6 Hikmah Aqiqah Dalam Islam

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Aqiqah-dalam-Islam

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah, diantara ayah bunda pasti sering mendengar istilah aqiqah, yakni serangkaian kegiatan memotong atau menyembelih kambing sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Allah atas keturunan . Menurut para ulama aqiqah itu memiliki memiliki hikmah loh, berikut adalah 6 hikmah aqiqah menurut para ulama.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Hikmah Aqiqah Pertama

Menurut Waliyullah ad Dahlawi mengatakan,”Pada aqiqah terdapat berbagai macam kemaslahatan finansial, psikologis, dan social. Oleh karena itu, Rasulullah membiarkannya, mengerjakannya dan menganjurkan masyarakat untuk ikut melakukannya.

Salah satu manfaat aqiqah adalah berlamah lembut dalam memengumumunkan kabar tentang garis keturunan si bayi. Sebab, hal ini memang harus diberitahukan kepada khalayak supaya tidak terjadi fitnah di kemudian hari. Di samping itu, juga tidak baik kalau si anak dibawa berkeliling kampung hanya untuk sedekar memberitahukan garis keturunan. Oleh karenanya, metode ini adalah yang paling tepat.

Manfaat yang lain adalah memupuk sifat dermawan dan menekan sifat kikir. Hikmah berikutnya adalah kaum nasrani apabila memperoleh anak, mereka membaptisnya dengan air berwarna kuning yang biasa mereka namakan ma’mudiyah. Maka disunnahkan bagi para pemeluh agama tauhid untuk melakukan suatu tindakan yang menjadi tandingan atas perbuatan mereka serta untuk mengisyaratkan bahwa bayi yang baru lahir ini adalah pemeluk ajaran islam.

Hikmah Aqiqah Kedua

Aqiqah adalah pembebasan dan penebusan anak seperti Allah menebus Ismail ‘alayhissalam dengan seekor domba. Masyarakat jahiliyah juga melakukannya dan menamakannya aqiqah. Mereka melumurkan darah di kepala si bayi. Aqiqah ini diakui dalam islam, tetapi dengan catatan tanpa melumurkan darah di kepala bayi.

Selain itu, hikmah Allah dalam syariat dan ketentuan Nya dapat menjadi factor penentu ketetapan hati si anak dan keselamatannya sepanjang hidup di bawah perlindungan Allah Ta’ala dari bahaya godaan setan, setiap organ tubuh hewan aqiqah menjadi tebusan bagi setiap organ tubuhnya. (Tuhfatul Maudud, hal 54-55)

Hikmah Aqiqah Ketiga

Pengumuman dan pemberitahuan bahwa seseorang baru mendapatkan anak dan dia beri nama. Kemudian, berita tersebut diketahui oleh masyarakat yang terdiri dari karib kerabat, tetangga & handai taulan, lalu mereka datang untuk memberi selamat dan menghadiri aqiqahnya. Semua itu dapat menambah erat ikatan cinta dan persaudaraan dalam tubuh kaum muslimin.

Hikmah Aqiqah Keempat

Pada Aqiqah teraplikasikan salah satu bentuk solidaritas social dalam islam. Orang yang melaksanakan aqiqah anaknya, akan menyembelih hewan dan membagi-bagikan dagingnya untuk fakir miskin, karib kerabat dan tetangga. Atau dia akan mengundang mereka untuk makan bersama. Hla ini memberikan kontribusi yang cukup besar dalam upaya meringankan beban penderitaan kaum fikir miskin. ( Ahkan adz Dzaba’ih, hal 169 & Tarbiyyatul Aulad fil Islam 1/99-100)

Hikmah Aqiqah Kelima

Ibnu Haj mengatakan, “Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari aqiqah, antara lain : mengerjakan sunnah dan memadamkan bid’ah. Seandainya tidak ada keberkahan yang terdapat dalam aqiqah selain menjaga jabang bayi dari sumber penyakit seperti yang tercantum dalam hadis, maka sunnah apa pun yang dilakukan akan menjadi penyebab timbulnya seluruh bentuk kebaikan dan keberkahan. Sementara, bid’ah adalah kebalikannya.”

Baca Juga artikel lainnya : 1 HAL PENTING YANG KITA HARUS TAHU MENGENAI AQIQAH

Orang yang diaqiqahi berarti dia sudah aman dari bencana. Bencana terkecil yang menimpa bayi memerlukan upaya orangtuanya untuk mengeluarkan biaya setinggi biaya aqiqah atau bahkan lebih ! orang yang memiliki akal sehat, akan segera mengeluarkan segala daya upaya untuk melaksanakannya. Sebab, aqiqah menghimpun antara kemanan harta dan tubuh sekaligus. Keamanan tubuh adalah keselamatan si bayi dari bencana seperti yang sudah dijelaskan diatas. Sedangkan tentang keamanan harta biaya aqiqah bisa dibilang cukup ringan bila dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengatasi bencana diatas.

Atau biaya yang harus dikeluarkan atas bencana yang diperkirakan akan terjadi kepada si bayi. Aqiqah juga menarik banyak pahala disebabkan mengikuti as Sunnah dalam melaksanakannya. Terutama di zaman sekarang yang banyaknya pahala ini juga disebabkan oleh minimnya orang mau untuk melakukan. ( Al Madkhal 3/228-229)

Hikmah Aqiqah Keenam

KH Muhammad Sholikhin dalam bukunya “Mukjizat dan Misteri Lima Rukun Islam: Menjawab Tantangan Zaman” mengungkapkan, dalam ibadah akikah terkandung unsur tarbiyah (pendidikan), yakni mendidik ketakwaan anak agar menjadi orang yang dekat (taqarrub) kepada Allah, serta menghilangkan sifat-sifat kebinatangan pada diri anak, karena manusia pada umumnya juga memiliki sifat-sifat hewaniah yang harus dihilangkan dengan norma etika keagamaan.

Itulah keenam hikmah aqiqah yang ayah bunda harus tahu. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ! aamiin.. insya Allah

Husein Syarif

Husein Syarif

Leave a Replay

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×