Awas Bun ! Inilah 11 Penyebab Pup Bayi Berwarna Hijau

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

(Artikel | Awas Bun ! Inilah 11 Penyebab Pup Bayi Berwarna Hijau) – Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat jasa aqiqah. Warna pup bayi dapat mengetahui kondisi kesehatan pencernaan pada tubuhnya. Apakah ia sedang dalam kondisi normal atau justru sebaliknya? Warna pup bayi memang beragam, seperti pup bayi warna hijau, kuning, atau hijau kehitaman.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Seorang dokter anak, dr. Wendy Sue Swanson, MD di Rumah Sakit Anak Seattle mengatakan, bahwa warna, konsistensi dan jumlah pup yang dikeluarkan bayi ketika buang air besar dapat memberikan petunjuk penting tentang kesehatan bayi.

Apalagi sebagai seorang ibu muda, banyak hal yang perlu dipelajari dalam mengenal kesehatan Si Kecil.

Baik dari intensitas konsumsi ASI, kulit sensitif, menidurkan anak, serta mengenal warna pup bayi.

Jika pup bayi warna kuning sudah biasa, bagaimana jika pup bayi warna hijau? Sedangkan, bayi umumnya hanya mengonsumsi ASI dan belum makan makanan padat atau cairan lainnya. Darimanakah warna pup hijau itu berasal?

Sebuah studi menurut La Leche League International, pup bayi warna hijau kemungkinan memiliki beberapa penyebab dari yang dikonsumsi ibunya, seperti minum antibiotik, sayur-sayuran, atau terdapat bakteri virus pada tubuh bayi.

Ulasan Awas Bun ! Inilah 11 Penyebab Pup Bayi Berwarna Hijau

1.   Ketidakseimbangan Konsumsi Foremilk dan Hindmilk

Penyebab pup bayi warna hijau yang pertama adalah adanya ketidakseimbangan konsumsi foremilk dan hindmilk.

ASI mengalami perubahan selama proses bayi menyusui. ASI yang dikonsumsi pertama saat bayi baru menyusu disebut foremilk, yang memiliki kandungan rendah lemak dan tinggi gula.

Setelah beberapa saat menyusui, ASI berubah menjadi hindmilk yang memiliki kandungan tinggi lemak dan berkalori tinggi.

Jika Moms sering menyusui bayi dalam waktu singkat, bayi kemungkinan mendapatkan lebih banyak foremilk daripada hindmilk.

Hal ini bisa terjadi juga ketika Moms mengganti payudara terlalu cepat ketika menyusui. Konsumsi foremilk yang terlalu banyak dapat menyebabkan pup bayi berwarna hijau.

2.   Indikasi Bayi Menderita Penyakit

Penyebab pup bayi warna hijau yang selanjutnya adalah indikasi bayi menderita penyakit tertentu.

Bila Moms melihat pup Si Kecil berwarna hijau cair atau mengandung lendir, mungkin ada sesuatu yang mengganggunya.

Terkadang, hal itu disebabkan reaksi stres yang dialami bayi atau bisa jadi juga bayi mengalami flu perut. Pertahankan jadwal makan rutin Si Kecil, ya, Moms.

Selain itu, konsumsi ASI secukupnya karena ASI menyediakan antibodi yang dapat memulihkan kondisi bayi secara alami.

 

3.   Intoleransi Makanan

Penyebab pup bayi warna hijau yang selanjutnya adalah intoleransi makanan. Pup bayi berwarna hijau juga bisa disebabkan oleh intoleransi makanan.

Reaksi ini bisa terjadi karena kandungan yang ada pada asupan bayi atau makanan dari ibu yang memberikan ASI kepada bayinya.

Melansir Sleep Baby, pup bayi warna hijau bisa karena konsumsi laktosa berlebih pada kandungan ASI.

Laktosa berlebih akan membantu bayi menambah berat badan, namun hal itu dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Selain gas yang menyakitkan saat buang air besar, mungkin Moms akan melihat Si Kecil mengeluarkan pup berwarna hijau.

Jika Si Kecil mengalami intoleransi makanan, selain pup berwarna hijau, bayi mungkin juga mengalami eksim dan menjadi rewel setelah menyusui.

 

4.   Makanan Hijau

Penyebab pup bayi hijau yang selanjutnya adalah konsumsi makanan hijau. Salah satu penyebab pup bayi berwarna hijau adalah sayuran hijau atau pewarna makanan hijau.

Jika Moms mengonsumsi banyak sayuran hijau atau makanan dengan pewarna hijau, maka bayi kemungkinan akan memiliki pup berwarna hijau. Begitu pula dengan bayi yang sudah mulai makan makanann padat.

Makanan bayi berwarna hijau, seperti bubur kacang polong atau bayam, juga bisa membuat pup bayi berwarna hijau.

5.   Bakteri atau Virus pada Usus

Penyebab lainnya pup bayi warna hijau adalah ditemukan bakteri atau virus pada usus Si Kecil.

Jika bayi sedang mengalami sakit perut atau gangguan pencernaan, maka pup bayi akan berubah jadi warna hijau.

Ini disebabkan dari bakteri atau virus pada usus, misalnya bayi sedang mengalami flu, demam atau penyakit lainnya. Namun apabila ini terus-terusan terjadi ketika bayi telah sembuh, segera konsultasi ke dokter.

Bayi rewel dan tidak mau menyusui juga salah satu ciri kesehatan Si Kecil sedang terganggu dan diperlukan perawatan cepat.

6.   Lambat Mencerna

Penyebab pup bayi warna hijau lainnya adalah lambat mencerna. Pada kondisi tertentu, bayi memang lebih lambat mencerna. Bayi lebih lambat mencerna biasanya ketika makan lebih banyak dari biasanya.

Jadi, ketika pup bayi hijau, bisa jadi penyebabnya adalah karena ia makan lebih banyak dari biasanya.

 

7.   Pengobatan Penyakit Kuning

Moms, bagi Si Kecil yang sedang menderita penyakit kuning, biasanya memerlukan berbagai perawatan.

Nah, perawatan untuk penyakit kuning ini juga menjadi salah satu penyebab pup bayi hijau.

Biasanya warna pup bayi dari yang kuning akan berubah menjadi warna hijau gelap.

Menurut studi yang dilakukan American Academy of Pediatrics, ketika bayi sedang melakukan pengobatan penyakit kuning atau fototerapi, biasanya warna pup akan berwarna hijau, kehitaman dan berair. Ini adalah hal yang normal terjadi.

Segera ganti popok dengan yang baru agar kulit bayi tidak iritasi. Selama perawatan fototerapi untuk penyakit kuning, hindari penggunaan losion, krim atau bedak pada kulit bayi.

8.   Suplemen Zat Besi

Penyebab pup warna bayi hijau lainnya adalah suplemen zat besi.

Zat besi diperlukan untuk sel darah merah dan berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Suplemen zat besi yang dikonsumsi oleh Si Kecil maupun oleh Moms yang kemudian ditransfer kepada Si Kecil melalui ASI bisa menyebabkan pup bayi warna hijau.

Zat besi ini biasanya ditemukan dari makanan berwarna hijau seperti bayam atau sayuran lainnya. Jadi jangan khawatir ya Moms, ini normal terjadi.

9.   Tumbuh Gigi

Moms, ternyata tumbuh gigi juga menjadi salah satu penyebab pup bayi warna hijau lho.

Saat proses tumbuh gigi, bayi cukup banyak menelan ludah. Kondisi ini yang membuat pup bayi warna hijau.

Seringkali juga disertai dengan lendir pada pup dan ini juga petanda bahwa bayi sedang melawan infeksi.

Pada dasarnya, warna kotoran apa pun yang bernuansa bumi, dari coklat hingga kuning hingga hijau, sebenarnya baik-baik saja, menurut American Academy of Pediatrics.

10.Vaksinasi

Selain beberapa penyebab pup bayi warna hijau di atas, ternyata vaksinasi juga jadi penyebab pup bayi berwarna hijau.

Melansir EveryDay Health, vaksinasi bayi dapat menyebabkan pup bayi warna hijau yang disebabkan oleh intususepsi. Ini adalah kondisi di mana usus terlipat ke dalam dan menciptakan penyumbatan di usus.

Jika Si Kecil mengalami sakit perut, kembung, kram, napas pendek atau pup berwarna hijau dan disertai darah, segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan tindakan medis.

Ini adalah kondisi yang jarang terjadi, namun tak sedikit terjadi juga pada bayi setelah vaksinasi.

11.Diare

Diare juga menjadi salah satu penyebab pup bayi berwarna hijau. Diare terjadi ketika usus kecil tidak dapat menyerap cukup air yang seringkali disebabkan oleh virus.

Karena diare mengubah jumlah air dan elektrolit dalam kotoran, hal itu yang membuat pencernaan bergerak lebih cepat dari biasanya. Inilah yang membuat pup bayi warna hijau.

Parasit pada pup disebut dengan giardia. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ini adalah parasit yang menyebar di kotoran bayi dan membuat tekstur menjadi lebih berminyak dan berair. Hal ini juga menyebabkan pup bayi warna hijau kehitaman.

Demikianlah ulasan kami mengenai Awas Bun ! Inilah 11 Penyebab Pup Bayi Berwarna Hijau semoga bermanfaat !

sumber

Baca Juga :

Sahabat jasa aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat jasa aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat Jasa aqiqah

Hastag : jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah jakarta timur , jasa aqiqah jakarta barat , jasa aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta , paket aqiqah jakarta timur , paket aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta barat

Aqiqahaqiqah jakartaaqiqah jakarta selatanaqiqah jakselaqiqah murahAqiqahmurahaqiqah praktisaqiqah tangerangaqiqah terdekataqiqah terpercayaas shidiq aqiqahbuah jambu biji merahdoahikmahaqiqahhukum aqiqahhukum membeli daging aqiqahjambu bijijasaaqiqahjasa aqiqahjasa aqiqah bekasijasa aqiqah jakartajasa aqiqah jakarta baratjasa aqiqah jakarta selatanjasa aqiqah jakarta timurjasa aqiqah tangerangjasa aqiqah terdekatjasa aqiqah terpercayamengganti aqiqah dengan membeli dagingmimpi naimimpi rasulullahmual – mual di awal kehamilannabi muhammadpaket aqiqahpaket aqiqah jakartapaket aqiqah jakarta baratpaket aqiqah jakarta selatanpaket aqiqah jakarta timurpaket aqiqah murahpaket aqiqah tangerangpaket aqiqah terpercayapenegrtianaqiqahsifat nabisifat rasulullahsirah nabawiyahsyarataqiqah

Awas Bun ! Inilah 11 Penyebab Pup Bayi Berwarna Hijau
admin

admin

Leave a Replay

Jasa Aqiqah Jakarta dan Tangerang

Jasa Aqiqah Tempat aqiqah terpercaya Yang Menyediakan Paket Aqiqah Jakarta dan Tangerang yang bergaransi dan mempunyai standar internasional dan tentunya bersertifikat LAIK Hygene dan juga Halal.

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Hubungi Kami Jasa aqiqah terpercaya

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×