Awas Inilah Cara mengajarkan rukun islam pada anak dan juga pengamalannya

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Cara mengajarkan rukun islam pada anak dan juga pengamalannya

Cara mengajarkan rukun islam pada anak dan juga pengamalannya

Jasa Aqiqah – Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat jasa aqiqah setiap umat muslim adalah wajib hukumnya mengetahui dan mengamalkan rukun islam. Rukun islam merupakan sebuah perilaku atau tindakan dasar dalam agama islam. Rukun islam sendiri dalam agama islam adalah sebuah tiang-tiang pondasi sebagai orang beriman dan juga dasar dalam kehidupan umat islam.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Maka dari itu sangat baik mengajarkan kepada anak rukun islam dan juga cara mengamalkannya. Berikut ini adalah beberapa cara mengajarkan rukun islam pada anak dan juga pengamalannya :

Mengucapkan Dua Kalimat Syahadat

Rukun Islam yang pertama merupakan bentuk dari perwujudan bahwa mempercayai hanya Allah SWT yang berhak di sembah dan Nabi Muhammad SAW adalah utusannya. Hal ini sering kali disebut sebagai Kalimat syahadat dan kalimat ini biasanya diucapkan pada saat seseorang ingin memeluk agama islam.

Berikut adalah kalimat syahadat bahasa arab dan juga artinya :

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

“Asy-hadu allaa ilaaha illallaahu wa asy-hadu anna muhammadarrasuulullahi”.

Artinya : “Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah SWT dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT.”

Ayah bunda sahabat jasa aqiqah juga bisa menjelaskan artinya dan juga sebab-sebab mengapa harus percaya adanya tuhan dan ajaran-ajaran islam. Dan jangan lupa ajaklah juga untuk mengamalkannya dan percaya terhadap adanya Allah SWT dan RasullNya.

Meakukan Ibadah Shalat

Rukun islam yang nomer dua ini adalah dimana diperintahkan untuk mendirikan shalat yaitu sebagai bentuk ibadah kepada sang pencipta Allah SWT.

Macam -macam shalat seperti shalat sunnah dan shalat wajib akan tetapi yang harus kita kerjakan adalah shalat wajib yaitu 5 waktu diantaranya adalah Shalat Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan juga Isya.

Ayah bunda juga bisa mengajarkan anak shalat wajib dan melakukan cara-cara shalat sepperti wudhu sebelum shalat dan bacaan-bacaan shalat. Dan bisa juga mengajarkan ayat-ayat pendek al-qur’an yang mudah dipelajari oleh anak, lakukan bertahap iya bunda agar anak tidak mudah bosan.

Melakukan Ibadah Puasa Ramadhan

Rukum islam yang ke 3 ini adalah setiap orang yang beragama muslim wajib melakukan ibadah puasa ramadhan selama 1 bulan penuh. Dengan melakukan puasa 1 bulan penuh bertujuan untuk menambah sebuah ketakwaan seseorang kepada Allah SWt.

Di puasa Ramadhan bunda juga bisa melatih sang anak untuk berpuasa dan juga mengajarkan selain menahan makan dan minum juga mengajarkan untuk menahan emosi dan hawa nafsu selam melakukan ibadah puasa. Bertujuan agar sang anak mampu menahan kesabaran dan bisa menumbuhkan rasa empati terhadap orang yang kurang mampu agar mereka bisa menghormati dan berbagi satu sama lain.

Menunaikan zakat

Rukun yang selanjutnya adalah menunaikan zakat yaitu dimana hal ini diwajibkan mengeluarkan harta sebagian bagi orang yang memiliki kelebihan. Dalam rukun ini bertujuan untuk menyalurkan dan memberikan sebagian harta yang dipunya untuk orang yang membutuhkan dan juga untuk mebersihkan harta kita.

Dalam ajaran islam zakat dibagi menjadi 2 diantaranya yaitu :

  • Zakat Fitrah : Zakat ini dikeluarkan 1 tahun sekali yaitu pada saat umat muslim telah menyelesaikan ibadah puasa selama 1 bulan penuh dan zakat fitrah sendiri dikeluarkan sebesar 2,5 Kg beras atau juga bisa di gantikan dengan uang setara dengan harga beras 2,5 Kg beras. Dan dilakukan sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri yaitu sebelum matahari Terbit.
  • Zakat Mal : Yaitu zakat yang berupa dari hasil kekayaan atau perniagaan seseorang biasanya zakat ini dikeluarkan sekitar 2,5% dari penghasilan seseorang.

Dengan ini ayah bunda sahabat jasa aqiqah juga bisa menerapkan betapa pentingnya toleransis sesama umat dan mengajarkannya untuk selalu berbagi dengan orang yang membutuhkan demi terjalinnya silaturahmi dengan sesama umat manusia.

Melakukan Ibadah Haji Bagi Yang Mampu

Rukun yang terakhir yaitu melaksanakan ibadah haji bagi seseorang yang mampu. Hal ini dilakukan untuk seseorang yang mampu dan wajib baginya untuk melaksanakan ibadah haji.

Dalam quran Allah SWT berfirman dalam surat Ali-Imran ayat 97 :

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا ۚ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

wa lillāhi ‘alan-nāsi ḥijjul-baiti manistaṭā’a ilaihi sabīlā, wa mang kafara fa innallāha ganiyyun ‘anil-‘ālamīn

Artinya : “…Melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barangsiapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam. (Q.S Ali-Imran Ayat 97)

Dan pelajaran yang bisa di ambil untuk anak bunda cobalah melakukan tutorial seperti manasik haji di sekolah atau lain-lainnya dan hal ini agar anak mengetahui proses pelaksanaan ibadah haji.

Baca Artikel Lainnya :

Demikianlah mengenai Cara mengajarkan rukun islam pada anak dan juga pengamalannya semoga bermanfaat dan selalu mendidik anak ke jalan yang baik agar anak bisa berbakti dan berguna untuk orangtua dan juga kelak di akhirat nanti aamiin.

Sahabat jasa aqiqah sedang mencari jasa aqiqah yang meneyediakan paket aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat jasa aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat Jasa aqiqah.

5 Tips Agar Anak Mau Merapihkan Mainannya Sendiri
admin

admin

Leave a Replay

Jasa Aqiqah Jakarta dan Tangerang

Jasa Aqiqah Tempat aqiqah terpercaya Yang Menyediakan Paket Aqiqah Jakarta dan Tangerang yang bergaransi dan mempunyai standar internasional dan tentunya bersertifikat LAIK Hygene dan juga Halal.

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Hubungi Kami Jasa aqiqah terpercaya

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×