5 Manfaat Air Tajin Untuk Bayi Yang Tidak Bisa Diremehkan !

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh bunda sahabat jasa akikah (aqiqah), air tajin adalah cairan berwarna putih atau kekuningan kental yang suka muncul ke permukaan ketika bunda menanak nasi. Air ini sudah matang karena telah dimasak saat proses membuat nasi.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Berangkat darisini, air tajin dikenal juga dengan air rebusan beras atau air beras. Air tajin mengandung pati yang terbentuk sebelum nasi matang dan memiliki banyak manfaat untuk bayi loh bun

Selain itu, air tajin juga sering dipakai orang dahulu untuk makanan bayi karena selain manfaatnya yang baik secara biaya juga lebih ekonomis karena tidak perlu merogoh kocek yang banyak dalam untuk membuatnya.

Sebagian orang mungkin suka ada yang meremehkan manfaat air tajin untuk bayi. Padahal, air tajin mengandung berbagai macam senyawa bioaktif di dalamnya, seperti asam amino, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin E, mineral (natrium dan kalium), hingga zat antioksidan.

Berikut adalah 5 Manfaat Air Tajin Untuk Bayi Yang Tidak Bisa Diremehkan !
  • Mengobati Diare dan Dehidrasi

Menurut penelitian ternyata air tajin bisa mengobati diare pada bayi loh. Seperti yang diketahui bahwa Jika tidak diatasi, diare dapat menyebabkan bayi dehidrasi dan lemah. Salah satu obat alami untuk mengatasi diare pada bayi diantaranya ialah air tajin. Air rebusan beras ini mengandung serat, natrium, dan karbohidrat yang mampu mengurangi gerakan usus. Selain itu, nutrisi tersebut juga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang sehingga mencegah dehidrasi. Selain itu juga, Manfaat air tajin untuk mengatasi diare pada bayi juga direkomendasikan WHO sekitar tahun 1990-an.

  • Menjaga Kulit Bayi

Air rebusan beras ternyata memiliki kandungan vitamin B, seperti tiamin dan riboflavin loh bunda sahabat jasa aqiqah. Kedua vitamin tersebut juga dikenal dengan sifat antioksidannya yang mampu memperlancar sirkulasi darah pada sel-sel kulit. Ini membantu regenerasi kulit dan membuatnya tampak selalu segar dan muda.

Selan itu, ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa minyak dari beras mengandung asam ferulik, gamma-oryzanol, asam fitat yang sering ditambahkan pada kosmetik dan juga beberapa obat kulit. Kandungan ini besar juga ada pada air rebusan beras sehingga sering digunakan untuk perawatan kulit kering atau eksim pada bayi bunda.

  • Sumber Energi

Air tajin jika dikonsumi oleh bayi secara rutin dapat membantu memenuhi kebutuhan energi selama menjalaniaktivitas kesehariannya loh bunda sahabat jasa aqiqah. 

Sebagai orangtua, bunda perlu mengetahui bahwa air tajin mengandung karbohidrat dan mudah sekali diserap tubuh. Kandungan karbohidrat inilah yang membantu dalam memenuhi kebutuhan energi bayi, termasuk ketika sudah selesai bermain

Baca Juga : 9 Manfaat Susu Kurma, Nomor 8 Bumil Wajib Tahu

  • MPASI Bernutrisi

Menurut juga bunda sahabat jasa aqiqah, Air tajin memiliki kandungan kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi. Selain itu, protein dalam air rebusan beras ini juga membantu menguatkan tulang bayi. Meski kaya akan vitamin dan mineral, namun kandungan tersebut belum cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si bayi bunda.

Oleh karena itu, bunda  bisa menjadikannya campuran campuran MPASI dengan makanan lain si bayi.  Ini lebih disarankan daripada memberikannya secara langsung pada bayi, karena lebih baik konsumsi air tajin untuk bayi 6 bulan atau lebih bunda.

  • Mencegah Panas Dalam

Saat tubuh panas, si bayi tentu  akan merasa tidak nyaman dan mudah rewel bunda. Ini dikarenakan tubuh kekurangan cairan dan tanpa disadari merasa stres. 

Bila bunda mengonsumsi air serta mineral dari dalam air tajin, sehingga dapat mencegah timbulnya panas dalam terlebih saat si bayi sakit.

Demikianlah apa yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat bagi bunda sahabat jasa aqiqah. Aamiin.. Insya Allah…

Hastag : jasa aqiqah , paket aqiqah , jasa aqiqah tangerang , jasa aqiqah terpercaya , jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah bintaro , jasa aqiqah jakarta selatan

Tri Ardi Muhammad

Tri Ardi Muhammad

Leave a Replay

Jasa Aqiqah Jakarta dan Tangerang

Jasa Aqiqah Tempat aqiqah terpercaya Yang Menyediakan Paket Aqiqah Jakarta dan Tangerang yang bergaransi dan mempunyai standar internasional dan tentunya bersertifikat LAIK Hygene dan juga Halal.

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Hubungi Kami Jasa aqiqah terpercaya

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×