Inilah cara muhasabah dalam islam yang betul!

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
cara muhasabah

Inilah cara muhasabah dalam islam yang betul!

Jasa Aqiqah – Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat jasa aqiqah Hidup di dunia ini pasti semua memiliki tujuan dan keyakinan kita masing-masing. dan kitapun dalam ajaran agama kita biasanya diajarkan bermuhasabah yang artinya kita berintropeksi diri untuk lebih mengenal diri kita kenapa dan sebab kita bisa terjadi begini.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Muhasabah biasanya bisa dilakukan kapan saja bisa sehabis shalat fardhu, sunnah, dan juga malam hari. Muhasabah biasanya dilakukan untuk berintropeksi diri kita terhadap perilaku kita dan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh kita baik secara sengaja ataupun tidak. Agar kita bisa menjadi orang yang lebih baik lagi dan selalu mendekat kepada sang pencipta yaitu Allah SWT

Dalil Melakukan pelaksanaan muhasabah

Beberapa dalil yang melandasi dalam melakukan muhasabah syar’i dalam melakukan pelaksanaanya yaitu :

  • QS Al-Hasyr: 18 : Hai orang yang beriman, taqwalah kepada Allah SWT. Hendaknya pada orang memperihatikan yang telah dilakukan olehnya untuk hari esok. Taqwalah kepada Allah SWT. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang hambanya lakukan.
  • Umar R.A pernah berkata kepada Imam al-Ghazali. “Hendaknya kalian setiap muslim melakukan muhasabah sebelum dirinya dihisab, Dan timbanglah semua perbuatan kalian yang dilakukan sebelum engkau ditimbang.” (Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumiddin)
  • Hadist Nabi. “Pada suatu hari ada sahabat yang menemui Nabi Muhammad SAW untuk meminta nasihatnya, ‘Apa engkau meminta pendapatku?’. ‘Benar’. Menjawab dengan bahagia. ‘Apabila engkau akan melakukan sesuatu maka selalu pikirkanlah apa yang akan terjadi’ Apabila itu baik maka lakukanlah dan apabila sebaliknya maka tinggalkanlah atau tahanlah jangan lakukan itu.” (Imam Al-Ghazali)
  • Imam Al-Ghazali. “Orang yang bijak dan berakal hendaklah melakukan muhasabah di waktu seperempat waktunya untuk melakukan intropeksi.”
  • Surat An-Nur : 31. “Sungguh orang yang beriman hendaklah engkau bertibat agar kalian beruntung.”
  • Surat Al-A’raf:201. “Apabila engkau melihat was-was dari setan, mereka ingat kepada Allah SWT Mereka ingat kepada Allah SWT ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya.
  • Nabi Muhammad SAW pernah bersabda dan ini dikutip oleh Imam Al-Ghazali : “sunguh aku selalu memohon minta ampunan dan bertobat dengans ungguh-sungguh sebanyak 100 kali dalam sehari.” (Imam Al-Ghazali)
  • Umar bin Khatab Setiap malam tiba dia memukul kakinya dengan mutiara sebagai muhasabahnya, Umar bin Khatab melakukannya dan mengatakan “Apa saja yang engkau lakukan hari ini?”

Keutamaan dalam Melakukan Muhasabah Diri

Muhasabah diri yaitu sebagairasa takut akan pedihnya siksaan dan juga selalu memohon ampunan kepada Allah SWT atas apa yang dilakukan baik hari ini atau masa lampau. Dan melakukan muhasabah sebaikanya dilakukan setiap hari karena akan menambah rasa nikmat dan bersyukur kepada Allah SWT. Nah ternyata dalam melakukan muhasabah juga ada keutamaannya loh yuk simak berikut ini.

1. Menjadi seseorang yang bertaqwa

Dalam melakukan muhasabah kita akan menjadi orang yang bertaqwa kepada Allah SWt, karena orang yang bertqwa ialah sebaik-baiknya pembawa bekal di akhirat nanti. Denagn muhasabah kita bisa selalu bersyukur dan menghadapi cobaan-cobaan di dunia ini dan selalu memohon pertolongan dan ampunnan Allah SWT.

2. Yang didapatkan dari muhasabah adalah Taubat

banyak sekali manusia di dunia yang akan lupa bersyukur dan selalu memohon perlindungannya. Mereka senantiasa diberi kemudahan dan kebaikan bahkan harta yang berlimpah dan ini akan menimbulkan kita dari sifat istidraj yang dimana semoga kita di jauhkan dari sifat ini. maka dari itu kita harus selalu muhasabah diri agar selalu mendapatkan perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.

3. Menambah semangat untuk beribadah kepada Allah SWT

Disini kita bisa mendapat hal yang positif dis etiap kita melakukan muhasabah. karena di setiap muhasabah diri kita mengingat kesalahan-kesalahan yang kita lakukan dan memohon ampunan kepada Allah SWT agar kita senantiasa bisa dalam lindungan dan ampunnanya dan bisa sebagai pengecas iman kita agar tidak drop dan tidak melakukan kesalahan lagi.

Baca Artikel Lainnya :

Cara Melakukan Muhasabah Diri kIta Senddiri

Berikut cara muhasabah untuk diri kita sendiri secara simpel dan baik untuk anda yang ingin melakukannya

1. Tidak menutup masukan dari orang lain

Kebanyakan dari kita ada orang yang sebagaian tidak ingin menerima pendapat dari orang lain karena kita merasa yang paling benar. Akan tetapi dalam muhasabah diri kita tidak boleh menutup diri terhadap pendapat orang lain.

Kita wajib mengintropeksi diri dan mencerna pendapat orang lain apakah kita sudah benar atau tidak. Itulah mengapa kita membuka diri untuk menerima pendapat orang lain itu perlu.

2. Bergaul Dengan Orang Yang Sholeh dan Beriman

Disini sangatlah penting kita bergaul dengan orang yang sholeh dan beriman karena disisi lain kita juga bisa dapat keberkahannya dan juga merupakan salah satu rezeki yang Alah berikan kepada orang-orang yang beriman dan muslim dengan dikelilingi sahabat yang sholeh.

Karena dengan kita berteman dengan orang yang sholeh kita bisa dapat manfaat yang positif selain bisa menasehati kita dan juga bisa terhindar dari maksiat dunia.

3. Bermeditasi Sendiri

Dengan melakukan muhasabah ini anda juga bisa bermeditasi sendiri dan merenungi hal-hal apa saja yang sudah diakukan sehari ini dan bisa juga dilaksanakan disepertiga malam setelah shalat tahajud atau shalat sunnah lainnya dengan ini anda kan mendpatkan hati yang tenang dan juga pikiran yang jernih dan selalu berlindung dan memohon ampunnan dari Allah SWT.

Sekian dari kami mengenai Inilah cara muhasabah dalam islam yang betul semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa bagikan dan komentar dibawah agar kami bisa terus berbagi informasi kepada sahabat jasa aqiqah semoga bermanfaat aamiin.

Sahabat jasa aqiqah sedang mencari jasa aqiqah yang meneydiakan paket aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat jasa aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat Jasa aqiqah dan paket aqiqah jakarta

Ternyata Susu ASI Bisa Menurunkan Resiko Darah Tinggi Anak !
Husein Syarif

Husein Syarif

Leave a Replay

Jasa Aqiqah Jakarta dan Tangerang

Jasa Aqiqah Tempat aqiqah terpercaya Yang Menyediakan Paket Aqiqah Jakarta dan Tangerang yang bergaransi dan mempunyai standar internasional dan tentunya bersertifikat LAIK Hygene dan juga Halal.

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Hubungi Kami Jasa aqiqah terpercaya

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×