewan Aqiqah Anak perempuan Dan Laki-Laki

Sahabat Jasa aqiqah terpercaya Mengenai jumlah hewan aqiqah yang harus di keluarkan dalam aqiqah perempuan maupun laki-laki yaitu :

Pendapat pertama

Untuk aqiqah laki-laki adalah dua ekor kambing dan untuk perempuan adalah satu ekor kambing. Ini adalah kepercayaan penganut mazhab Syafi’I, Hanbali, paham Zhahriyahdan sebagian ulama penganut mazhab Maliki. Juga merupakan cetusan Ibnu Abbas, Aisyah, Ishaq, Abu Tsaur, dan lain-lain.

Namun Perlu sahabat jasa aqiqah ingat bahwa penganut paham Zhahriyah memandang bahwa jumlah aqiqah dua ekor untuk laki-laki adalah wajib akan tetapi jika seorang laki-laki diaqiqahi dengan jumlah satu ekor kambing mak itu syah merupakan cetusan dari  Asy-Syaukani. Akan tetapi apabila tidak mapu beraqiqah dua ekor untuk anak laki-laki maka satu ekor saja cukup.

Imam An-Nawawi mengatakan, “Sunahnya adalah dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor untuk perempuan. Apabila hanya satu ekor untuk anak laki-laki maka dasar sunah sudah dilakukan.”

Beberapa Dalil-Dalil Pendapat Pertama

Hadis Ummu  Kurz yang di dalamnya disebutkan :

 “Dari Ummu Kurz Al-a’biyah, ia berkata, saya mendengar Rasulullah SAWbersabda,” Untuk anak laki-laki dua kambing yang sama dan untuk anak perempuan satu kambing.”Abu Daud berkata, saya mendenagar Ahmad berkata.”Mukafiatani yaitu yang sama atau saling berdekatan”. (HR.Abu Daudno.2834 dan Ibnu Majah no. 3162 Syaikh Al-Bani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Referensi artikel lainnya : Aqiqah dibulan puasa, Bolehkah? 3 ulama yang membahas tentang ini

Telah mengabarkan kepada kami Ahmad bin Sulaiman, ia berkata; telah menceritakan kepada kami ‘Affan, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Hammad dari Qais bin Sa’d dari ‘Atho` dan Thawus serta Mujahid dari Ummi Kurz bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda

Pendapat Kedua

Sahabat Jasa aqiqah Untuk seorang anak laki-laki an perempuan adalah satu ekor kambing. Ini dikemukakan oleh Imam Malik dan Handawiyah serta dinukilkan dari Ibnu Umar Asma Binti Abu Bakar, ‘Urwah Ibnu Zubair dan Abu Ja’far Muhammad Bin Ali.’

Imam Malik mengatakan “ Pendapat kami dalam masalah aqiqah, adalah baik anak perempuan atau pun laki-laki adalah satu ekor kambing.”

Dalil Pendapat Kedua :

ا 44 ح َسْي ْ َح َس ِن َوا ْ َع َّق َع ِن ا َ م َّ ْي ِه و َسل َّى َّللا َعلَ ِ ِّي َصل َما اَ َّن النَّب س َر ِض َي َّللا َعنْه ِن َعبَّا َع ْن اْب

Artinya : “Rasulullah Saw. Pernah menyembelih aqiqah untuk Hasan dan Husein, masing-masing seekor domba (kibasy).’’

ن ِن مَكا فِنَتَا ل غََلِم َشاتا ْ ْن ي َع َّق َع ِن ا َ ْم أ َم َر ه َ أ َ م َّ ْي ِه َو َسل َّى هلل َعلَ ثَةَ اَ ن َر س ْول هللِ َصل ِ َو َع ْن َعب ِريَ ِة َشاة 45 ال َجا

Artinya : “Aqiqah bagi anak wanita adalah seekor kambing, sedangkan bagi anak lakilaki dua ekor kambing.’’

Demikian artikel yang kami sampaikan semoga memberi manfaat untuk sahabat jasa aqiqah jakarta dan sahabat aqqiah tangerang kami menyediakan juga paket aqiqah dan juga jasa aqiqah terpercaya dan kami pun mensarankan jasa aqiqah terbaik yaitu jasaaqiqah.com dan as shidiq aqiqah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *