Hukum Memakan Daging Aqiqah

Bolehkah gak sih memakan daging aqiqah anak sendiri ? apa hukumnya?

Hukum hewan aqiqah setelah disembelih menurut para ulama sama dengan hukum hewan qurban dari sisi pemanfaatannya.
Berikut ini adalah perkataan sebagian ulama tentang pemanfaatan daging hewan aqiqah setelah disembelih :

Al Hasan al Bashri mengatakannya,”Dading aqiqah diperlakukan persis seperti daging qurban.” ( Al Mhalla 4/237)

Atha mengatakan,”Anggota keluarga boleh mengonsumsi daging aqiqah dan membagi-bagikannya. Demikianlah Rasulullah memerintahkan. Kalau mau juga menyedekahkannya tidak apa apa.” (Al Muhalla 4/237)

Masih dari Atha’,”Daging aqiqah dimasak dengan air dan garam dan dibagi-bagikan kepada para tetangga tapi tidak boleh disedekahkan.” (Al Muhalla 4/240 , Fathul Malik 7/109)

Ibnu Juraij mengatakan,”Dimasak sepotong demi sepotong, kemudian dikonsumsi sendiri dan dibagi-bagikan tapi tidak boleh di sedekahkan. Semua ini hukumnya mubah, bukan wajib.” (Al Muhalla 4/234)

Ibnu Hazm mengatakan,”Dikonsumsi, dibagikan, dan disedekahkan. Semua ini hukumnya mubah, bukan wajib.”

Al Hafizh Ibnu Abdil Barr mengatakan,”Kemudian diperlakukan seperti daging qurban, dikonsumsi, disedekahkan dan dibagi-bagikan kepada para tetangga. Hal ini diriwayatkan dari Aisyah dan merupakan pendapat mayoritas ulama. Daging hewan aqiqah dibagi menjadi tiga bagian satu bagian untuk keluarga, satu bagian untuk sedekah, dan satu bagian untuk dibagi-bagikan.”

Al Kharaqi mengatakan ,” Cara memperlakukannya dalam mengonsumsi, membagi-bagikan dan menyedekahkan sama seperti caranya”. Yaitu sama seperti cara memperlakukan daging qurban (Al Mughni 9/463)

Selain itu Imam An Nawawi juga mengatakan,”Dianjurkan untuk mengonsumsi, menyedekahkan dan membagi-bagikannya seperti yang kami nyatakan pada hewan qurban. “(Al Majmu’ 8/430)

Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa para ulama kebanyakan membolehkan memakan daging aqiqah anak sendiri . Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi ayah bunda sekalian. Aaamiin.

Tag : Paket Aqiqah Jasa Aqiqah Aqiqah Murah Aqiqah Terdekat

Bacaan Terkait Artikel : 3 Syarat Pelaksanaan Aqiqah Dalam Islam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *