Hukum kulit dan oragan tubuh tak terpakai

Kulit dan oragan tubuh tak terpakai dari hewan aqiqah

Sahabat jasa aqiqah terpercaya Jakarta dan Tangerang artikel ini kan menjelaskan apa saja yang di manfaatkan pada saat aqiqah simak penjelasan sahabat jasa aqiqah terpercaya yang akan kami rangkum dalam artikel ini dan beberapa pendapat tentang aqiqah, berikut rangkuman beberapa pendapat ulama mengenai apa saja yang di manfaatkan pada hewan aqikah dan bagaimana mengolahnya.

Iman an Nawawi mengatakan : Imam Abu Manshur al Azhari mengatakan : Abu Ubaid berkata bahwa al Ashma’I dan lain lain mengatakan, “Arti dasar aqiqah adalah rambut yang sudah tumbuh di kepala bayi ketika baru dilahirkan. Kemudian, kambing yang disembelih untuk bayi itu juga dinamakan aqiqah. Karena, rambut si bayi dicukur ketika kambing tersebut disembelih. Oleh karena itu, dalam hadis disebutkan ‘Bersihkanlah kotorannya’ maksudnya adalah rambut yang dicukur tersebut.

Baca artikel Lainnya : 2 Pendapat Ulama Tentang Hukum Menggabung Aqiqah dan Qurban Bolehkah?

Pada dasarnya bagian hewan aqiqah tidak boleh di jual karena hampir seluruh perintahnya sama  dengan hewan qurban. Para ahli fiqih membuat pernyataan secara tertulis bahwa seluruh bagian hewan qurban tidak boleh dijual, naik daging, kulit maupun kikilnya. Baik sembelihan tersebut adalah wajib maupun sunah.

Imam Ahmad mengatakan , “Tidak boleh menjual seluruh ataun sebagiannya.” Beliau juga mengatakan “Subhanallah, bagaimana bisa menjualnya padahal sudah di serahkan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala?” Ibnu Umar radhyallahu ‘anhuma memperbolehkan kulitnya dijual, lalu hasilnya penjualan tersebut disedekahkan.

Ibnu Mundzir menukilkannya dari Imam Ahmad dan Ishaq

Kulitnya boleh dimanfaatkan untuk tempat minum, jaket, sandal dan lain sebagainya. Diriwayatkan dari Aisyah Radhiyallahu’anha berkata, “Kulit hewan qurban dimanfaatkan untuk tempat minum.”

2 Cara Mengolah Daging Aqiqah Dalam Pandangan Ulama

Dari Masruq, bahwasannya dia memanfaatkan kulit hewan qurban sebagai sajadah untuk shalat. Dari Al-Hasan Al Bashri berkata, “Manfaatkanlah kulit hewan qurban, tapi jangan menjualnya.”

Demikina pembahasan dari kami sahabat jasa aqiqah dan jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat dan tebarkan berita mengenai aqiqah agar sahabat jasa aqiqah jakarta dan tangerang tahu tentang ilmu aqiqah.

tags : Jasa aqiqah jakarta, jasa aqiqah terpercaya, jasa aqiqah, jasa aqiqah tangerang, jasa aqiqah terdekat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *