Hadist Tentang Aqiqah di Bulan Ramadhan

Apakah aqiqah di bulan Ramadhan diperbolehkan?

Assalamualaikum sahabat akikah(aqiqah) apakah sahabat sudah menyiapkan aqiqah untuk buah hati anda? Akan tetapi bagaimana apabila buah hati sahabat lahir dan akan di aqiqah pas ramadhan apakah boleh dan apa ganjaran yang akan di peroleh sahabat aqiqah terpercaya?

Nah sudah pasti Sahabat akan menyiapkan yang terbaik untuk buah hatinya bukan? Dan berikut adalah yang aka kami jelaskan mengenai hukum aqiqah di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Tentu saya Sahabat tau dong hari baik untuk aqiqah buah hati bukan? yah tepat sekali yaitu sekitar si buah hati berumur 7 – 14 hari dan ke 21 hari dan jangan khawatir selain hari-hari diatas sahabat jasa aqiqah terpercaya juga bisa kok melaksanakan aqiqah dilain hari itu.yuk simak ringkasan berikut ini.

Berikut adalah rangkuman hukum aqiqah di bulan Ramadhan

Yah benar sekali melaksanakan aqiqah di bulan Ramadhan sangat di perbolehkan dan saat ini belum ada dalil dan hadist yang melarang aqiqah di bulan suci ini. Bahkan di bulan lainnya pun boleh asalkan jangan melaksanakan aqiqah di bawah 7 hari kelahiran si buah hati.Berikut adalah hadist yang menjelaskan perihal tersebut :

“jauhilah tujuh dosa yang dapat membinasakan kita. Para sahabat bertanya, “wahai rasulullah, apa sajakah itu?” kemudian, beliau menjawab “ syirik kepada Allah; melakukan sihir; membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah SWT kecuai Haq; memakan suatu hal yang riba; memakan harta dan hak anak yatim; Berpaling ketika ada perang yang berkecamuk; Menuduh wanita-wanita melakukan zina padahal mereka adalah wanita merdeka yang menjaga kehormatan, beriman, dan yang bersih dari zina”. (H.R Bukhari dan Muslim)

Dalil yang menjelaskan aqiqah di bulan Ramadhan

وَإِن جَٰهَدَاكَ عَلَىٰٓ أَن تُشْرِكَ بِى مَا لَيْسَ لَكَ بِهِۦ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا ۖ وَصَاحِبْهُمَا فِى ٱلدُّنْيَا مَعْرُوفًا ۖ وَٱتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَىَّ ۚ ثُمَّ إِلَىَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya: ‘Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (Q. S. Luqman: 15)

Dan sesungguhnya semua hari dan bulan itu baik semua tidak ada nama bulan dan hari yang buruk, apabila ada orang yang mempercayai hal adanya ari dan bulan buruk maka termasuk golongan orang syirik dan merupakan dosa besar dalam islam yang telah dijelaskan dalam firman Allah SWT di atas.

baca juga artikel lainnya : Janji Bertemu Di Surga Yang Penuh Kenikmatan

Padahal bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang sangat baik di mana umat islam melakukan ibadah puasa yang termasuk dalam rukun islam. Beberapa orang biasanya tidak mau melaksanakan aqiqah di bulan suci ini padahal sangat baik melkukan aqiqah di bulan suci ini.

Salah satu keistimewaan aqiqah di bulan Ramadhan

  1. Memberi orang makan pada saat berbuka puasa
    Hal ini bisa dilakukan dengan membagi-bagi hasil olahan aqiqah kepada orang yang sedang berpuasa untuk santapan berbuka mereka. Karena Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam bersabda :

    مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئا

“Siapa memberi makan orang yang sedang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang sedang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit juga.”
(HR. Tirmidzi No.807, Ibnu Majah No.1746 dan Ahmad 5:192. Al-Hafizh Abu Thair mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *