Awas 8 Hal yang Bunda Harus Perhatikan Saat Melakukan Pumping Bayi

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Pumping Bayi
Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat Jasa Aqiqah

Tahukah bunda Hal yang Bunda Harus Perhatikan Saat Melakukan Pumping BayiBerikut ulasannya. Menjadi bunda baru sangatlah tidak mudah, bnayak pengalaman yang harus dipelajari dan ibu dilakukan, salah satunya adalah mempumping bayi. Bayi yang masih kecil sangat butuh ASI eksklusif agar si balita bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal. Untuk memastikan buah hati mendapatkan ASI eksklusif secara maksimal tak jarang bunda harus sangat memperhatikan ASI Eksklusif terpenuhi dan tak jarang bunda harus mempumping ASI untuk sibuah hati mereka karena sering dipompa dapat memicu payudara untuk mendapatkan ASI lebih banyak. s\Selain itu juga  memompa ASI juga bisa meringankan tekanan di dalam payudara jika bunda mempunyai produksi ASI yang berlebihan.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Pumping bayi bisa dilakukan dengan cara manual atau mengunakan alat pumping elektrik. Walaupun terlihat sangat mudah memompa ASI akan tetapi memompa ASI tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Agar bunda bisa memopa ASI dengan benar ada tahapan yang harus bunda lakukan dan bagaimana bunda melakukan tahapan memompa ASI, apa saja yang hrus dilakukan?

Hal yang Bunda Harus Perhatikan Saat Melakukan Pumping Bayi

1. Memilih Pompa ASI yang Benar dan Tepat.

Pompa ASI saat ini banyak pilihan alat pumping bayi yang tepat, mulai dari manual sampai elektrik yang menggunakan teknologi terkini. Agar bisa digunakan dengan nyaman dan bisa memompa ASI dengan baik dan maksimal tentunya bunda harus memilih barang yang benar karena pemilihan pumping ASI yang tepat bisa mempengaruhi hasil kualitas ASI yang dikeluarkan.

Menurut beberapa dokter, pompa ASI yang baik yaitu pompa elektrik dimana pompa tersebut dapat menghasillkan ASI yang lancer karena pompa manual terkdang  tidak menjamin keluarnya ASI. Dan pastikan bunda memilih alat pompa dengan ukuran yang sesuai dengan payudara bunda karena kalua salah ukuran payudara bunda bisa terluka.

2. Melakukan Pumping 2 sampai 3 jam sekali

Bagi Bunda yang mempunyai produksi ASI lancar dan banyak, bisa melakukan pumping ASI setiap 2 sampai 3 jam sekali secara teratur. Jika tidak dilakukan secara teratur maka bisa menghampan keluarnya ASI karena hormone inhibitor dalam tubuh bunda menjadi tidak terkontrol. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan sakit di daerah payudara buda sekaligus bayi tidak bisa mendapatkan ASI eksklusif dari bunda.

Jika ASI yang didapatkan dari oumping bayi kurang maksimal bunda dapat melakukan pumping power . Metode ini dilakukan dengan cara menggosokkan stok ASI yang telah dipompa ke payudara bunda agar mendapatkan sinyal untuk meningkatkan produksi ASI meningkat . Bunda juga bisa melakukan metode ini ketika sedang pumping untuk mendapatkan ASi yang lebih banyak dan maksimal.

3. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Untuk bisa memperoleh ASI yang bagus, bunda sebaiknya sebelum mempumping bunda memakan-makanan yang bergizi terlebih dahulu agar hasil dari pumping lebih baik karena nutrisi yang didapatkan setelah makan yang bergizi tinggi. Karena kandungan ASI tergantung apa yang dimakan bunda oleh sebab itu bunda harus makan yang bergizi tinggi agar ASI yang didapatkan mengandung nutrisi yang banyak untuk membantu proses perkembangan bayi bunda tentunya.

Untuk mendapatkan produksi ASI yang baik, bunda dapat memilih makanan yang kaya protein, zat besi, kalsium, asam folat dan juga vitamin A, D, E dan K. Makanan yang direkomendasikan untuk meningkatkan pemompaan bayi adalah almond, edamame, pepaya dan bayam. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut, produksi ASI dapat meningkat dan menghasilkan nutrisi ASI sesuai dengan kebutuhan bayi.

4. Lakukan Pumping Saat Bayi Berusia 2 Bulan

Pada dasarnya, pemompaan bayi dapat dilakukan dari bayi yang baru lahir atau ketika susu mulai keluar. Namun, untuk hasil pompa ASI maksimum, lebih baik jika proses ini dilakukan ketika bayi berusia 2 bulan. Pada usia dua bulan pertama, adalah ide yang baik bagi bayi untuk menyusui langsung ke bunda untuk memperkuat hubungan antara bunda dan bayi.

Sebelum memasuki usia 2 bulan, bunda harus mulai mencari tahu cara memompa ASI dengan benar serta informasi tentang peralatan pemompaan yang tepat mulai dari harga pumping bayi, jenis hingga cara penggunakannya. Dengan begitu, ketika Anda memasuki periode pumping, bunda tidak usah bingung lagi.

5. Menjaga Istirahat dan Mengkonsumsi Susu Khusu Ibu Menyusui

Meskipun pumping bayi harus dilakukan secara teratur, bunda  juga harus memperhatikan waktu untuk beristirahat. Alasannya, jika bunda lelah dan terlalu sering menggunakan pemompaan bayi listrik, sebenarnya bisa membuat produksi susu tidak lancar dan berkurang. Tidak hanya itu, kualitas ASI juga bisa menurun karena ibu terlalu lelah.

Untuk memastikan bahwa produksi susu tetap lancar dan berkualitas baik, bunda dapat mengonsumsi susu khusus untuk ibu menyusui yang kaya akan asam folat, zat besi, vitamin D, omega 3 dan juga tinggi kalsium baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Jadi sebelum menggunakan pompa bayi, pastikan bunda memiliki istirahat yang cukup dan minum susu khusus ibu menyusui.

6. Menggunakan Cup Feeder Saat Memberi ASI Pumping pada Buah Hati

Pumping berarti memompa susu ASI untuk ditampung diberikan kepada bayi pada saat dibutuhkan. Ketika bunda ingin memberi bayi susu yang dipumping, lebih baik menggunakan pengumpan cangkir alih-alih menggunakan dot atau dot. Hal ini bertujuan agar lidah bayi tetap terstimulasi untuk bergerak, seperti minum ASI langsung dari payudara ibu. Jadi ketika bayi mulai menyusui langsung ke ibu, tidak pasif, dengan begitu kemampuan bayi untuk menyusu akan tetap terlatih dengan baik.

Pastikan bunda memilih jenis pengumpan cangkir yang aman untuk bayi. Pilih pengumpan cangkir dengan ujung lembut sehingga tidak akan melukai mulut bayi. Pastikan juga sebelum digunakan, cangkir pengumpan bersih dan steril. Jika perlu, rendam sebentar dengan air hangat agar lebih steril dan ujung cangkir pengumpan menjadi lebih lembut. Dengan begitu, susu yang dipompa bayi dapat dinikmati secara maksimal oleh bayi.

7. ASI Pumping Jangan Dikonsumsi Lebih Dari 3 Bulan

Hasil dari ASI pumping bayi sebaiknya jika lebih dari 3bulan di endapkan, karena ASi yang telah diendapkan dalam waktu lama, biasanya akan mengalami penurunan zat-zat bioaktif oleh karena itu mudah terkontaminasi oleh bakteri. Agar menjaga kandungan dari susu ASI tetap terjaga, pastikan bunda menyimpan ASI di tempat yang dingin seperti lemari es dalam wadah yang tertutup rapat seperti contoh botol, dan wadah lainnya yang bersifat kaca ataupun yang terhindar dari bakteri dan bisa tertutup rapat.

8. Bayi Tetap Rutin Menyusu Secara Langsung

Pumping atau pompa bayi sangat bisa jdijadikan alternative buat bunda yang sehari-hari melakukan aktifitas padat seperti wanita karir dan harus bekerja setiap hari dan tidak bisa memberikan ASI secara langsung. Dengan melakukan pumping bayi ini bisa dijadikan solusi dan buah hati bunda pun tetap mendapatkan ASI Eksklusif meskipun bunda harus bekerja setiap hari di luar rumah. Dan hasil pumping bayi elektrik pun tidak jauh beda dengan memberikan ASI secara langsung jika melakukannya dengan benar seperti ditaruh di tempat yang tepat.

Walaupun sudah ada teknologi pumping bayi buat bunda yang bekerja setiap hari di luar rumah akan tetapi alangkah lebih baik bunda jnagan memberikan ASI dengan menggunakan pumping secara terus menerus. Alangkah baiknya ketika bunda ada waktu untuk memberikan ASI secara langsung pas waktu luang bunda karena degan menyusui secara langsung bayi pun bisa ada ikatan batin seorang anak dan bunda. Selain itu juga bunda bisa melatih anak sensorik dan kognitif bayi untuk berkembang lebih baik.

Karena ketahuilah menjadi seorang ibu adalah anugerah terindah yang diberikan tuhan kepada setiap wanita. Akan tetapi dibalik kebahagiaan tersebut ada perjuangan yang harus ibu lakukan agar buah hati bisa berkembang dengan baik. Salah satunya dengan memompa bayi untuk memastikan stok susu bayi mencukupi. Pastikan ibu memilih pompa yang tepat dan terbaik sehingga hasil ASI yang dipompa juga dapat dimaksimalkan.

Demikianlah ulasan kami mengenai Hal yang Bunda Harus Perhatikan Saat Melakukan Pumping Bayi semoga bermanfaat !

Sahabat jasa aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat jasa aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat Jasa aqiqah

Hastag : jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah jakarta timur , jasa aqiqah jakarta barat , jasa aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta , paket aqiqah jakarta timur , paket aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta barat

Inilah 7 Manfaat Jeruk Bali Untuk Bumil !
Ayu Sarah Wijayanti

Ayu Sarah Wijayanti

Leave a Replay

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×