Syarat Pelaksanaan Aqiqah Dalam Islam

Syarat Pelaksanaan Aqiqah dear ayah & bunda sahabat as shidiq aqiqah mungkin ada yang bertanya tanya, apakah saja sih syarat pelaksanaan aqiqah ? Nah untuk menjawab pertanyaan ini, kami dari as shidiq aqiqah telah merangkum jawabannya dari berbagai referensi yang telah kami dapatkan. Berikut adalah penjelasannya :

Mayoritas ulama mengemukakan syarat-syarat aqiqah adalah

Syarat pertama

Harus hewan ternak yaitu domba, kambing, unta & sapi. Aqiqah tidak sah dilakukan pada jenis hewan lainnya seperti kelinci, ayam, atau burung. Ini adalah pendapat mayoritas ulama dari kalangan ahli fikih, ahli hadis dan lain-lain. (Lihat Al Majmu’ 8/448, Syarah al Kharasyi 3/47, Bidayatul Mujtahid 1/376, Kifayatul Akhyar, hal 535, Fathul Bari, 12/10).

Syarat Kedua

Hewan aqiqah harus sehat dan tidak cacat. Ini adalah pendapat mayoritas ulama. Seperti tidak boleh buta sebelah, kurus, patah tanduknya atau sakit.

Syarat ketiga

Usia hewan aqiqah sudah cukup untuk disembelih. Untuk kriteria umur hewan aqiqah yang memenuhi kriteria sebagai berikut :

1.Domba muda berusia 6-7 bulan, berdasar pendapat madzhab hanafi & hanbali. Sementara menurut mazhab maliki & syafi’I ialah domba yang berusia setahun lebih, memasuki tahun kedua.

2. Pada hewan kambing menurut mazhab hanafi dan hanbali ialah yang berusia 1 tahun dan telah memasuki tahun ke 2. Sedang sapi ataupun kerbau ialah yang telah bersuai tahun ke 2, memasuki tahun ke 3. Sementara untuk unta ialah yang telah berusia 5 tahun, memasuki tahun ke 6.

3. Menurut Mazhab Maliki, usia kambing yang disunnahkan 1 tahun, sedang sapi / kerbau telah berusia 3 tahun, dan unta yang telah berusia 5 tahun.

4. Menurut mazhab syafi’I, kambing dan sapi yang telah berusia 3 tahun, sedang unta ialah yang telah berusia 5 tahun, memasuki tahun ke 6.

Baca Juga Artikel Tentang : 1 HAL PENTING YANG KITA HARUS TAHU MENGENAI AQIQAH
6 Hikmah Aqiqah Dalam Islam

Tetapi harus dicatat bahwa untuk aqiqah walau dengan sapi atau unta diperbolehkan yang terbaik adalah dengan kambing / domba sesuai kesepatakan jumhur ulama. Adapun untuk domba dengan usia 6 sudah boleh untuk aqiqah sedangkan kambing usia 1 tahun.

Nah demikianlah pemaparan syarat syarat pelaksanaan aqiqah yang telah berhasil as shidiq aqiqah rangkum. Semoga dapat bermanfaat yah ayah dan bunda. Aamiin.. Insya Allah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *