Ibadah Aqiqah Diganti Membeli Daging ?Boleh ?

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh sahabat jasa aqiqah. Diantara sahabat jasa aqiqah mungkin ada yang bertanya-tanya. Apakah boleh jika ibadah aqiqah diganti membeli daging saja ? Dan apakah sah ? Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membahas pemaparan ulama terkait dengan hal ini.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !
Penjelasan Ulama ‘ Ibadah Aqiqah Diganti Membeli Daging ?Boleh ? ‘

Sahabat jasa aqiqah pertama-tama harus tahu bahwa sejatinya yang dimaksud dengan aqiqah itu sendiri adalah kegiatan menyembelih hewan domba atau kambing sebagai wujud syukur kita atas karunia keturunan yang Allah berikan kepada kita.

Selain itu sahabat jasa aqiqah harus tahu bahwa aqiqah adalah kegiatan penyembelihan yang juga harus melibatkan niat untuk beraqiqah dan bukan sekedar kegiatan konsumsi biasa. Sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut ini :

“Dari Salman bin ‘Amir Adh Dhabbi, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pada (setiap) anak laki-laki (yang lahir) harus diaqiqahi, maka sembelihlah (aqiqah) untuknya dan hilangkan gangguan darinya.” (HR. Bukhari no. 5472).

Dari hadits di atas ulama mengatakan bahwa bisa disimpulkan aqiqah dengan membeli daging biasa di pasar tidaklah dibenarkan. Yang benar haruslah hewan aqiqah tersebut disembelih, dan tidak hanya sekedar membeli daging dipasar lalu dibagi-bagikan ke orang banyak.

Baca juga : Tahnik , Vaksin Alami Ala Rasulullah ! Wajib Tahu !

Selain itu, Ulama yang duduk di Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta’ Kerajaan Saudi Arabia pernah ditanya, “Apakah boleh penyembelihan kambing aqiqah diganti dengan membeli beberapa kilogram daging ataukah aqiqah harus dengan jalan menyembelih?”

Dari fatwa tersebut dikatakan Tidak boleh. Aqiqah harus dengan jalan menyembelih seekor kambing untuk anak perempuan dan dua ekor kambing untuk anak laki-laki. (Fatwa Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta’, pertanyaan kesepuluh no. 8052, 11/440. Yang menandatangani fatwa ini: Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz selaku ketua, Syaikh ‘Abdurrozaq ‘Afifi selaku wakil ketua, Syaikh ‘Abdullah bin Qu’ud selakuk anggota)

Nah itulah kesimpulan ulama terkait aqiqah dengan membeli daging di pasar. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi sahabat jasa aqiqah sekalian. Aamiin.. Insya Allah

Sedang mencari jasa aqiqah terpercaya ? Silahkan hubungi kami ( Jasa Aqiqah Jakarta , Jasa Aqiqah Tangerang , Jasa Aqiqah Terpercaya ).

Hastag : jasa aqiqah , jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah tangerang , jasa aqiqah terpercaya , membeli daging




admin

admin

Leave a Replay

Jasa Aqiqah Jakarta dan Tangerang

Jasa Aqiqah Tempat aqiqah terpercaya Yang Menyediakan Paket Aqiqah Jakarta dan Tangerang yang bergaransi dan mempunyai standar internasional dan tentunya bersertifikat LAIK Hygene dan juga Halal.

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Hubungi Kami Jasa aqiqah terpercaya

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×