jasa aqiqah Surat Cinta untuk Ibu
5 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Membentak Anak

(Artikel | 5 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Membentak Anak) – Dear ayah bunda sahabat jasa aqiqah. Sebagai orangtua mungkin kita pernah berbuat salah ke anak. Seperti pernah tidak secara sengaja membentaknya, memarahinya hingga membuatnya takut hingga menangis.

Ulasan 5 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Membentak Anak

Ketika melihat anak takut dan menangis naluri kita sebagai orangtua pasti ada rasa bersalah, tidak enak, dan gelisah. Khawatir apa yang kita lakukan tersebut bisa menimbulkan trauma kepada anak. Kalau anak trauma ditakutkan melihat orangtuanya bukan sebagai sosok yang bisa membuat nyaman tetapi malah gelisah.

Kalau sudah begitu apa sih yang dapat ayah bunda lakukan?

Baca Juga :

Pertama, cobalah ayah bunda menenangkan diri terlebih dahulu. Jika bunda diliputi emosi, bunda akan kesulitan untuk membuat keputusan yang bijak dan rasional. Ketika emosi hampir memuncak cobalah tahan dan jangan melakukan atau berkata apapun dulu ya. Dalam islam bunda bisa berwudhu atau mandi karena rasulullah mengatakan setan itu dari api dan api dapat padam dengan air.

Kedua, cobalah ajak anak berbicara agar suasana tidak canggung.

Ketiga, Cobalah Meminta maaf. Ayah bunda bisa meminta maat dengan memeluknya atau menciumnya serta sambil berkata menyesal ke anak.

Keempat, Bicarakan alasan bunda sempat marah. Bunda bisa mulai membicarakan alasan bunda sempat marah. Misalnya bunda bisa jelaskan marah ke anak karena kalau dipanggil tidak segera datang. Maka bunda bisa jelaskan agar anak segera datang jika dipanggil.

Kelima, Maafkan diri sendiri dan bangun lagi kedekatan dengan anak

Hilang kendali saat anak melakukan kesalahan itu hal yang wajar terjadi. Bagaimanapun, anak-anak masih belum mengerti banyak hal dan Aya bunda punya batas kesabaran. Kadang Aya bunda lelah atau tertekan dengan sesuatu sehingga sulit menahan emosi.

Demikianlah artikel kami mengenai 5 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Membentak Anak semoga bermanfaat!

5 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Membentak Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published.