Jangan Terlewat, Rugi Jika Tidak Puasa Arafah !

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Jangan Terlewat, Rugi Jika Tidak Puasa Arafah !

(Artikel | Jangan Terlewat, Rugi Jika Tidak Puasa Arafah !) – Dear ayah bunda sahabat jasa aqiqah. Bulan dzulhijjah dikatakan oleh para ulama adalah bulan haram. Maksudnya bulan dzulhijjah termasuk diantara 4 bulan suci yang mana jika kita beramal saleh pada bulan itu akan dilipatgandakan pahalanya begitu pun jika kita berbuat dosa bisa double balasannya !

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Ulasan Jangan Terlewat, Rugi Jika Tidak Puasa Arafah !

Dalam bulan dzulhijjah ini adalah amalan yang dapat ayah bunda lakukan loh untuk memperbanyak amal saleh. Yakni dengan berpuasa tarwiyah dan berpuasah arafah.

Ya, untuk puasa tarwiyah sendiri keutamaanya adalah sebagai berikut :

صوم يوم التروية كفارة سنة وصوم يوم عرفة كفارة سنتين

Artinya, “Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun,” (HR Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnun Najar).

Sebagian ulama mempermasalahkan mengenai riwayat hadits ini karena ada perawi yang bermasalah. Hadits ini dhaif atau lemah. Mereka menyimpulkan bahwa hadits ini tidak dapat dijadikan sandaran atau hujjah syar’iyyah. Tetapi anjuran untuk mengamalkan puasa tarwiyah bisa ditemukan dari sejumlah dalil umum yakni hadits yang mengajak umat Islam beramal saleh terutama pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Selain itu juga para ulama memperbolehkan mengamalkan hadits yang dhaif dalam kerangka fadla’ilul a’mal (untuk memperoleh keutamaan), selagi hadits yang dimaksud tidak berkaitan dengan masalah aqidah dan hukum.

Selain puasa tarwiyah, ayah bunda bisa melakukan puasa arafah. Jika puasa tarwiyah dilakukan 8 dzulhijjah maka puasa arafah dilakukan pada tanggal 9 dzulhijjah. Adapun dalil untuk berpuasa arafah berdasarkan dari hadits yang diriwayatkan Abu Qatadah rahimahullah :

  “Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas” (HR Muslim).  

Ya, dari hadits diatas bisa dilihat bahwa puasa arafah itu bisa menghapuskan dosa dua tahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Berangkat darisini, yuk perbanyak diri kita dengan amal saleh yah bunda. Karena bulan dzulhijjah ini dikatakan juga sebagai bulan haram yakni bulan suci sebab perbuatan dosa akan diberi hukuman berkali lipat begitupun juga ketika kita beramal saleh.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah melainkan Allah pasti menjauhkan dirinya dengan puasanya itu dari api neraka selama tujuh puluh tahun. (HR Bukhari Muslim). 

Ibnu Abnu Abbas r.a meriwayatkan Rasulullah s.a.w bersabda:

: ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله فلم يرجع من ذلك شيء  

“Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah, daripada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya : ‘Ya Rasulullah, walaupun jihad di jalan Allah? Sabda Rasulullah, ‘Walau jihad pada jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian kembali tanpa membawa apa-apa.” (HR Bukhari)

Demikianlah artikel kami mengenai Jangan Terlewat, Rugi Jika Tidak Puasa Arafah ! Semoga bermanfaat !

Jangan Terlewat, Rugi Jika Tidak Puasa Arafah !
admin

admin

Leave a Replay

Jasa Aqiqah Jakarta dan Tangerang

Jasa Aqiqah Tempat aqiqah terpercaya Yang Menyediakan Paket Aqiqah Jakarta dan Tangerang yang bergaransi dan mempunyai standar internasional dan tentunya bersertifikat LAIK Hygene dan juga Halal.

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Hubungi Kami Jasa aqiqah terpercaya

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×