Bayi Juga Butuh Perawatan Kulit, Ini Daftarnya

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Bayi Juga Butuh Perawatan Kulit

Perawatan Kulit untuk bayi

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat jasa aqiqah. Ketika bayi berusia 6 hari, 6 minggu, atau 6 bulan, kulit mereka masih sangat halus. Kita harus ekstra hati-hati dalam menjaga kesehatan kulit karena sangat mudah untuk menunjukkan reaksi seperti ruam, gatal, benjolan atau keluhan lainnya jika kulit bayi terkena zat tertentu.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Ada begitu banyak produk perawatan bayi di pasaran yang mengklaim untuk mengobati kulit bayi yang sensitif. Ingat, tidak semua produk dibutuhkan oleh si kecil. Padahal, penggunaan produk perawatan kulit yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kulit.

Ikuti perawatan berikut untuk menjaga kulit bayi tetap sehat. Seperti orang dewasa, bayi juga membutuhkan perawatan kulit rutin atau perawatan kulit.

  • Jangan memandikannya setiap hari
    Bayi yang baru lahir tidak perlu mandi setiap hari. Jika Anda terlalu sering memandikannya, kulit bayi Anda bisa cepat kering. Sebagai gantinya, gunakan kain lap basah untuk membersihkan area popok dan lipatan kulit. Seperti selangkangan, serta dagu dan paha.

Jika Anda ingin menggunakan sabun, pastikan tidak mengandung pewarna dan formulanya tidak keras, dan tidak menyengat mata Anda. Carilah sabun yang akan mencuci kelembaban kulit bayi alih-alih merasa sempit setelah mandi.

  • Ganti popok sesering mungkin
    Popok sekali pakai idealnya harus diganti setiap 2 hingga 4 jam, apakah mereka penuh atau tidak. Memakai popok selama berjam-jam dapat membuat masalah kulit bayi seperti lecet atau ruam.

Untuk itu sesekali, biarkan area intim si kecil mengudara agar tidak terlalu lembab. Kulit di daerah ini rentan terhadap masalah, biasanya karena urin atau kotoran yang belum dibersihkan dengan benar.

Jaga Kulit Tetap Lembab

  • Bawa ke tempat teduh
    Jika bayi berusia kurang dari 6 bulan, jauhkan dari sinar matahari langsung sebanyak mungkin. Friends of Dream dapat melindunginya dengan mengenakan payung dan kacamata bayi. Jika ia berusia di atas 6 bulan, gunakan sejumlah kecil tabir surya dengan SPF setidaknya 30. Carilah tabir surya yang mengandung titanium dioksida atau seng oksida, yang lebih kecil kemungkinannya mengiritasi kulit dan mata daripada yang memiliki bahan-bahan seperti avobenzone, octinoxate, dan oxybenzone.
  • Pelembab secukupnya
    Bayi baru lahir biasanya memiliki area kulit kering dan akan mereda sendiri. Jika kulit bayi sangat kering, Anda dapat mengoleskan petroleum jelly pada area tersebut.

Seiring bertambahnya usia, wangi dan pelembab bebas pewarna juga dapat digunakan. Hindari produk yang mengandung wewangian karena cenderung mengiritasi kulit bayi. Oleskan pelembab yang cukup, jangan berlebihan untuk Perawatan Kulit pada bayi.

  • Perhatikan kondisi kulit untuk perawatan kulit
    Ketika bayi berusia sekitar satu bulan, mungkin ada sisik dan kemerahan di kulit kepala yang disebut tutup buaian, ini adalah ruam umum dan perlahan-lahan akan hilang dengan sendirinya. Untuk menyingkirkannya, cuci rambut bayi beberapa kali seminggu dengan sampo bayi lembut yang tidak menyengat mata.

Kunci Perawatan Kulit untuk menjaga kulit bayi adalah menjaganya tetap lembab. Saat kering, terapkan rumus yang aman. Sediakan juga krim khusus untuk ruam atau benjolan karena bayi sering mengalaminya.

Perhatikan mahkota bayi, kenali tanda-tanda jika tidak normal
Bayi yang baru lahir memiliki kondisi kepala yang lembut. Terutama mahkota atau fontanel, yang terhubung oleh banyak saraf. Fontanel sebenarnya adalah tulang tengkorak yang belum menyatu dengan kuat.

Dikutip dari KlikDokter, seiring berjalannya waktu, fontanel akan tertutup rapat dan mengeras. Bagian belakang menutup ketika anak berusia 2 bulan ke atas. Sementara puncak akan tutup dan mengeras pada usia 7-18 bulan.

Baca artikel lainnya : Inilah 5 keutamaan puasa sunnah Syawal

Beberapa orang tua mungkin enggan menyentuh mahkota karena terlalu rapuh. Perubahan pada fontanel dapat memberikan petunjuk tentang perkembangan dan kesehatan bayi Anda. Inilah sebabnya mengapa dokter anak selalu memeriksa kepala bayi dalam pemeriksaan rutin.

Ternyata ada perubahan mahkota bayi yang harus diperhatikan orang tua. Jika masalah ini terjadi pada mahkota bayi, segera konsultasikan dengan dokter.

  1. Tenggelam atau tenggelam
    Tanda pertama dari mahkota bayi abnormal adalah ketika disentuh, bagian itu akan terasa cekung atau masuk. Banyak orang tua khawatir tentang menenggelamkan fontanel. Ini menunjukkan bahwa bayi mengalami dehidrasi.

Selain fontanel yang cekung, dehidrasi parah pada bayi dapat dilihat pada popok mereka yang tidak basah atau sedikit kurang responsif. Dehidrasi dapat disebabkan oleh diare, muntah, atau kurangnya asupan ASI.

  1. Menggembung atau membengkak
    Tidak hanya cekung, mahkota cembung juga bisa terjadi. Jika kondisinya hanya membengkak ketika bayi menangis, maka kembali menjadi datar setelah menenangkan diri dan tidur menghadap ke atas, itu terbilang normal.

Jika fontanel bengkak dan tidak kembali normal, itu mungkin merupakan tanda kondisi serius. Seperti infeksi atau pembengkakan di otak. Segera temui dokter, terutama jika bayi mengalami demam atau sangat mengantuk.

  1. Sangat Lebar atau Besar
    Fontanelle yang sangat besar dikhawatirkan menjadi tanda kondisi medis tertentu, seperti hipotiroidisme, sindrom Down, atau rakhitis. Rickets adalah gangguan pertumbuhan tulang yang terjadi ketika tulang gagal menyimpan kalsium. Biasanya, kondisi ini dipicu oleh kurangnya paparan sinar matahari, alias terlalu sering berada di dalam ruangan.
  2. Tidak Ada Penutupan
    Jika mahkota tetap tidak tertutup meskipun bayi berusia lebih dari satu tahun, ada kemungkinan bahwa ia memiliki hipotiroidisme bawaan atau bawaan.
    Rendahnya kadar hormon tiroid sejak lahir menghambat perkembangannya.

Gejalanya termasuk pembengkakan wajah dan beberapa bagian tubuh, kaki dan lengan pendek, serta kelemahan dan kesulitan makan. Diperkirakan, 1 dari 2.000 bayi di Indonesia mengalami kondisi ini.

Demikianlah artikel Bayi Juga Butuh Perawatan Kulit apa yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat ! aamiin insya Allah

Sahabat jasa aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat jasa aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat Jasa aqiqah

Hastag : jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah jakarta timur , jasa aqiqah jakarta barat , jasa aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta , paket aqiqah jakarta timur , paket aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta baratpaket aqiqah tangerangjasa aqiqah tangerang

Sedang-cari-jasa-aqiqah-paket-aqiqah-terpercaya-_-3-1
Ayu Sarah Wijayanti

Ayu Sarah Wijayanti

Leave a Replay

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×