Inilah 5 Penyebab Mata Kuning Pada Bayi !

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Inilah 5 Penyebab Mata Kuning Pada Bayi !

(Artikel | Inilah 5 Penyebab Mata Kuning Pada Bayi !) – Dear bunda sahabat jasa aqiqah. Pernah memperhatikan warna putih pada mata anak, Apakah warnanya itu putih jernih atau agak kekuningan? Apabila mata si kecil berwarna kuning maka bunda patut waspada !

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Ulasan Inilah 5 Penyebab Mata Kuning Pada Bayi !

Sklera yang kuning pada mata si kecil bisa menjadi indikasi ada penyakit yang berada di tubuh si kecil. Berikut pemaparannya !.

1. Kadar bilirubin tinggi

Ya, Penyebab mata bayi kuning bisa menjadi kadar bilirubin yang tinggi pada si kecil. Ketika  bayi baru lahir, hingga berusia 12 hari, biasanya akan mengalami kuning atau jaudince karena kadar bilirubin di dalam darah yang tinggi.

Penumpukan bilirubin yang tinggi bisa menyebabkan kerusakan hati atau gagal hati pada si kecil

Baca Juga :

Menurut Medical News Today, jika bilirubin dalam aliran darah terlalu tinggi, maka bilirubin bisa bocor ke jaringan di sekitarnya seperti kulit dan mata. Hal ini menyebabkan mata jadi menguning.

Diatakan oleh peneliti hal ini bisa disembuhkan dengan cara fototerapi atau terapi sinar ultraviolet (sinar matahari) dan memberikan bayi cukup ASI.

2. Pankreatitis

Dikatakan oleh ahli kesehatan juga bahwa penyebab mata kuning pada bayi karena adanya penyakit radang pankreas. Radang pangkreas ini menyebabkan pankreas membengkak, nyeri perut, dan penyakit kuning yang memengaruhi warna mata serta kulit.

3. Ikterus obstruksi

Ikterus obstruksi adalah suatu keadaan di terjadinya sumbatan di saluran empedu yang menuju usus halus. Hal ini  bisa menimbulkan komplikasi serius seperti pembengkakan organ hati, radang, dan kuning pada kulit.

Jika saluran empedu tersumbat oleh batu empedu, bilirubin menumpuk di darah dan hal tersebut yang menyebabkan mata menguning.

Adapun batu empedu sendiri dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal seperti gen, berat badan, penurunan gerakan kantong empedu, kadar bilirubin yang tinggi, hingga ketidakmampuan kantung empedu untuk mengosongkan diri dengan baik.

4. Kelainan darah

Pecahnya sel darah merah akan memicu pemecahan hemoglobin hingga menjadi heme dan globin. Di mana heme akan berubah menjadi bilirubin. Pembentukan bilirubin inilah yang akan menyebabkan terjadinya mata kuning.

Dilansir dari All About Vision bahwa kondisi lain yang bisa menyebabkan mata kuning adalah adanya gangguan darah tertentu yang memengaruhi produksi dan masa hidup sel darah merah, termasuk anemia sel sabit.

5. Sirosis hati

Terakhir, terjadinya mata kuning bisa juga disebabkan karena sirosis hati.

Saat hati terluka dan tidak dapat berfungsi dengan baik, pada akhirnya dapat menyebabkan sirosis.

Sirosis hati  membuat darah yang kaya nutrisi sulit mengalir ke hati dari vena portal. Di mana vena portal membawa darah dari organ pencernaan ke hati. Saat tekanan di vena portal meningkat, maka darah tidak bisa masuk ke hati.

Demikianlah artikel kami mengenai Inilah 5 Penyebab Mata Kuning Pada Bayi ! semoga bermanfaat !

Inilah 5 Penyebab Mata Kuning Pada Bayi !
admin

admin

Leave a Replay

Jasa Aqiqah Jakarta dan Tangerang

Jasa Aqiqah Tempat aqiqah terpercaya Yang Menyediakan Paket Aqiqah Jakarta dan Tangerang yang bergaransi dan mempunyai standar internasional dan tentunya bersertifikat LAIK Hygene dan juga Halal.

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Hubungi Kami Jasa aqiqah terpercaya

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×