Inilah Syarat Kambing Aqiqah Sesuai Dengan Islam

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Inilah Syarat Kambing Aqiqah Sesuai Dengan Islam

Inilah Syarat Kambing Aqiqah Sesuai Dengan Islam

Jasa Aqiqah – Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat jasa aqiqah, bayi memanglah sebuah anugerah yang terindah diberikan oleh tuhan dan hasil dari sebuah buah cinta orangtua. Ketika seseorang muslim ketika mereka diberikan anak hal ini mereka akan melaksanakan aqiqah sebagai rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat dan karunia atas kelahiran yang diberikan dan harus dibesarkan menjadi seorang anak yang sholehah dan juga sholeh.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Aqiqah merupakan sebuah proses dimana dilakukan pemotongan hewan ketika sang anak baru saja dilahirkan pada hari ketujuh dilaksanakan aqiqah dengan cara memotong hewan kambing/domba yaitu ketika anak laki-laki dilakukan pemotongan 2 ekor sedangkan perempuan hanya 1 ekor saja. Aqiqah sendiri juga dilaksanakan dengan berbagai acara seperti mencukur rambut bayi dan juga memberikan sebuah nama untuk sang anak.

Hukum melaksanakan acara aqiqah yaitu sunah muakad, yang dimana diartikan bahwa sebuah sunnah yang harus diutamakan. Berikut inia dalah dalil mengenai aqiqah:

عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: كُلُّ غُلاَمٍ رَهِيْنَةٌ بِعَقِيْقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَ يُحْلَقُ وَ يُسَمَّى

Artinya : “Dari Samurah bin Jundab dia berkata : Nabi Muhammad SAW bersabda : Setiap bayi tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan (kambing) untuknya pada hari ke tujuh, dicukur dan diberi nama.” (Shahih, Hadits Riwayat Abu Dawud 2838, Tirmidzi 1552, Nasa’I 7/166, Ibnu Majah 3165, Ahmad 5/7-8, 17-18, 22, Ad Darimi 2/81, dan lain-lainnya).

Berikut Inilah Beberapa Syarat Kambing Aqiqah

Dalam melaksanakan ibadah aqiqah ada beberapa hal yang harus dipenuhi dan juga diperhatikan, salah satu yang harus diperhatikan adalah syarat kambing aqiqah. Kambing yang akan dibuat untuk acara aqiqah sebaiknya memenuhi beberapa kriteria di bawah ini diantaranya yaitu:

Umur

Kambing atau domba yang akan dipotoong untuk pelaksanaan aqiqah sebaiknya sudah memenuhi kriteria umurnya dalam arti umur harus sesuai syarat dalam aqiqah. Oleh sebab itu janganlah memotong hewan kambing atau domba yang masih kecil dan belum cukup umur minimal kurang lebih 1 tahun keatas.

Fisik Baik

Ketika Memilih hewan untuk melaksanakan aqiqah sebaiknya pilihlah hewan yang emmiliki fisik bagus dan tidak cacat. seperti tidak cacat telinga, mata, dan juga tidak kurus. sebaiknya cek terlebih dahulu kesehatan hewan yang akan dilakukan untuk aqiqah.

Harus Dimasak Terlebih Dahulu

Ketika melaksanakan aqiqah daging yang akan dilaksanakan untuk aqiqah sebaiknya dimasak terlebih dahulu, dan kemudian dibagikan ke tetangga atau keluarga. Selain itu perhatikan juga ketika sedang menyembelihnya lakukan dengan sesuai syariat islam yang ada.

Membeli Dan memilih Hewan Sesuai Yang Akan Digunakan

Ketika akan membeli hewan aqiqah pastikan anak yang akan diaqiqahi apakah laki-laki atau perempuan. Ketika yang dilaksanakan aqiqah adalah laki-laki maka dipilih 2 ekor sedangkan perempuan hanya 1 ekor saja.

Demikianlah apa yang bisa kami sampaikan semoga bisa memberikan manfaat untuk ayah bunda dalam syarat memilih hewan aqiqah, jangan lupa bagikan dan juga komentar mengenai aqiqah, parenting dan juga seputar kehamilan.

Inilah 3 Manfaat Menggendong Bayi Bisa Bikin Relaks

Baca Artikel Lainnya:

Husein Syarif

Husein Syarif

Leave a Replay

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×