Inilah Yang Bisa Bunda Alami Selama Masa Nifas Berlangsung !

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Inilah Yang Bisa Bunda Alami Selama Masa Nifas Berlangsung !

(Artikel | Inilah Yang Bisa Bunda Alami Selama Masa Nifas Berlangsung !) – Ayah bunda sahabat jasa aqiqah. Setelah buda mengandung selama 9 bulan lamanya serta melahirkan buah hati, Tentu Bunda akan menjalani yakni masa pemulihan yang dikenal dengan istilah masa nifas. Masa nifas ini dihitung sejak Bunda melahirkan buah hati hingga 40 hari sesudahnya, atau sekitar 6 minggu lamanya.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Ulasan Inilah Yang Bisa Bunda Alami Selama Masa Nifas Berlangsung !

Saat berada di fase masa nifas, tubuh Bunda mengalami pemulihan untuk beradapatasi dari masa kehamilan dan melahirkan ke kondisi seperti sebelum hamil.

Nah, Di masa ini akan terjadi berbagai berbagai perubahan pada tubuh Bunda, yang mana organ-organ tubuh yang berperan selama masa kehamilan hingga persalinan, seperti rahim, serviks, dan vagina, akan kembali seperti semula nantinya.

Baca Juga :

Masa nifas memerlukan perhatian khusus karena bisa memberikan kesulitan pada Bunda terutama untuk para ibu baru.

Oleh karena itu, kami akan coba memaparkan beberapa hal yang terjadi pada tubuh dan perlu Bunda ketahui saat mengalami nifas

1. Keluarnya cairan selama nifas

Ketika sedang berada pada masa nifas atau masa pembersihan rahim, akan terjadi ekskresi cairan selama beberapa waktu yang biasa dikenal dengan istilah lokia.

Pada masa nifas, darah kotor dikeluarkan agar dinding rahim kembali normal serta siap untuk menstruasi lagi. Lokia biasanya jumlahnya banyak, berlendir, dan berbau amis.

Menurut peneliti, terdapat 4 tahapan lokia dalam masa nifas berdasarkan jumlah dan warnanya, yaitu:

1. Lokia lubra. Pada 1 minggu pertama masa nifas, biasanya akan keluar darah segar yang warnanya merah bersama sisa-sisa jaringan plasenta, dinding rahim, dan lemak bayi.

2. Lokia sanguelenta. Sekitar 1-2 minggu berikutnya darah yang keluar biasanya warnanya adalah merah dan berlendir

3. Lokia serosa. Sekitar 2 minggu berikutnya, cairan yang keluar yakni berwarna kekuningan. Kandungannya berupa jaringan serosa atau sisa-sisa pengaruh hormon dan lainnya.

4. Lokia alba. Cairan yang keluar berwarna putih dan bening. Hal ini menunjukkan Bunda sudah memasuki tahap pemulihan dan masa nifas berlangsung normal.

2. Sakit pada vagina

Ketika pada masa nifas, mungkin ini adalah suatu kondisi yang bisa dialami oleh Bunda yang melahirkan normal dikarenakan robeknya jaringan perineum (otot antara vagina dan anus) saat proses bayi keluar dari jalan lahir. Luka ini bisa sembuh dalam waktu cepat atau lama, sangat begantung sekali kepada  pada tingkat keparahannya. Jika Bunda merasakan sakit pada vagina dan tidak nyaman saat duduk, Bunda bisa coba gunakan bantal dengan bagian tengah yang berlubang.

3. Sakit pada payudara

Ketika masa nifas bunda juga bisa merasakan payudara terasa kencang dan bengkak beberapa hari usai melahirkan dan selama masa nifas. Ketika mengalami hal ini bunda bisa mengurangi ketidaknyamanan ini dengan menyusui bayi sesering mungkin dan pelajari bagaimana memompa ASI.

Selain itu, Untuk mengatasi payudara bengkak bisa dengan kompres hangat. Ketika bayi menyusu, pijat payudara yang sedang diisap bayi untuk merangsang ASI mengalir bun.

Namun jika rasa sakit tidak tertahankan, Bunda baiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli laktasi untuk penanganan lebih lanjut.

4. Sulit buang air kecil

Pada masa nifas luka dan pembengkakan pada jaringan di sekitar kandung kemih dan uretra bisa menyebabkan Bunda sulit buang air kecil. Misalnya seperti rusaknya saraf dan otot di kandung kemih bisa membuat Bunda mengeluarkan urine disadari, Seperti bunda saat sedang batuk atau tertawa. Umumnya masalah ini akan hilang dengan sendirinya. Nah untuk mengatasi hal ini Bunda bisa melakukan senam Kegel.

5. Perubahan emosi

Tidak sedikit Bunda yang baru saja melahirkan mengalami depresi, Mulai dari yang ringan hingga yang parah. Gangguan ini biasa disebut dengan baby blues serta umumnya muncul pada minggu pertama hingga minggu kedua.

Namun, jika lebih lama, bisa jadi Bunda mengalami postpartum depression. Hal Ini membutuhkan bantuan dari keluarga maupun ahli kesehatan untuk mengatasinya.

6. Penurunan berat badan

Setelah proses persalinan, Bunda akan kehilangan berat badan bisa mencapai hingga 5 kg. Ini termasuk berat badan bayi, air ketuban, dan plasenta. Selama masa nifas, Bunda bisa kehilangan beberapa kilogram lagi yang terdiri dari cairan-cairan atau jaringan lain yang ikut keluar bersama lokia.

Namun demikian, Bunda mungkin akan tetap merasa gemuk. Untuk mengembalikan berat badan seperti awal, Bunda bisa menempuhnya dengan cara rutin berolahraga dan menjaga pola makan sehat yah..

Demikianlah artikel kami mengenai Inilah Yang Bisa Bunda Alami Selama Masa Nifas Berlangsung ! semoga bermanfaat !

Inilah Yang Bisa Bunda Alami Selama Masa Nifas Berlangsung !
admin

admin

Leave a Replay

Jasa Aqiqah Jakarta dan Tangerang

Jasa Aqiqah Tempat aqiqah terpercaya Yang Menyediakan Paket Aqiqah Jakarta dan Tangerang yang bergaransi dan mempunyai standar internasional dan tentunya bersertifikat LAIK Hygene dan juga Halal.

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Hubungi Kami Jasa aqiqah terpercaya

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×