Bisakah Ibu Menyusui Berpuasa?

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Bisakah Ibu Menyusui Berpuasa?

Bisakah Ibu Menyusui Berpuasa?

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh sahabat jasa (akikah) aqiqah. Keraguan akan puasa biasanya dialami oleh ibu yang masih menyusui. Mereka khawatir bahwa ASI, yang merupakan satu-satunya asupan untuk bayi, akan menurun jumlah dan kualitasnya. Sebenarnya, Bisakah Ibu Menyusui Berpuasa??

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Keputusan apakah berpuasa atau tidak ada di tangan Busui. Namun, Busui tidak benar-benar perlu terlalu khawatir. Pasalnya, meski sedang berpuasa, tubuh anda secara alami akan menyesuaikan diri.

Jumlah dan kualitas ASI pada ibu menyusui puasa tidak berubah


Meskipun asupan makanan dan minuman untuk sementara dihentikan selama beberapa jam, jumlah ASI yang dihasilkan umumnya tidak berkurang. Hal ini dikarenakan pada saat itu, tubuh akan mengambil cadangan lemak dari tubuh untuk menghasilkan ASI, sehingga jumlah produksi ASI akan tetap seperti biasa.

Lalu, bagaimana dengan nutrisinya? Jumlah nutrisi dalam ASI memang akan sedikit berkurang, terutama kadar vitamin dan mineral seperti magnesium, kalium, dan seng. Namun, Busui tidak perlu khawatir karena komposisi nutrisi makro ASI (protein, karbohidrat dan lemak) tetap sama, sehingga tidak akan mengganggu pertumbuhan bayi.

Perubahan komposisi ASI selama puasa juga lebih dipengaruhi oleh apa yang dimakan Busui dan kebutuhan bayi itu sendiri. Komposisi ASI akan berubah jika Busui hanya makan sedikit makanan. Jadi, pastikan Anda memiliki asupan makanan yang memadai dan jangan lupa untuk makan makanan bergizi agar kualitas ASI tetap terjaga.

Puasa saat menyusui umumnya juga tidak berbahaya. Menurut penelitian, keseimbangan kimia dalam tubuh dan fungsi tubuh antara ibu menyusui dan mereka yang umumnya tidak sama.

Perhatikan kondisi bayi dan payudara


Jika Busui masih menyusui bayi yang berusia kurang dari 6 bulan, keputusan untuk berpuasa di bulan Ramadhan harus dipertimbangkan dengan matang. Ini karena pada usia itu, bayi hanya mengonsumsi ASI dan memiliki pola menyusui yang berbeda dari bayi berusia 1 tahun yang telah menerima makanan pelengkap.

Anda masih bisa menyusui saat berpuasa, tetapi pastikan Anda memiliki cukup cairan sehingga Anda tidak menjadi dehidrasi. Pasalnya, dalam kasus dehidrasi parah, pasokan ASI dapat dikurangi untuk sementara waktu. Jadi, jika tanda-tanda dehidrasi seperti mata kering, mulut dan bibir, merasa sangat haus, urin gelap, sakit kepala, kelelahan, dan kelemahan, segera buka puasa.

Baca artikel lainnya : Kelebihan Anak Perempuan Yang Dekat Ayahnya

Segera minum air putih atau konsumsi larutan garam dan gula untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Temui dokter jika tidak membaik setelah beristirahat selama sekitar 30 menit.

Sedangkan untuk bayi, Busui disarankan untuk berhenti berpuasa jika si kecil terlihat lesu, sering mengantuk, sering menangis, dan frekuensi buang air kecil dan buang air besar berkurang. Ini bisa menjadi tanda bahwa si kecil mengalami dehidrasi atau tidak mendapatkan susu yang cukup.

Tips Menyusui Saat Berpuasa


Untuk memudahkan proses menyusui saat berpuasa, ada tips yang bisa Anda ikuti. Berikut ini termasuk:

Beli sebagian besar kebutuhan puasa Anda sebelum Ramadhan, sehingga Busui bisa mendapatkan lebih banyak istirahat ketika bulan puasa tiba. Membatasi kegiatan, terutama kegiatan berat. Kami sarankan Anda menghindari aktivitas di bawah sinar matahari. Pastikan makanan yang dikonsumsi saat subuh dan berbuka puasa memenuhi kecukupan gizi. Selain itu, pastikan Busui banyak minum air putih saat berbuka dan sahur.

Jangan melewatkan suplemen vitamin untuk ibu menyusui. Dokter Anda dapat merekomendasikan suplemen vitamin yang dapat Anda ambil saat fajar. Periksa dengan dokter Anda jika Busui telah kehilangan lebih dari 1 kg berat badan per minggu. Meski keinginan untuk berpuasa sepenuhnya begitu besar, Busui tetap harus memperhatikan kondisi tubuhnya. Lebih baik tidak memaksakan diri untuk melanjutkan puasa, jika Busui merasa tidak sehat atau secara fisik tidak mampu.

Bisakah Ibu Menyusui Berpuasa tidak semua wanita mampu menyusui selama puasa. Jadi, jangan memaksakan diri untuk berpuasa jika Anda benar-benar merasa tidak memadai. Jika Busui tidak yakin apakah dia cukup sehat untuk berpuasa saat menyusui, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Demikian ayah sahabat jasa aqiqah apa yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat ! Aamiin.. Insya Allah..

Sahabat jasa aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat jasa aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat Jasa aqiqah

Hastag : jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah jakarta timur , jasa aqiqah jakarta barat , jasa aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta , paket aqiqah jakarta timur , paket aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta barat, jasa aqiqah jakarta utara, jasa aqiqah bogor , jasa aqiqah depok

Sedang-cari-jasa-aqiqah-paket-aqiqah-terpercaya-_-3-1
Husein Syarif

Husein Syarif

Leave a Replay

Jasa Aqiqah Jakarta dan Tangerang

Jasa Aqiqah Tempat aqiqah terpercaya Yang Menyediakan Paket Aqiqah Jakarta dan Tangerang yang bergaransi dan mempunyai standar internasional dan tentunya bersertifikat LAIK Hygene dan juga Halal.

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Hubungi Kami Jasa aqiqah terpercaya

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×