jasa aqiqah ChildrenRamadanandYou
Inilah Pentingnya Mengajarkan Sopan Santun Kepada Anak !

(Artikel | Inilah Pentingnya Mengajarkan Sopan Santun Kepada Anak !) – Ayah bunda sahabat jasa aqiqah setiap orangtua pasti ingin anak-anaknya bersikap sopan santun kepada siapa pun terutama kepada kedua orangtuanya dan juga anggota keluarga yang lebih tua.

Penting memiliki anak yang memiliki sopan santun agar mereka diterima dilingkungan manapun mereka hidup, khususnya dalam lingkungan keluarga, di sekolah dan di masyarakat.

Ulasan Inilah Pentingnya Mengajarkan Sopan Santun Kepada Anak !

Berangkat darisini ada beberapa nilai moral mendasar yang wajib diajarkan kepada anak agar mereka mampu bertahan di lingkungan. Ada empat prinsip nilai moral dasar yang wajib diajarkan pada anak agar bisa menjadi bekal hidup mereka saat dimasyarakat nanti.

Meminta ijin

Latihlah anak untuk mengetahui konsep hak milik yah ayah bunda. Bisa dimulai dari di rumah. Latih si kecil untuk memahami barang yang menjadi miliknya, ayahnya, bundanya, kakaknya, dan adiknya. Penting untuk mengajari konsep hak milik agar anak tahu pentingnya untuk meminta izin ketika hendak akan menggunakan barang orang lain.

Betapa banyak anak yang saat dewasa tumbuh menjadi orang yang sifatnya semaunya, dan menindas hak orang lain karena tidak pernah diajari konsep hak milik oleh orangtuanya.

Baca Juga :

Meminta maaf

Ada momen dimana anak mungkin berbuat salah seperti memecahkan gelas atau tidak sengaja membuat temannya menangis saat bermain. Jika itu terjadi maka cobalah latih anak untuk meminta maaf saat anak memang salah. Ini bisa mengajarkan anak agar berjiwa besar agar menyadari kesalahan, bertanggung jawab, dan empati terhadap orang lain.

Meminta tolong

Sebagai manusia kita adalah makhluk yang lemah. Kita lemah jika diciptakan sendiri oleh karenanya kita membutuhkan orang lain. Ada pekerjaan yang dimana kita perlu meminta bantuan orang lain. Tatkala meminta bantuan orang lain cobalah latih anak ketika hendak akan meminta tolong kepada orang lain untuk meminta secara baik baik.

Ya, ayah bunda bisa ajarkan anak tatacara berbicara dan bersikap saat hendak akan meminta tolong orang lain dan mengajarkan pada anak pentingnya untuk saling tolong menolong.

Mengucapkan terima kasih

Jangan lupa juga untuk selalu mengajarkan anak mengucapkan terimakasih kepada orang yang telah membantu mereka. Beritahukan anak dengan mengucapkan terimakasih kita berarti telah menghargai orang yang telah berusaha menolong kita serta itu merupakan salah satu bentuk sopan santun yang wajib dilakukan tanpa memandang orang yang menolong kita itu apakah miskin kaya anak kecil atau dewasa.

Demikianlah artikel kami mengenai Inilah Pentingnya Mengajarkan Sopan Santun Kepada Anak ! semoga bermanfaat !

Inilah Pentingnya Mengajarkan Sopan Santun Kepada Anak !

Leave a Reply

Your email address will not be published.