jasa aqiqah 2 keutamaan bulan muharram
Inilah Amalan Yang Dapat Dilakukan di Bulan Muharam

(Artikel | Inilah Amalan Yang Dapat Dilakukan di Bulan Muharam) – Dear ayah bunda sahabat jasa aqiqah. Patut diketahui bahwa bulan muharam adalah bulan yang mulia. Bulan muharam bahkan dikatakan oleh rasulullah termasuk salah satu kategori bulan suci yang dimana jika seseorang berbuat kebaikan akan mendapat pahala berlipat dan jika berbuat dosa juga berlipat dosanya.

Ulasan Inilah Amalan Yang Dapat Dilakukan di Bulan Muharam

Bulan ini juga dikatakan oleh rasulullah adalah bulan syahrullah. Yakni bulan Allah. Dalam memuliakan bulan muharam ulama mengklasifikasikan jenis amalan yang hendaknya diperbanyak selama bulan muharam loh ayah bunda :

Melakukan shalat

Berpuasa

Menyambung silaturahim

Bersedekah

Mandi

Memakai celak mata

Berziarah kepada ulama (baik yang hidup maupun yang meninggal)

Menjenguk orang sakit Menambah nafkah keluarga

 Memotong kuku

Mengusap kepala anak yatim

Membaca Surat al-Ikhlas sebanyak 1000 kali.  

Baca Juga :

Untuk mempermudah dalam mengingat bahkan sebagian ulama membuatnya dalam bentuk nadham, sebagaimana yang dilakukan Syekh Abdul Hamid dalam kitabnya Kanzun Naja was Surur Fi Ad’iyyati Tasyrahus Shudur  

فِى يوْمِ عَاشُوْرَاءَ عَشْرٌ تَتَّصِلْ * بِهَا اثْنَتَانِ وَلهَاَ فَضْلٌ نُقِلْ صُمْ صَلِّ صَلْ زُرْ عَالمِاً عُدْ وَاكْتَحِلْ * رَأْسُ الْيَتِيْمِ امْسَحْ تَصَدَّقْ وَاغْتَسِلْ وَسِّعْ عَلَى اْلعِيَالِ قَلِّمْ ظُفْرَا * وَسُوْرَةَ الْاِخْلاَصِ قُلْ اَلْفَ تَصِلْ  

“Ada sepuluh amalan di dalam bulan ‘asyura, yang ditambah lagi dua amalan lebih sempurna. Puasalah, shlatlah,sambung silaturrahim, ziarah orang alim, menjenguk orang sakit dan celak mata. Usaplah kepala anak yatim, bersedekah, dan mandi, menambah nafkah keluarga, memotong kuku, membaca surat al-Ikhlas 1000 kali.”

Demikianlah artikel kami mengenai Inilah Amalan Yang Dapat Dilakukan di Bulan Muharam semoga bermanfaat !

Inilah Amalan Yang Dapat Dilakukan di Bulan Muharam



.

Leave a Reply

Your email address will not be published.