Berikut cara membedakan antara kontraksi nyata dan kehamilan palsu

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Berikut cara membedakan antara kontraksi nyata dan kehamilan palsu
Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat Jasa Aqiqah

Berikut cara membedakan antara kontraksi nyata dan kehamilan palsu

Minggu terakhir kehamilan, kadang ibu sering merasa mulas. Tentu saja mulas bukanlah sakit perut karena makan terlalu banyak makanan pedas. Namun, mulas ini adalah ciri khas kontraksi.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Apakah ini tanda melahirkan? Belum tentu, bunda.

Anda perlu membedakan karakteristik kontraksi asli atau mulas kontraksi palsu. Karena tidak sedikit ibu, terutama yang sedang hamil untuk pertama kalinya, ketika merasa mulas, mereka langsung panik dan segera pergi ke rumah sakit.

Pada saat itu, mungkin apa yang saya pikir adalah waktu untuk melahirkan. Bahkan, saat diperiksa oleh dokter, ternyata mulas merupakan tanda kontraksi palsu.

Karakteristik Kontraksi Asli

Kontraksi asli adalah tanda bahwa tenaga kerja mendekat. Ketika kontraksi asli, ibu akan mengalami kontraksi rutin yang menyebabkan leher rahim berubah.

Kontraksi terjadi ketika otot rahim mengencang dan kemudian rileks. Kontraksi membantu mendorong bayi keluar dari rahim.

Ketika persalinan dimulai, leher rahim akan membesar (terbuka).

Namun, tidak jarang banyak ibu baru merasa sulit membedakan antara karakteristik kontraksi asli dan karakteristik kontraksi palsu.

Untuk itu, berikut adalah karakteristik kontraksi asli menurut March of Dimes:

  • Sang ibu mengalami kontraksi yang kuat dan teratur. Kontraksi berlangsung sekitar 30-70 detik dan terjadi dalam waktu sekitar 5 hingga 10 menit. Rasa sakitnya sangat kuat sehingga Anda tidak bisa berjalan atau berbicara. Kontraksi semakin kuat dan mendekati waktu.
  • Merasakan sakit di perut dan punggung bawah. Rasa sakit ini tidak hilang ketika bergerak atau mengubah posisi.
  • Keluarnya lendir berdarah (kecoklatan atau kemerahan).
  • Selaput rusak. Ketika kantong air pecah, Anda mungkin merasakan aliran air yang deras atau merasakan tetesan.
  • Bayi tersebut dirasa bergerak lebih rendah ke arah panggul. Ini berarti bayi bersiap-siap untuk pindah ke posisi persalinan. Ini bisa terjadi berminggu-minggu atau bahkan hanya beberapa jam sebelum persalinan dimulai.

“Rasa sakit pada karakteristik kontraksi asli bisa mencapai 8-10. Rasa sakit ini akan semakin kuat dan bertahan 3-4 kali dalam waktu 10 menit,” menurut dr. Dhely Lesthama Atmadikoesoemah, Sp.OG, dokter kandungan dan kandungan, Rumah Sakit Pondok Indah.

Gejala Kontraksi Palsu

Menurut jurnal yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology Information, kontraksi palsu juga dikenal sebagai Braxton Hicks, yang merupakan cara tubuh untuk mempersiapkan tenaga kerja.

Perut terasa sesak dan mulas terjadi pada trimester kedua atau 6 minggu kehamilan. Memang, tidak semua wanita hamil mengalami karakteristik kontraksi palsu ini.

Biasanya, Keluarga Sangat Baik menulis, kontraksi palsu cenderung berlangsung 30-60 detik. Tapi, terkadang juga bisa konsisten selama 2 menit atau lebih. Untuk membedakannya dari tanda-tanda kontraksi persalinan, bunda dapat memperhatikan waktunya. Biasanya, Braxton Hicks memiliki frekuensi dan intensitas yang tidak teratur atau tidak teratur. Sementara itu, rasanya lebih seperti nyeri haid ringan.

Lalu, apa saja tanda atau ciri-ciri kontraksi palsu? Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Merasa mulas dan sesak di area perut, seperti kram perut ringan. Tapi perasaan itu menghilang.
  • Frekuensi dan pola kontraksi ini acak, tidak berlangsung lama, jangan lebih buruk dan jangan terlalu sering. Namun, itu bisa menyakitkan atau tidak sama sekali. Misalnya, jarak antara kontraksi adalah sekitar 10 menit, 6 menit, 2 menit, lalu 8 menit.
  • Kontraksi ini tiba-tiba dapat berhenti ketika mengubah posisi atau melakukan kegiatan lain.
  • Tidak ada bercak darah yang muncul.
  • Air ketuban tidak pecah.

“Ciri khas kontraksi palsu adalah ibu hamil merasakan sakit sementara. Hal ini dapat diatasi dengan cara bersantai, beristirahat dan menenangkan pikiran,” tambah dr. Dhely.

Karakteristik kontraksi palsu ini, rasa sakit, mulas, kram atau ketidaknyamanan berpusat di perut bagian bawah. Meski begitu, kejadian ini tidak membuat rahim terbuka.

Jadi, bunda tidak perlu terlalu cemas, tetap santai di rumah ketika Anda mengalami hal ini. Kontraksi palsu, tidak hanya dialami selama trimester ketiga, bahkan dapat terjadi pada trimester kedua.

Baca Artikel Lainnya :

Untuk menghilangkan rasa sakit akibat kontraksi palsu, dokter menyarankan ibu untuk berendam dalam air hangat, pijat, atau hanya berjalan-jalan ringan di luar rumah. Pastikan untuk selalu minum banyak, ya, bunda.

Kita perlu tahu, tidak semua wanita hamil mengalami kontraksi palsu. Jika Anda ragu apakah Anda mengalami palsu atau nyata, tidak ada salahnya untuk menemui dokter. Upaya yang dilakukan adalah memeriksa vagina untuk mengetahui apakah ada pembukaan leher rahim atau tidak.

Meredakan Rasa Sakit Selama Kontraksi

Normal terjadi ketika ibu hamil merasa sulit untuk membedakan karakteristik kontraksi nyata dan palsu. Sebab, kesamaan ini sangat terlihat.

Namun, naluri seorang ibu biasanya tahu untuk mengenali ciri-ciri kontraksi asli sebagai tanda persalinan.

Kontraksi terkuat terjadi terhadap tenaga kerja dan tahap transisi. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menangani rasa sakit dari kontraksi, termasuk:

  • Mandi air hangat untuk menenangkan tubuh dan pikiran.
  • Berjalan atau berganti posisi sehingga Anda merasa kurang mulas.
  • Meditasi.
  • Mendengarkan musik.
  • Pijat dengan lembut area yang sakit.
  • yoga.
  • Cobalah untuk bergerak. Anda dapat berjalan perlahan untuk meredakan kontraksi. Selain itu, bunda juga bisa melakukan gerakan lain seperti jongkok atau bersandar di sofa agar merasa lebih nyaman.
  • Lakukan aktivitas untuk mengalihkan pikiran Anda, seperti menonton tv, membaca buku, dan lainnya.
  • Kendalikan napas Anda dengan menghirup selama 10 detik, tahan selama 3 detik, dan hembuskan perlahan. Ini akan membuat Anda merasa lebih tenang

Baca Artikel Lainnya :

Selain melakukan aktivitas di atas, Anda juga dapat menciptakan suasana yang lebih menenangkan untuk meredakan kontraksi. Misalnya, menulis Parents.com, Anda dapat memilih kamar yang lebih tenang dan nyaman di rumah. Atau, ruangan yang paling kau sukai. Bunda juga dapat mencari sesuatu yang dapat membantu tubuh terus bergerak untuk menghilangkan rasa sakit, seperti bola kelahiran, tinja rendah, bar jongkok, dan tempat tidur lembut.

Rilekskan Otot untuk Meredakan Rasa Sakit Selama Kontraksi

Dilansir dari Lamaze.org, sebagian besar wanita hamil yang mengalami kontraksi memiliki otot yang tegang. Bahu mereka cenderung terangkat ke arah telinga mereka. Ini benar-benar meningkatkan ketegangan dalam tubuh Anda sehingga rasa sakit akan meningkat.

Sebaliknya, alih-alih meremas tangan suami Anda atau memukul hal-hal di dekat bunda, lebih baik untuk rileks otot-otot Anda dan tenang. Bunda masih bisa memeras sesuatu untuk melupakan rasa sakit, tetapi pilih bola kecil yang lembut dan nyaman untuk diperas. Misalnya, bola stres dapat melupakan rasa sakit yang Anda rasakan ketika kontraksi terjadi.

Baca Artikel Lainnya :

Selain itu, berbaring di punggung Anda benar-benar akan membuat Anda merasa lebih sakit. Alih-alih berbaring di punggung Anda, Anda lebih baik berbaring di sisi Anda. Pada saat inilah peran pendamping seorang ibu, seperti suami, perawat, atau juga orang tua sangat penting. Mintalah mereka untuk membantu Anda mengubah posisi dan menemukan posisi yang nyaman, sehingga Anda merasa lebih rileks.

Jika perasaan kontraksi tidak hilang, segera kunjungi dokter kandungan terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pentingnya Peran Pendamping

Ketika kehamilan Anda mendekati tanggal jatuh tempo Anda, sangat penting untuk memilih pendamping. Selain mencari posisi dan cara untuk meredakan rasa sakit kontraksi, Anda juga tidak boleh sembarangan memilih doula atau pendamping ketika kontraksi terjadi dan Anda siap untuk melahirkan. Seorang pendamping, menulis mother.ly, memiliki peran penting dalam membantu Anda tenang dan melewati kontraksi yang sulit.

Baca Artikel Lainnya :

Anda tidak hanya harus menjadi perawat atau dokter di rumah sakit, pendamping Anda bisa menjadi siapa pun yang Anda percayai. Bisa jadi suamimu, anggota keluarga, atau bahkan sahabatmu sendiri. Namun, pendamping ini harus mendukung dalam membantu Anda mempersiapkan persalinan, misalnya:

  • Menggosok dan memijat punggung Anda dengan lembut di antara kontraksi
  • Bersabarlah dalam menangani ibu yang harus menahan rasa sakit karena kontraksi
  • Membantu Anda mengontrol pernapasan Anda untuk mengurangi rasa sakit

“Jika mulas adalah tanda kontraksi palsu, dokter akan menyediakan obat anti-kontraksi dan pereda nyeri, tetapi jika benar sebagai tanda kontraksi asli, dokter akan mempersiapkan diri untuk persalinan,” kata dr. Dhely.

Semoga Bunda dapat membedakan karakteristik kontraksi nyata dan palsu, ya! Demikianlah artikel kami mengenai cara membedakan antara kontraksi nyata dan kehamilan palsu semoga bermanfaat !

Sahabat jasa aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat jasa aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat Jasa aqiqah

Perhatikanlah 13 Persiapan Bunda Saat Hendak Akan Melahirkan !

Aqiqahaqiqah jakartaaqiqah jakarta selatanaqiqah jakselaqiqah murahAqiqahmurahaqiqah praktisaqiqah tangerangaqiqah terdekataqiqah terpercayaas shidiq aqiqahbuah jambu biji merahdoahikmahaqiqahhukum aqiqahhukum membeli daging aqiqahjambu bijijasaaqiqahjasa aqiqahjasa aqiqah bekasijasa aqiqah jakartajasa aqiqah jakarta baratjasa aqiqah jakarta selatanjasa aqiqah jakarta timurjasa aqiqah tangerangjasa aqiqah terdekatjasa aqiqah terpercayamengganti aqiqah dengan membeli dagingmimpi naimimpi rasulullahmual – mual di awal kehamilannabi muhammadpaket aqiqahpaket aqiqah jakartapaket aqiqah jakarta baratpaket aqiqah jakarta selatanpaket aqiqah jakarta timurpaket aqiqah murahpaket aqiqah tangerangpaket aqiqah terpercayapenegrtianaqiqahsifat nabisifat rasulullahsirah nabawiyahsyarataqiqah

Ayu Sarah Wijayanti

Ayu Sarah Wijayanti

Leave a Replay

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×