Ajarilah Anak Agar Tidak Meremehkan Kesalahan Kecil

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ajarilah Anak Agar Tidak Meremehkan Kesalahan Kecil – Dear ayah bunda sahabat jasa aqiqah. Mungkin sering kita jumpai ketika si kecil yang masih berusia sekitar 4 tahunan suka mengambil sesuka hati tanpa ada rasa bersalah seolah itu adalah miliknya. Nah… mulai sekarang latihlah anak mengenai konsep hak milik.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Ulasan Ajarilah Anak Agar Tidak Meremehkan Kesalahan Kecil

Ajarkan anak pentignya tidak meremehkan dosa se kecil apapun. Orang soleh terdahulu selalu mendidik anaknya demikian agar jangan menyepelekan dosa se kecil apapun. Walaupun sekedar mengambil jerami.

Diceritakan bahwa Sulaiman bin Harb berkata: “Aku bersama ayahku, lalu aku mengambil sebatang jerami di salah satu kebun, ayah berkata kepadaku: “Kenapa engkau mengambilnya?”. Aku menjawab: “Toh cuma sebatang jerami.” Ayah berkata: “Apa yang terjadi kalau setiap orang mengambil jerami satu demi satu? Apakah masih tersisa satu batang jerami di kebun?” (Al Wara‘ hal. 14 oleh Imam Ahmad).

Baca Juga :

Kadang orangtua suka menganggap sepele anak yang memakan makanan kakak, sodara, atau adiknya tanpa minta izin terlebih dahulu. Menganggap bahwa perkara itu kecil dan biasa saja.

Padahal perilaku buruk yang dilakukan berulang ulang bisa berubah menjadi tabiat. Jangan heran kalau ada banyak orang saat ini yang suka menyerobot tanah orang seenaknya, menggungat orangtuanya sendiri mengenai warisan karena memang sejak dari kecil kesalahan-kesalahan yang seharusnya orangtua koreksi justru dibiarkan begitu saja.

Bahaya Meremehkan Dosa

Bilal bin Sa’ad berkata: ”Janganlah engkau melihat kepada kecilnya kesalahan, tapi lihatlah kepada siapa engkau berbuat kedurhakaan”. (Az Zuhd, no. 2275 karya Imam Ahmad).

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata: “Janganlah sekali-kali kamu meremehkan kemaksiatan yang kecil, sebagaimana rumput yang lemah dapat dianyam menjadi tali yang dapat menarik kapal-kapal” (Badaa’i al-Fawaid, 3/338).

Ibnul Mu’taz berkata:“ Janganlah kamu meremehkan dosa kecil karena gunung itu berasal dari tumpukan kerikil kecil” (Jami’ul Ulum Wal Hikam oleh Ibnu Rajab, I/402).

Semoga Allah selalu menerangi hati kita untuk selalu berhati-hati dalam menjalani hidup, serta menganugrahkan hati yang bening sehingga kita tidak tertipu dengan tipu muslihat setan yang menjerumuskan manusia pada dosa-dosa yang kadang kurang kita sadari.

Demikianlah artikel kami mengenai Ajarilah Anak Agar Tidak Meremehkan Kesalahan Kecil semoga bermanfaat !

Ajarilah Anak Agar Tidak Meremehkan Kesalahan Kecil
admin

admin

Leave a Replay

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×