Inilah 6 cara menyapih anak dalam islam bunda!

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
cara menyapih anak dalam islam

6 cara menyapih anak dalam islam bunda!

Jasa Aqiqah – Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat jasa aqiqah Dalam tradisi daerah ada yang dinamakan menyapih anak ketika mereka sudah tidak lagi menyusu ASI pada ibunya dan sudah memulai makan-makanan padat. Akan tetapi dalam agama islam ternyata ada loh cara menyapih anak menururt agama islam.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Tradisi ini biasanya dilakuka kepada anak bunda yang sudah tidak meminum ASI lagi akan tetapi biasanya anak memiliki sifat yang berbeda-beda ada yang susah di sapi ada juga yang mudah.

Tahap menyapih dalam islam ternyata sangatlah bagus dari tahap mereka disuruh terbiasa memakan-makanan padat dan juga harus seimbang dengan gizi yang mereka dapatkan nah disinilah tradisi menyapih agar anak tidak trauma bahkan anak bisa mulai terbiasa dengan keadaan.

Nah terus bagaimana sih menyapih anak dalam islam?

Yuk berikut adalah cara menyapih dalam ajaran islam yang harus ayah bunda tau agar menjadi wawasan juga dan menambah pengetahuan bagaimana islam mengatur tata cara menyapih anak. yuk simak berikut ini

1. Doa dan Niat Untuk Menyapi

Dalam melakukan ritual atau acara menyapi yang terpenting adalah niat dan doa tulus dari kedua orangtua agar kelak anak bisa mandiri dan juga bisa berguna bagia agama dan bangsa dan juga untuk kedua orangtuanya.

Niat yang bisa dipanjatkan yaitu sebelum melakukan ritual baca terlebih dahulu bacaan berikut :

بسم الله الرحمن الرحيم


bismi-llāhi ar-raḥmāni ar-raḥīmi

Artinya : ” Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang “

Dan juga setelah itu doa untuk anak agar bisa mandiri dan juga tidak tergantung lagi dengan ASI dan juga bunda juga bisa mendoakan anaknya disetiap sehabis shalat wajib dan juga sunnah yah bund.

2. Perhatikan Usia Anak Pada Saat Menyapih

Dalam islam menyapi ada batas usianya yaitu pada saat anak sudah tidak meminum ASI bunda yaitu sekitar 2 tahun karena sudah tercantum dalam Al-Qur’an. Berikut adalah ayat yang menjelaskan tentang ini.

وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ ۖ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ

“Para ibu harus memberi ASI mereka kepada anak-anak selama dua tahun.” (Q.S. Al-Baqarah : 233)

Apabila si bunda akan menyapi anaknya lebih awal dari 2 tahun tapi orang tua mengizinkannya.

Baca Artikel Lainnya :

“Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya.” (QS al-Baqarah: 233)

Akan tetapi ada pendapat mengenai usia yang pas yaitu sekitar tidak lebih dari 21 bulan menyusui. begitulah yang dikatakan oleh Imam as-Shadiq.

Masa bunda menyusui anak bunda adalah sekitar kurang lebihnya minimal 21 bulan. Jika bunda memberi anak bunda ASI kurang dari batas minimal takutnya akan menyebabkan kesulitan bagi si anak tersebut yah bund.

3. Bijaksana dan Juga Sabar

Biasanya menyapi anak itu hal yang paling sulit dilakukan oleh orangtua pasalnya biasanya anak akan membrontak dan juga bahkan bisa ketika orangtua tidak rela bisa juga tekanan batin oleh orangtua karena merasa kasihan melihat anaknya.’

Untuk tahap ini orangtua harus bijaksana dan juga sabar ketika menghadapi anak dan juga harus rela ketika anak sudah waktunya tidak menyusui. Ketika anak susah bunda bisa melakukan trik-trik untuk mengelabuhi anak agar mereka tidak menyusu pada bunda lagi.

akan tetapi orangtua harus lihat kondisi anak dulu yah bagaimana psikologi mereka agar tetap aman dan juga tidak meninggalkan trauma tersendiri pada sianak.

4. Memiliki Informasi mPASI yang baik

Ilmu islam mengajarkan kita berbagai makanan yang baik haram dan juga dilarang oleh agama nah pentingsekali bunda dan ayah tahu makanan yang baik untuk sianak dan juga tentunya tidak melanggar syariat isla agar anak bisa memakan makanan yang bergizi dan juga halal tentunya.

Dan juga jangan salah pilih untuk anak yah pilih yang cocok untuk anak yah bunda.

5. Lakuka Pelan-Pelan Agar Anak Tidak Trauma

Dalam melakukan proses penyapian bunda dan ayah harus saling komitmen juga dengan anak agar anak tidak merasa ditekan dan jangan sekali-kali membandingkan anak dengan anak yang lain yah bund.

Dan cobalah bundaa mulai mengganti susu ASI dengan susu formula yang ditaruh di boto minuan kecil agar anak tidak bergantung kepada ASi lagi.

6. Peran Ayah Dalam Proses Penyapihan

Menyapih dalam islam yang terakhir adalah dimana peran ayah sangat penting juga dikarenakan ayah adalah memiliki peran sangat penting dalam mengurusi keluarga dan sudah sangat banyak dijelaskan di dalam kitab Al-Qur’an yah bund

Beberapa peran penting ayah dalam proses ini termasuk:

  • Memberikan dukungan moral dan dorongan.
  • Menyediakan fasilitas untuk memberikan kebutuhan terbaik anak dan ibu.
  • Jika ayah meninggal saat menyusui dan disapa, biaya merawat bayi harus ditanggung oleh ahli warisnya (biasanya kakek dari pihak ayah bayi).
  • Diskusikan dan putuskan weaning bersama dengan sang ibu.
    Fakta bahwa ayah harus menjadi penanggung jawab utama keuangan sangat penting dalam Islam, bahkan jika pasangan bercerai, ayah harus terus membayar biaya ibu dan anak sampai bayi disapih (dalam waktu dua tahun).

Nah mungkin itu yang bisa kami berikan kepada sahabat jasa aqiqah semoga bermanfaat dan jangan lupa komentar dan bagikan apabila ada yang membutuhkan dan juga membagi ilmu sangat lah baik untuk ayah bunda.

Demikianlah artikel kami mengenai 6 cara menyapih anak dalam islam semoga bermanfaat!

Sahabat jasa aqiqah sedang mencari jasa aqiqah yang meneydiakan paket aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat jasa aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat Jasa aqiqah dan paket aqiqah jakarta

Inilah 9 Bahaya Memberikan Gadget Kepada Anak Bun !
Husein Syarif

Husein Syarif

Leave a Replay

Jasa Aqiqah Jakarta dan Tangerang

Jasa Aqiqah Tempat aqiqah terpercaya Yang Menyediakan Paket Aqiqah Jakarta dan Tangerang yang bergaransi dan mempunyai standar internasional dan tentunya bersertifikat LAIK Hygene dan juga Halal.

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Hubungi Kami Jasa aqiqah terpercaya

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×