Aqiqah dibulan puasa boleh

Aqiqah dibulan puasa, Bolehkah ?

Dear sahabat jasa aqiqah,  seperti yang kita ketahui bahwa aqiqah ibadah yang memerlukan persiapan matang. Sedangkan kondisi bulan puasa yang mengharuskan mengadakan acara saat berbuka jika ayah bunda ingin meramaikan acara aqiqah sang buah hati. Lalu juga saat kita menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan banyak di antara ayah bunda yang sedang bekerja , beribadah sunnah laiinnya atau lain-lain yang membuat waktu ayah bunda sulit untuk mempersiapkan aqiqah sang buah hati.

Namun kalau dipikir dipikir kira kira boleh ga ya aqiqah di bulan ramadhan ? nah cek keterangan berikut yuk.

Sebelum itu ayah bunda yang ingin mengadakan aqiqah dengan menggunakan jasa aqiqah yang di percaya aman serta hasilnya berkualitas , ayah bunda bisa menggunakan jasa aqiqah yang sudah dipercaya 141 rb keluarga di indonesia. Yuk dapatkan info terkait aqiqah di jasaaqiqahofficial atau wa di tombol whatsapp web ini ya .

Balik ke topik Tidak ada satupun hadist shahih yang menjelaskan mengenai hukum larangan aqiqah pada bulan Ramadhan. Rasulullah menganjurkan kita umatnya untuk melaksanakan aqiqah pada hari ketujuh sesuai dengan bunyi hadist berikut ini:

عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدُبٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى

Dari Samuroh bin Jundub, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, digundul rambutnya dan diberi nama.” (HR. Abu Daud no. 2838, An Nasai no. 4220, Ibnu Majah nol. 3165, Ahmad 5/12. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Baca Artikel terkait : Hutang Untuk Aqiqah 2 Pendapat Ulama tentang ini

Dari hadist shahih tersebut tidak ada pengecualian hari untuk pelaksanaan aqiqah. Selain itu, kita juga tidak boleh mempercayai akan terjadi hal buruk apabila melaksanakan aqiqahan di bulan Ramadhan. Tidak hanya diperbolehkan pada bulan Ramadhan saja, aqiqah pada bulan haji (Dzulhijjah), bulan Suro (Muharram) dan bulan-bulan lainnya juga diperbolehkan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا هُنَّ قَالَ الشِّرْكُ بِاللَّهِ وَالسِّحْرُ وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَكْلُ الرِّبَا وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيمِ وَالتَّوَلِّي يَوْمَ الزَّحْفِ وَقَذْفُ الْمُحْصَنَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ الْغَافِلَاتِ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahuanhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Beliau bersabda, “Jauhilah tujuh (dosa) yang membinasakan!” Mereka (para sahabat) bertanya, “Wahai Rasûlullâh! Apakah itu?” Beliau n menjawab, “Syirik kepada Allâh, sihir, membunuh jiwa yang Allâh haramkan kecuali dengan haq, memakan riba, memakan harta anak yatim, berpaling dari perang yang berkecamuk, menuduh zina terhadap wanita-wanita merdeka yang menjaga kehormatan, yang beriman, dan yang bersih dari zina”. (HR. al-Bukhâri, no. 3456; Muslim, no. 2669)

Aqiqah Di bulan ramadhan ayah bunda dapat pahala double loh .. loh kok bisa ya ?? simak penjelasan berikut yuk. 

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192, dari Zaid bin Kholid Al Juhani. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.)

Barangsiapa yang memberi makan orang yang berpuasa maka kita akan mendapat pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, luar biasa bukan? Penulis yakin pembaca pasti sudah bisa mengetahui dimana letak peluangnya.

Ya betul, pembagian daging aqiqah dianjurkan untuk diberikan dalam keadaan masak atau dagingnya sudah diolah terlebih dahulu. Dengan demikian melaksanakan aqiqah di bulan Ramadhan, selain mendapatkan pahala dari ibadah aqiqah itu sendiri juga akan mendapatkan pahala dari memberi makan orang yang berbuka puasa.

Mari beribadah untuk sang buah hati ayah bunda dan dapatkan double pahala di bulan ramadan tahun ini yuk.. Dapatkan penawaran terbaik jasa aqiqah asshidiq dengan terus mengunjungi websites dan social media kami ya. Demikianlah tulisan kami pada hari ini, semoga bermanfaat yah ayah bunda. Aamiin.. Insya Allah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *