Bisakah 1 Ekor Kambing Untuk Aqiqah Anak Kembar?

Bisakah 1 Ekor Kambing Untuk Aqiqah Anak Kembar?

Jasa Aqiqah dan layanan Paket Aqiqah bahwa di dalam Islam Aqiqah untuk anak perempuan adalah 1 ekor sedangkan untuk laki-laki adalah 2 ekor.  Jika anak lahir berbarengan dan kembar, bagaimanakah cara mengaqiqahinya.
Dijelaskan dalam kitab Fathul Garib  karya Muhammad bin Alqasim, bahwa aqiqah dianjurkan untuk masing-masing anak. Jadi jika memiliki dua anak, maka dianjurkan melakukan akikah dua kali, dan begitu seterusnya.
Kemudian Dr Husamuddin dalam karyanya yang berjudul ensiklopedia aqiqah mengatakan bahwa ulama sepakat jika ada dua anak kembar atau lebih maka tidak cukup mengaqiqahi salah satunya. Tetapi ditekankan untuk mengaqiqahi masing-masing anak tersebut.

Artikel Lain yang Membahas Aqiqah : Bolehkah Dalam IslamSedekah Pengganti Buat Aqiqah

Dr Husamuddin,”Ulama sepakat bahwa jika ada dua anak kembar, maka tidak cukup mengaqiqahi salah satunya, tetapi ditekankan untuk mengaqiqahi masing-masing dari kedua anak tersebut!.”’

Berangkat darisini, terkait dengan jumlah hewan yang di aqiqahkan untuk anak kembar, ikut menyesuaikan dengan jenis kelamin dari anak kembar tersebut. Jika anak kembar tersebut laki-laki maka ditekankan untuk mengaqiqahinya dengan 2 ekor kambing atau domba (baca juga : syarat pelaksanaan aqiqah ) sementara anak perempuan dengan 1 ekor kambing atau domba.

Sehingga jika anak kembarnya 2 anak laki – laki maka aqiqahnya sebanyak 4 ekor kambing atau domba. Jika anak kembarnya 2 anak perempuan maka aqiqahnya sebanyak 2 ekor kambing atau domba. Jika anak kembarnya 1 laki-laki dan 1 perempuan maka aqiqahnya sebanykan 3 ekor kambing atau domba.

Nah itulah ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah, cara mengaqiqahi anak kembar yang lahirnya berbarengan. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat. Aamiin.. Insya Allah.

Sumber Artikel : Berapakah Jumlah Hewan Akikah untuk Anak Kembar?

Tag Artikel : Jasa Aqiqah Paket Aqiqah Aqiqah Jakarta Aqiqah Tangerang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *