Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi? Inilah Penjelasannya

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

( Artikel | Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi? Inilah Penjelasannya ) – Jika Bunda sahabat jasa aqiqah termasuk penggemar kopi, mungkin bertanya-tanya bolehkah ibu menyusui minum kopi? Jawabannya adalah ibu menyusui minum kopi diperbolehkan. Namun perlu diingat bahwa, mengonsumsi kopi saat menyusui tidak boleh berlebihan, ya! Apabila berlebihan, maka kafein yang terkandung dalam kopi dapat memengaruhi kesehatan tubuh Bunda sahabat jasa aqiqah hingga kualitas ASI untuk Si Kecil.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Dilansir dari Australian Breastfeeding Association, kebanyakan ibu menyusui dapat mengonsumsi kafein dalam jumlah yang sedang tanpa memengaruhi bayi. Kafein ini maksudnya bukan hanya minum kopi, melainkan juga teh. Adapun batasan aman asupan kafein saat menyusui yaitu 300 mg atau sekitar 2-3 cangkir kopi atau 3-4 cangkir teh per harinya.

Perlu dipahami juga bahwa bayi yang baru lahir bisa sangat sensitif terhadap kafein. Hal ini karena bayi yang baru lahir membutuhkan waktu yang lama untuk memproses kafein, yaitu 50-100 jam. Namun, bayi yang berusia 3-4 bulan hanya membutuhkan waktu sekitar 3-7 jam. Jadi, konsumsi kafein secukupnya saja, karena jika ibu menyusui minum kafein secara berlebihan bisa berpengaruh pada ASI.

Jadi, ibu menyusui minum kopi harus tahu aturannya karena bisa berpengaruh pada ASI yang diminum oleh Si Kecil.

Ulasan Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi? Inilah Penjelasannya
  • Pengaruh Kopi dan ASI

Lantas, jika ibu menyusui minum kopi, apa pengaruhnya pada ASI? ASI menjadi makanan utama bayi sebelum ia mampu mencerna makanan lain. Selama 6 bulan pertama hidupnya, bayi wajib untuk mengonsumsi ASI tanpa makanan atau minuman pendamping lainnya.

American Pregnancy Association menyatakan bahwa, ASI memiliki kombinasi sempurna antara protein, lemak, vitamin, dan karbohidrat. Maka dari itu, ASI menjadi penyumbang nutrisi terbesar untuk perkembangan sistem imun dan fungsi tubuh Si Kecil.

Saat ibu menyusui minum kopi, maka kafein di dalam kopi akan perlahan tercampur dengan ASI. Dengan demikian, secara tidak langsung Si Kecil akan menerima kafein dari ibunya yang minum kopi. Jadi, sebaiknya berikan ASI pada bayi setelah satu sampai tiga jam pertama Bunda sahabat jasa aqiqah minum kopi. Hal ini karena tingkat kafein di dalam ASI sangat tinggi pada satu jam pertama setelah Bunda sahabat jasa aqiqah minum kopi.

Kembali ke poin sebelumnya, minum kopi saat menyusui bukan menjadi masalah ketika masih dalam takaran yang ringan.Jika Bunda sahabat jasa aqiqah pernah mendengar kabar bahwa ibu menyusui yang minum kopi akan membuat bayi susah tidur dan menjadi rewel di malam hari, rasanya itu hanya mitos belaka.

Sebab, fakta yang diungkapkan dalam jurnal Pediatrics menyebutkan, tidak ada korelasi antara kebiasaan tidur bayi dan ibu yang mengonsumsi kafein selama kehamilan dan menyusui.

Hal ini juga disampaikan oleh National Public Radio, bahwa bayi yang mengalami susah tidur tidak dipengaruhi oleh kafein yang dikonsumsi oleh ibunya. Bayi akan tidur atau pun bangun setiap kali mereka menginginkannya. “Bangun malam adalah hal biasa sepanjang tahun pertama kehidupan,” jelas Marlos Rodrigues Domingues, seorang peneliti di Universitas Brazil di Brazil.

Baca Juga : 5 Gangguan Kesehatan Ini Sering Dialami Bumil

Menurutnya, seberapa sering seorang anak bangun di malam hari saat tidur itu sebagian besar dikendalikan oleh usia. Bayi yang lebih besar akan lebih jarang bangun, jadi intinya, konsumsi kafein pada ibu menyusui tidak memengaruhi bayi menjadi susah tidur.

Namun, sebenarnya ada efek samping yang bisa terjadi ketika Bunda sahabat jasa aqiqah terlalu banyak mengonsumsi kafein saat menyusui. Hal tersebut biasanya berpengaruh pada kesehatan tubuh Bunda sahabat jasa aqiqah sendiri.

Namun, menurut Taya Griffin, konselor laktasi dari Toronto, penting bagi ibu baru untuk percaya pada insting mereka. Ketika Bunda sahabat jasa aqiqah merasa mengurangi asupan kafein dapat memberikan perbedaan pada perilaku bayi, maka patut dicoba. Walaupun, memang hal tersebut tidak terbukti secara ilmiah.

Masa menyusui harus sesuai dengan gaya hidup masing-masing. Tidak ada patokan yang pasti. Terpenting adalah baik ibu maupun anaknya harus sama-sama bahagia,” ungkap Taya, menjelaskan.

  • Efek Samping Ibu Menyusui Minum Kopi Terlalu Banyak

Seperti sudah dijelaskan, ibu menyusui minum kopi diperbolehkan. Ibu menyusui minum kopi aman untuk mengonsumsi kafein sebanyak 300 mg setiap harinya. Namun, apabila terlalu banyak, maka hal ini bisa menimbulkan efek samping. Ada pula beberapa alasan mengapa sebaiknya Bunda sahabat jasa aqiqah juga mengurangi asupan kafein demi menjaga kesehatan tubuh.

Pada dasarnya, kafein bersifat diuretik, yang artinya dapat membuat Bunda sahabat jasa aqiqah cepat dehidrasi karena menyusui akan menguras cairan dalam tubuh. Lalu, masih menurut Dr. Martin, terlalu banyak kafein dapat

Nah, apabila Bunda sahabat jasa aqiqah masih ragu untuk mengonsumsi kafein saat menyusui, ada baiknya mengonsultasikan hal tersebut ke dokter spesialis anak untuk mendapatkan jawaban yang lebih pasti, ya!

Itulah beberapa hal yang bisa dipahami tentang minum kopi saat menyusui. Jangan pernah menelan mentah-mentah informasi yang diterima, ya, Bunda sahabat jasa aqiqah karena kondisi tubuh orang itu berbeda-beda. Namun, hal yang pasti, hindari segala sesuatu yang berlebihan karena tidak baik. Tetap jalani masa menyusui dengan hati yang bahagia, Bunda sahabat jasa aqiqah!

Sahabat jasa aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat jasa aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat Jasa aqiqah

Hastag : jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah jakarta timur , jasa aqiqah jakarta barat , jasa aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta , paket aqiqah jakarta timur , paket aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta barat

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi? Inilah Penjelasannya
Tri Ardi Muhammad

Tri Ardi Muhammad

Leave a Replay

Jasa Aqiqah Jakarta dan Tangerang

Jasa Aqiqah Tempat aqiqah terpercaya Yang Menyediakan Paket Aqiqah Jakarta dan Tangerang yang bergaransi dan mempunyai standar internasional dan tentunya bersertifikat LAIK Hygene dan juga Halal.

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Hubungi Kami Jasa aqiqah terpercaya

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×