jasa aqiqah istockphoto 1188171229 612x612 1
Anak Suka Ambil Tak Izin ? Hati-Hati Penyakit Kleptomania !

(Artikel | Anak Suka Ambil Tak Izin ? Hati-Hati Penyakit Kleptomania !) – Dear Ayah bunda sahabat jasa aqiqah. Pernah mendengar istilah kleptomania? Ya, suatu istilah yang disematkan untuk orang yang suka mengambil milik orang tanpa izin.

Ulasan Anak Suka Ambil Tak Izin ? Hati-Hati Penyakit Kleptomania !

Tapi tahukah ayah bunda kecenderungan ini bisa terjadi karena pola asuh yang salah saat anak masih kecil oleh orangtuanya?

Baca Juga :

Menurut pakar psikiater anak dan remaja dari FKUI/RSCM Jakarta, dr. Tjhin Wiguna, SpKJ, pola asuh orang tua bisa saja berpengaruh terhadap berkembangnya kleptomania pada anak.

Jika penyakit ini dibiarkan bisa menjadi perilaku buruk lainnya, seperti berbohong, memanipulasi data, tidak bertanggung jawab, dan kecenderungan untuk selalu menyalahkan orang lain.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah ayah bunda didik anak untuk mengenal konsep hak milik. Ajari anak ketika barang yang hendak ia akan pakai ternyata bukan miliknya untuk meminta izin dahulu.

Kebiasaan anak mengambil barang milik orang tua tanpa permisi juga dapat dapat membuat anak berkembang menjadi kleptomania apabila tidak segera diatasi. Sebagai orang tua ayah bunda harus tegas menjelaskan bahwa hal itu salah.

Ayah bunda bisa mengajarkan anak seperti dengan kalimat,”Adik boleh, kok, pakai pulpen bunda, tapi Adik harus ijin dulu yah. Setelah selesai, pakai kembalikan ke tempatnya yah”

Ayah bunda juga jelaskan pada anak bahwa mengambil milik orang lain tanpa izin itu adalah perbuatan tercela. Dengan memberitahu anak diharapkan anak jadi belajar hal yang benar dan hal yang salah,

Dengan menerapkan konsep hak milik pada anak diharapkan anak bisa terhindar dari perbuatan ini. Ayah bunda juga jangan lupa jadi contoh yang baik untuk anak yah.. anak cepat belajar dari melihat !

Anak Suka Ambil Tak Izin ? Hati-Hati Penyakit Kleptomania !

Leave a Reply

Your email address will not be published.