8 Penyebab Bayi Belum Lahir Padahal Harusnya Sudah !

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
8 Penyebab Bayi Belum Lahir Padahal Harusnya Sudah !
8 Penyebab Bayi Belum Lahir Padahal Harusnya Sudah !

(Artikel | 8 Penyebab Bayi Belum Lahir Padahal Harusnya Sudah !) – Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat jasa aqiqah.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Bayi yang lahir sebelum usia kandungan 37 minggu didefinisikan sebagai prematur. Sedangkan bayi yang lahir di usia kandungan 42 minggu atau lebih dikenal dengan postmature (ini bisa juga dikategorikan sebagai overdue pregnancy.

Lalu, apa penyebab bayi belum lahir padahal sudah waktunya? Berikut penjelasannya

1. Kelahiran Pertama

Apakah Bunda melahirkan bayi pertama? Hal ini bisa menjadi penyebab bayi belum lahir padahal sudah waktunya.

Peneliti mengatakan bahwa persalinan kali pertama memang cenderung memiliki waktu lebih lama dari perkiraan. Hal ini terasa berbeda dibandingkan persalinan kali kedua atau ketiga.

Memang, Bunda sudah tidak sabar untuk bertemu dengan Si Kecil. Tapi, jangan pernah mencoba untuk mendorong persalinan sendiri ya, Bunda!

2. Kesalahan Perhitungan HPL Bunda yang Sedang Hamil

Penyebab bayi belum lahir padahal sudah waktunya bisa jadi diakibatkan oleh kesalahan perhitungan HPL (Hari Perkiraan Lahir). Ini bisa saja terjadi karena kesulitan penentuan usia kehamilan awal yang ditentukan berdasarkan hasil USG di akhir trimester kedua ataupun trimester ketiga kehamilan.

Baca Juga :

3. Komplikasi Kehamilan

Adanya komplikasi kehamilan atau masalah plasenta pada bayi bisa menjadi penyebab bayi belum lahir padahal sudah waktunya.

Itulah sebabnya, ketika hamil Bunda sangat disarankan untuk menjaga pola makan, pola hidup, dan teratur berkonsultasi ke dokter kandungan atau bidan setiap bulan.

4. Riwayat Persalinan Sebelumnya yang juga Terlambat

Jika Si Kecil belum juga lahir setelah melewati HPL (Hari Perkiraan Lahiran), Bunda mungkin punya riwayat tersebut pada persalinan sebelumnya.

Si Kecil yang terlalu “betah” berada dalam kandungan juga mungkin punya alasan biologis. Saat lahir dulu, bisa jadi Bunda juga mungkin lahir terlambat.

5. Riwayat Menstruasi yang Tidak Teratur

Apakah Bunda memiliki masalah dengan siklus haid atau siklus menstruasi yang tidak teratur? Jika ya, maka hal ini bisa menjadi penyebab bayi belum lahir padahal sudah waktunya.

Ketika siklus haid tidak teratur hal ini tentu membuat pergeseran siklus haid sehingga perkiraan lahir menjadi lebih sulit ditentukan. Flek biasa sering dianggap sebagai hari pertama haid pada bulan terakhir. Akhirnya, dokter kandungan juga bisa ikut salah membuat perhitungan tanggal perkiraan lahir.

6. Berat Badan Berlebih

Penelitian pun menyatakan bahwa berat badan berlebih dapat memengaruhi ketepatan waktu lahir, sehingga menjadi penyebab bayi belum lahir padahal sudah waktunya.

Berat badan yang berlebih membuat respon tubuh lebih lambat menjelang proses persalinan. Hal ini tentu membuat signal dan sensorik sel otot rahim melemah.

Jadi, tak heran jika Bunda yang hamil dengan berat badan berlebih cenderung memiliki risiko lebih besar untuk melahirkan melalui partus caesaria.

7. Si Kecil Berjenis Kelamin Laki-Laki

Situs healthline.com, juga menyatakan bahwa penyebab bayi belum lahir padahal sudah waktunya bisa diakibatkan karena janin berjenis kelamin laki-laki.

Beberapa penelitian menyebutkan adanya perbedaan waktu melahirkan ini karena janin laki-laki biasanya lebih berat dan lebih besar daripada janin perempuan.

8. Penggunaan Pil KB

Penelitian mengatakan bahwa konsumsi pil KB ada kemungkinan besar persalinan menjadi lebih lama. Hal ini menjadi penyebab bayi belum lahir padahal sudah waktunya.

Demikianlah apa yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat !

8 Penyebab Bayi Belum Lahir Padahal Harusnya Sudah !
admin

admin

Leave a Replay

Jasa Aqiqah Jakarta dan Tangerang

Jasa Aqiqah Tempat aqiqah terpercaya Yang Menyediakan Paket Aqiqah Jakarta dan Tangerang yang bergaransi dan mempunyai standar internasional dan tentunya bersertifikat LAIK Hygene dan juga Halal.

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Hubungi Kami Jasa aqiqah terpercaya

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×