Janin sungsang definisi, penyebab dan 11 cara untuk mencegah

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Janin sungsang
Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat Jasa Aqiqah

Janin sungsang  definisi, penyebab dan cara untuk mencegah

Janin sungsang definisi, penyebab dan 11 cara untuk mencegah – Persalinan adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh semua pasangan yang sudah menikah, terutama bagi pasangan baru. Tetapi selain ketidaksabaran, ada kekhawatiran, ketakutan dan kecemasan. Ini normal, tetapi cobalah untuk tidak berlebihan karena dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik bunda dan janin. Untuk mengatasi kecemasan sebelum lahir, ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan. Penting bagi bunda untuk mengetahui dan mewaspadai berbagai kondisi menjelang persalinan, termasuk kondisi janin sungsang. bunda perlu tahu tentang arti, penyebab, dan cara mencegah janin sungsang. Ini terkait erat dengan metode persalinan yang akan dijalani bunda.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Definisi janin sungsang

Menjelang persalinan, bayi dalam kandungan akan lebih aktif. Gerakan normal ini akan membawa bayi ke posisi siap lahir, yang merupakan posisi kepala menunjuk ke bawah dekat dengan pembukaan vagina atau saluran kelahiran. Gerakan ini umumnya terjadi pada usia kehamilan pada trimester ketiga atau sekitar 35-36 minggu. Namun sayangnya, terkadang posisi tersebut tidak berubah atau disebut sungsang.

Kondisi janin sungsang akan sangat mempengaruhi proses persalinan untuk bunda dan bayi. Beberapa bahaya yang perlu diperhatikan adalah janin yang tersangkut di tabung rahim atau terperangkap di kanal kelahiran. Kondisi ini dapat menyebabkan terputusnya pasokan oksigen dari tali pusar yang dapat menyebabkan kematian bayi. Meskipun mereka masih bisa melahirkan bayi sungsang secara normal, dokter biasanya merekomendasikan operasi caesar untuk mengurangi risiko. Jika bayi dalam kondisi sungsang tetapi masih dipaksa untuk melahirkan secara normal, bayi berisiko mengalami cedera pada cacat permanen.

Ada 3 posisi janin sungsang yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Sungsang lengkap atau sungsang yang sempurna adalah posisi di mana lutut dan kaki janin membungkuk seperti mereka jongkok, sehingga bokong atau kaki dapat memasuki saluran kelahiran terlebih dahulu.
  • Frank Breech adalah posisi sungsang yang paling umum pada bayi. Posisi ini terjadi ketika bokong janin diposisikan di bagian bawah rahim dengan kaki bayi lurus ke atas.
  • Sungsang yang tidak lengkap atau sungsang yang tidak lengkap adalah kombinasi dari sungsang frank dan sungsang lengkap. Dalam kondisi ini, posisi kaki bayi berada di dekat kanal kelahiran dengan satu kaki ke atas dan satu kaki ke bawah.

Tanda-tanda Kehamilan Sungsang

Posisi janin sungsang biasanya terjadi ketika rahim di bawah 35 minggu. Pada usia kehamilan ini, janin akan semakin besar dan sulit untuk pindah ke posisi normal. Jika posisi ini bertahan sampai usia kehamilan 37 minggu, kemungkinan janin akan tetap seperti itu menjelang hari persalinan. Sang bunda juga bisa merasakan tanda-tanda janin sungsang. Mulai dari ketidaknyamanan di bawah tulang rusuk, tendangan di kandung kemih, dan napas terasa berat dan kencang karena kepala janin menekan diafragma.

Baca Artikel Lainnya :

Jika bunda merasa salah satu hal di atas, segera konsultasikan dengan dokter kandungan. Ada beberapa tindakan yang akan dilakukan oleh dokter untuk menentukan posisi janin sungsang. Pertama, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dengan meletakkan tangannya di titik-titik tertentu di perut bunda untuk merasakan posisi kepala janin, tubuh, punggung dan bokong. Selanjutnya, untuk lebih memastikan posisi janin, dokter umumnya akan melakukan pemeriksaan USG.

Penyebab Kehamilan Sungsang

Sebenarnya, faktor-faktor yang menyebabkan janin sungsang tidak diketahui dengan pasti. Namun, menurut American Pregnancy Association, ada beberapa penyebab posisi janin sungsang, termasuk:

  • Panggul wanita hamil terlalu sempit, sehingga sulit bagi kepala janin untuk memasuki saluran kelahiran
  • Rahim elastis karena telah melahirkan beberapa kali
  • Terlalu banyak atau terlalu sedikit cairan ketuban dapat mempengaruhi gerakan bayi
  • Kehamilan ganda
  • Kehamilan dini
  • Janin terjerat dalam tali pusar
  • Bentuk atau komplikasi rahim yang abnormal, seperti berserat di rahim, memiliki plasenta previa, memiliki tumor rahim atau tumor panggul
  • Cacat lahir janin

Ada 11 Cara Mencegah Janin Sungsang

Sang bunda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mencegah janin sungsang. Jika kehamilan belum mencapai usia kehamilan 34-36 minggu, bunda masih dapat melakukan upaya untuk membuat bayi kembali ke posisi normal. Berikut adalah beberapa cara alami yang dapat dicegah dan diobati bunda pada janin sungsang, termasuk:ke posisi normal. Berikut adalah beberapa cara alami yang dapat dicegah dan diobati bunda pada janin sungsang, termasuk:

1. Posisi Dada Lutut

Gerakan ini dilakukan dengan menggerakkan lutut dengan berlutut di lantai, lalu memposisikan tubuh seperti sujud. Tapi jangan biarkan paha bunda menekan perut dan memberikan sedikit jarak. Lakukan gerakan ini 2-3 kali sehari dengan durasi 15-20 menit.

2. Kemiringan Sungsang

Gerakan ini adalah gerakan berbaring di atas tikar atau apa pun yang nyaman dan kemudian mengangkat kaki ke bantal yang lebih tinggi. Bantal yang digunakan bisa sofa atau bantal yang ditumpuk di atas satu sama lain. Lakukan gerakan ini 1-2 kali sehari dengan durasi 10-15 menit.

3. Tingkatkan berjalan kaki

Berjalan kaki adalah olahraga termudah untuk dilakukan wanita hamil. Berjalan kaki dapat membantu bayi bergerak untuk menemukan posisi kelahiran yang tepat.

4. Posisi tidur

Tidurlah di punggung dengan bantal di bawah pinggul sehingga perut Anda lebih tinggi dari kepala Anda. Ini dapat merangsang bayi untuk bergerak menuruni panggul dan mengubah posisi kepala.

5. Posisi Push Up

Posisi ini dilakukan dengan meregangkan tubuh menghadap lantai dan kaki lebih tinggi dari kepala. Mintalah bantuan pendamping untuk menggendong bunda dan juga letakkan bantal di bawah perut bunda agar perut tidak langsung menyentuh lantai ketika bunda merasa lelah memegang posisi ini.

6. Posisi Duduk

Posisi ini bisa dilakukan oleh sang bunda yang duduk tegak memeluk kedua lutut. Gerakan ini akan membuka area panggul sehingga akan memudahkan bayi untuk pindah ke posisi normal atau mendekati kanal kelahiran.

7. Berenang

Gerakan berenang dapat mengendurkan sendi dan otot bunda yang kaku dan lelah. Ini dapat merangsang bayi untuk mengubah posisi.

8. Mendengarkan Musik atau Suara Ayah

Ketika janin siap dilahirkan, janin akan menanggapi suara yang didengarnya. bunda dapat memainkan musik klasik untuk merangsang janin untuk bergerak. Selain itu, bunda juga bisa meminta suami mereka untuk berbicara dengan bayi. Pastikan ayah berbicara dekat dengan bagian bawah rahim bunda sehingga kepala janin akan bergerak lebih dekat ke dalamnya

9. Menempatkan Benda Dingin

Beberapa ahli mengatakan bahwa janin tidak nyaman dengan sensasi dingin, sehingga bunda dapat menggunakan es atau benda dingin untuk ditempatkan di bagian atas rahim sehingga janin menjauh darinya dan berputar ke arah yang berlawanan.

10. Menggunakan Minyak Esensial

Beberapa bunda yang memiliki pengalaman dengan janin sungsang akan menggunakan minyak esensial seperti peppermint untuk merangsang bayi untuk pindah ke posisi normal menuju kanal kelahiran. Namun, metode ini tidak dapat dikonfirmasi secara ilmiah, jadi pastikan bunda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter kandungan.

11. Akupuntur

Metode ini dipercaya dapat membantu bunda mengendurkan rahim dan merangsang gerakan janin. Namun, sebelum melakukan metode ini Anda harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

Metode di atas adalah cara alami yang dapat dilakukan bunda dalam menangani janin sungsang. Namun, jika metode di atas belum berhasil, bunda dapat menggunakan metode medis dari dokter, seperti:

Bunda Metode External Cephalic Version (ECV), metode ini adalah prosedur manual yang dilakukan oleh dokter dengan menerapkan tekanan pada permukaan perut bunda untuk memutar posisi bayi. Selama prosedur, detak jantung bayi akan dipantau melalui USG. Jika masalah mendadak terjadi pada janin, prosedur ini akan segera dihentikan. Bunda harus tahu bahwa metode ini tidak secara otomatis bekerja 100 persen, metode ini juga memiliki risiko yang cukup besar, seperti pecahnya membran prematur, memicu persalinan prematur, hingga tekanan janin. Metode ini juga tidak dianjurkan untuk bunda yang mengalami beberapa kondisi kehamilan, pendarahan vagina, detak jantung janin abnormal, pecahnya selaput dini, atau plasenta yang menghalangi saluran kelahiran.

Baca Artikel Lainnya :

Metode chiropractic, metode ini digunakan untuk mengendurkan leher, tulang belakang, punggung dan pinggul wanita hamil. Larry Webster, D.C. dari International Chiropractic Pediatric Association percaya, kondisi panggul yang santai dapat mempengaruhi kondisi rahim, otot, dan ligamen di sekitarnya. Kondisi ini dapat memicu janin bergerak untuk mengubah posisinya ke posisi normal. Tindakan ini dianjurkan untuk dilakukan pada bulan ke-8 kehamilan.

Itulah beberapa hal tentang janin sungsang yang perlu diketahui bunda. Pastikan bunda mengetahui kondisi ini sedini mungkin sehingga dia dapat mencari cara untuk mencegah dan mengatasinya. Jangan lupa untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki keluhan selama kehamilan, Bund!

Demikianlah ulasan kami mengenai  Janin sungsang definisi, penyebab dan 11 cara untuk mencegah semoga bermanfaat!

Sahabat jasa aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat jasa aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat Jasa aqiqah

jasa aqiqah

Aqiqahaqiqah jakartaaqiqah jakarta selatanaqiqah jakselaqiqah murahAqiqahmurahaqiqah praktisaqiqah tangerangaqiqah terdekataqiqah terpercayaas shidiq aqiqahbuah jambu biji merahdoahikmahaqiqahhukum aqiqahhukum membeli daging aqiqahjambu bijijasaaqiqahjasa aqiqahjasa aqiqah bekasijasa aqiqah jakartajasa aqiqah jakarta baratjasa aqiqah jakarta selatanjasa aqiqah jakarta timurjasa aqiqah tangerangjasa aqiqah terdekatjasa aqiqah terpercayamengganti aqiqah dengan membeli dagingmimpi naimimpi rasulullahmual – mual di awal kehamilannabi muhammadpaket aqiqahpaket aqiqah jakartapaket aqiqah jakarta baratpaket aqiqah jakarta selatanpaket aqiqah jakarta timurpaket aqiqah murahpaket aqiqah tangerangpaket aqiqah terpercayapenegrtianaqiqahsifat nabisifat rasulullahsirah nabawiyahsyarataqiqah

Ayu Sarah Wijayanti

Ayu Sarah Wijayanti

Leave a Replay

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×