Jangan Panik Saat Muncul Darah di ASI Perah Bun

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Jangan Panik Saat Muncul Darah di ASI Perah Bun

(Artikel | Jangan Panik Saat Muncul Darah di ASI Perah Bun) – Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat jasa aqiqah. Saat menyusui mungkin ibu tak menyadari kalau keluar darah dalam susu yang keluar dari puting. Pada ibu yang memerah ASI dan muncul kemerahan atau ada aliran darah di susu, mungkin akan langsung panik.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Darah pada ASI memang tampak menakutkan, tapi tak perlu panik dulu, apalagi sampai berhenti menyusui. Darah dapat muncul dalam ASI karena berbagai alasan.

Ulasan Jangan Panik Saat Muncul Darah di ASI Perah Bun

Puting pecah-pecah


Puting yang pecah atau luka dapat menyebabkan munculnya darah dalam ASI. Kondisi ini biasa terjadi pada minggu pertama setelah melahirkan, ketika bayi tidak dapat mengisap dengan baik, atau ibu belum bisa menempatkan puting dengan benar di mulut bayi.

Dalam kasus puting yang lecet terbuka sampai luka, jaringan berdarah karena tekanan terus-menerus. Sedikit darah mungkin akan keluar setelah dipompa.
Jika ada masalah dengan perlekatan bayi pada payudara, cari bantuan dokter atau konsultan menyusui.

Sindrom rusty pipe/ pipa berkarat

Rusty Pipe Syndrome atau pembengkakan pembuluh darah adalah alasan lain munculnya darahh dalam ASI, biasanya pada beberapa hari pertama setelah melahirkan. Sindrom ini dinamai demikian karena warna susu yang berkarat.

Baca Juga :

Pembengkakan terjadi ketika sejumlah besar darah atau cairan lain mengalir ke payudara. Hal ini menyebabkan kelenjar susu membesar. Sebagian darah tertinggal di saluran dan keluar bersama susu. Biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan dapat terjadi pada kedua atau hanya satu payudara. Dalam kebanyakan kasus, bercak darah akan hilang tanpa intervensi medis.

Papiloma intraduktus

Papilloma intraductal adalah alasan yang tidak biasa munculnya darah dalam ASI. Munculnya benjolan kecil dan jinak, yang hampir terlihat seperti kutil dan terbentuk di saluran susu.

Kondisi ini dapat menyebabkan pendarahan dan tercampur bersama ASI. Pendarahan bakal mereda dengan sendirinya dan tidak memerlukan perawatan apa pun.
Kadang terasa menyakitkan tetapi tidak menyebabkan benjolan.

Mastitis

Mastitis adalah infeksi payudara, yang menyebabkan perdarahan. Banyak benjolan yang mengembang mengindikasikan mastitis tahap awal.
Jika menderita mastitis, ibu juga akan merasakan pembengkakan dan rasa sakit pada payudara, termasuk nyeri dan demam. Kondisi ini harus segera dikonsultasikan dengan dokter.

Bila muncul darah di ASI tak perlu menghentikan menyusui. Selama bayi tidak muntah dan menyusu dengan baik, ibu tetap aman menyusui. Pertimbangkan untuk konsultasi dengan konselor laktasi agar bayi bisa menyusu dengan posisi yang baik dan tidak membuat payudara berdarah.

Infeksi seperti mastitis memerlukan antibiotik. Jika tidak diobati dengan benar, ada kemungkinan penutupan saluran susu. Dalam kondisi ini, intervensi medis sangat dibutuhkan.

Jika terasa menyakitkan saat menyusui, berikan waktu untuk puting melewati pemulihan sembuh. Gunakan bantalan payudara hidrogel yang menenangkan atau krim yang aman digunakan. Untuk menjaga persediaan ASI, teruslah memompa (delapan hingga sepuluh kali sehari).

Demikianlah artikel kami mengenai Jangan Panik Saat Muncul Darah di ASI Perah Bun ! semoga bermanfaat !

Jangan Panik Saat Muncul Darah di ASI Perah Bun

Aqiqahaqiqah jakartaaqiqah jakarta selatanaqiqah jakselaqiqah murahAqiqahmurahaqiqah praktisaqiqah tangerangaqiqah terdekataqiqah terpercayaas shidiq aqiqahbuah jambu biji merahdoahikmahaqiqahhukum aqiqahhukum membeli daging aqiqahjambu bijijasaaqiqahjasa aqiqahjasa aqiqah bekasijasa aqiqah jakartajasa aqiqah jakarta baratjasa aqiqah jakarta selatanjasa aqiqah jakarta timurjasa aqiqah tangerangjasa aqiqah terdekatjasa aqiqah terpercayamengganti aqiqah dengan membeli dagingmimpi naimimpi rasulullahmual – mual di awal kehamilannabi muhammadpaket aqiqahpaket aqiqah jakartapaket aqiqah jakarta baratpaket aqiqah jakarta selatanpaket aqiqah jakarta timurpaket aqiqah murahpaket aqiqah tangerangpaket aqiqah terpercayapenegrtianaqiqahsifat nabisifat rasulullahsirah nabawiyahsyarataqiqah

admin

admin

Leave a Replay

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×