Bolehkah Aqiqah Diri Sendiri Setelah Dewasa?

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Bolehkah Aqiqah Diri Sendiri Setelah Dewasa

Bolehkah Aqiqah Diri Sendiri Setelah Dewasa?

Jasa Aqiqah – Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat jasa aqiqah, ketika seorang muslim mereka tidak sanggup untuk mengakikahi anaknya ketika berusia 7 hari, maka bolehkah mereka aqiqah diri sendiri setelah sang anak sudah dewasa nanti? Sebenarnya aqiqah adalah merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat dan juga karunia Allah SWT yang dimana di titipkannya anak yang harus ayah bunda besarkan dan mendidik mereka supaya menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Akan tetapi tidak semua orangtua berkecukupan dalam hal ekonomi bisa jadi mereka terhalang keterbatasannya dalam melaksanakan aqiqah untuk anak mereka. Sehingga bagaimana sih pandangan dalam islam ketika sang anak mengaqiqahi diri mereka sendiri ketika mereka dewasa kelak?

Nah bagi anak yang belum diaqiqahi ketika mereka masih kecil, sebenarnya sah-sah saja untuk beraqiqah diri mereka sendiri. Hal ini pun ada beberapa pendapat tentang aqiqah diri sendiri setelah dewasa. Berikut ini adalah beberapa pendapat mengenai aqiqah diri sendiri.

Pendapat Pertama

Sebenarnya di sunahkan untuk anak yang sudah dewasa ketika mereka masih kecil belum pernah diaqiqahimereka bisa mengaqiqahi diri mereka sendiri setelah mereka dewasa. Hal ini pun dikatakan oleh Atha’, al-Hasan dan Muhammad bin Sirin. Al-Hafizh al-Iraqi mengatakan bahwa Imam Syafi’i memandang hal ini boleh memilih diantara mengaqiqahi diri mereka sendiri atau tidak.

Al-Qaffal asy-Syasyidi kalangan para ulama yang menganut nazhab Syafi’i lebih condong kedalam anjuran yang menyatakan bahwa lebih baik mengaqiqahi diri sendiri ketika sudah dewasa. hal ini pun merupakan salah satu pendapat dari Imam Ahmad.

Pendapat Kedua

Pendapat kedua lebih ke tidak perlu mengaqiqahi diri sendiri. Pendapat ini dikemukakan oleh para ulama yang bermazhab Imam Maliki. Mereka berkata bahwa aqiqah untuk orang dewasa tidak dikenali di kota Madinah. Hal ini pun merupakan sebuah versi yang lain Imam Ahmad dan di nisbatkan kepada Imam Syafi’i, penisbatan asy-Syafi’i yang benar adalah seperti yang disebutkan di atas.

Studi Banding Dan Juga Tarjih

Hadis-hadis yang merupakan dasar dari argumentasi pendapat pertama diperdebatkan keabsahannya dari Nabi Muhammad SAW. Karena banyak kalangan ulama yang menganggapnya dhaif dan sebagian ulama lainnya menganggapnya shahih yaitu karena kekhususan Nabi Muhammad SAW, maka dari itu memerlukan pernyataan yang memerlukan dalil. Dan saya tidak menemukan dalil tersebut. Selain itu tidak ada sebuah larangan untuk melaksanakan aqiqah setelah sang anak dewasa. Bahkan ada beberapa atsar dari para ulama salaf yang justru membolehkan melaksanakannya di antaranya adalah:

  • Al-Hasan al-Bashri mengatakan bahwa “Apabila anda belum beraqiqah, maka aqiqahlah diri anda sendiri walaupun umur anda sudah dewasa”
  • Muhammad bin Sirin mengatakan “Aku mengaqiqahi diri sendiri dengan menyembelih unta betina setelah aku dewasa.”
  • Dinukilkan dari Imam Ahmad bahwa belia menganggap baik apabila seorang ketika mereka masih kecil belum pernah diaqiqahi maka untuk mengaqiqahi diri mereka sendiri ketika mereka sudah dewasa. Beliau mengatakan , “Kalau ada seseorang yang melaksanakannya, aku tidak menganggapnya makruh.”

Demikianlah mengenai pendapa pendapat dari pala ulama mengenai aqiqah setelah dewasa dan kesimpulannya adalah ketika seeseorang sudah dewasa dan ingin melaksanakan aqiqah karena ketika mereka kecil belum diaqiqahi maka boleh-boleh saja. Baiklah sekian dari kami semoga dapat emmebrikan manfaat untuk ayah bunda dan jangan lupa bagikan dan komentar seputar parenting dan juga kesehatan keluarga.

Sedang mencari jasa aqiqah yang meneydiakan paket aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat jasa aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat Jasa aqiqah dan paket aqiqah jakarta.

Inilah 3 Manfaat Menggendong Bayi Bisa Bikin Relaks

Baca Artikel Lainnya:

Husein Syarif

Husein Syarif

Leave a Replay

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×