Inilah Daftar 7 Nama Yang Dilarang Dalam Islam !

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Inilah Daftar 7 Nama Yang Dilarang Dalam Islam !

(Artikel | Inilah Daftar 7 Nama Yang Dilarang Dalam Islam !) – Ayah bunda sahabat jasa aqiqah. Dalam islam itu nama adalah doa karena dalam nama tersebut tersimpan harapan kepada si kecil nantinya. Oleh karenanya kita tidak boleh sembarangan dalam memberi nama. Sebab itu, dalam islam diatur ketentuan dalam memberikan nama kepada.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Berangkat darisini ayah bunda sahabat jasa aqiqah harus tahu ya nama-nama yang dilarang digunakan untuk si kecil. Berikut pemaparannya

Ulasan Inilah Daftar 7 Nama Yang Dilarang Dalam Islam !

1. Nama yang artinya mengandung makna negatif

Saat memberikan nama, tak sekadar asal memilih yah ayah bunda. Perhatikanlah maknanya juga.

Di antara beberapa nama yang sebaiknya tidak digunakan adalah nama yang artinya mengandung makna negatif. Misalnya seperti Harb, Murrah, Kalb, Hayyah dan Jahsy.

Baca Juga :

Harb memiliki arti ‘perang’, Murrah artinya ‘pahit’, Kalb berarti ‘anjing’, Hayyah bisa dimaknai sebagai ‘ular’, sementara Jahsy artinya ‘kasar’.

2. Nama yang berhubungan dengan syahwat

Dalam memilih nama nama perhatikanlah maknanya. Jangan sampai menggunakan nama untuk anak yang bermakna syahwat. Karena itu dilarang dalam islam loh ayah bunda.

Misalnya seperti Ahlaam yang bermakna ‘impian’, Ariij yang berarti ‘wangi’, serta Syaadiyah yang berarti ‘seorang biduanita’.

Sebisa mungkin, hindari juga penggunaan nama yang bisa bermakna ambigu seperti Ghaadah. Nama ini bisa diartikan sebagai ‘gadis lembut’.

3. Nama tokoh-tokoh yang dikenal zhalim

Dalam islam patut diketahui ada serangkaian tokoh-tokoh yang terkenal karena perilakunya yang buruk lagi zalim. Berangkat darisini kita dilarang untuk menggunakan nama mereka untuk si kecil yah ayah bunda. Beberapa nama diantaranya adalah seperti Fir’aun, Qaarun dan Haamaan.

Oleh sebab itu, penggunaan nama ini pun sebaiknya tak Mama berikan untuk si Kecil nanti, ya.

4. Nama yang bermakna dosa dan maksiat

Selain itu, kita juga dilarang memberikan nama kepada anak yang mengandung kemaksiatan serta dosa. Oleh karenanya, penting bagi ayah bunda untuk meriset terlebih dahulu atau konsultasi dengan kiyai ketika hendak memberikan nama kepada si kecil yah.

Misalnya seperti Zhaalim dan Sarraq. Nama Zhaalim memiliki makna sebagai ‘orang yang lalim’. Sementara Sarraq artinya ‘pencuri’.

5. Nama yang bermakna berhala

Nama lain yang wajib untuk dihindari diberikan kepada si kecil adalah nama yang mengandung makna berhala seperti lata, uzza.

Selain itu, Nama Isaaf juga seringkali diubah sedikit menjadi Israf, namun sebenarnya nama ini juga memiliki makna yang kurang baik sehingga sebaiknya tak diberikan untuk si Kecil.

Dalam bahasa Arab, Israf artinya berlebihan atau melampaui batas. Nama ini pun bisa diartikan sebagai seseorang yang berlebihan dan melampaui batas dalam menggunakan sesuatu.

6. Nama yang mengarah pada perilaku tidak baik

Selain itu hindari juga nama-nama yang mengarah kepada hal yang sifatnya negatif misalnya Asyar (jahat), Balidah (bodoh), Asyirah (tidak bersyukur), Ghasibah (perampas), dan Haqidah (dengki).

Ada pula Sakirah (pemabuk), Syariqah (pencuri), dan Waqihah (kurang sopan). Jadi, pilih-pilih lagi dengan cermat sebelum memberikan nama untuk si Kecil ya, Ma.

7. Nama yang bermakna gelar khusus untuk nabi

Jangan juga gunakan nama yang bermakna gelar khusus untuk nabi yah ayah bunda. Misalnya seperti Khalilullah yang artinya kekasih Allah, sebuah gelar yang diberikan kepada Nabi Ibrahim AS.

Nama Ruhullah yang artinya roh Tuhan juga sebaiknya tidak diberikan. Ini adalah gelar khusus yang diberikan kepada Nabi Isa AS karena terlahir murni dari kuasa Allah SWT.

Itu beberapa nama yang dilarang islam yah ayah bunda. Ada banyak lagi nama yang dilarang sedangkan yang diatas hanya segelintir nama yang wajib ayah dan bunda ketahui.

Demikianlah artikel kami mengenai Inilah Daftar 7 Nama Yang Dilarang Dalam Islam ! semoga bermanfaat !

Inilah Daftar 7 Nama Yang Dilarang Dalam Islam !
admin

admin

Leave a Replay

Jasa Aqiqah Jakarta dan Tangerang

Jasa Aqiqah Tempat aqiqah terpercaya Yang Menyediakan Paket Aqiqah Jakarta dan Tangerang yang bergaransi dan mempunyai standar internasional dan tentunya bersertifikat LAIK Hygene dan juga Halal.

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Hubungi Kami Jasa aqiqah terpercaya

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×