3 Syarat Pelaksanaan Aqiqah Dalam Islam

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Syarat Pelaksanaan Aqiqah Dalam Islam

Syarat Pelaksanaan Aqiqah dear ayah & bunda sahabat as shidiq aqiqah mungkin ada yang bertanya tanya, apakah saja sih syarat pelaksanaan aqiqah ? Nah untuk menjawab pertanyaan ini, kami dari as shidiq aqiqah telah merangkum jawabannya dari berbagai referensi yang telah kami dapatkan. Berikut adalah penjelasannya :

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Mayoritas ulama mengemukakan syarat-syarat aqiqah adalah

Syarat pertama

Harus hewan ternak yaitu domba, kambing, unta & sapi. Aqiqah tidak sah dilakukan pada jenis hewan lainnya seperti kelinci, ayam, atau burung. Ini adalah pendapat mayoritas ulama dari kalangan ahli fikih, ahli hadis dan lain-lain. (Lihat Al Majmu’ 8/448, Syarah al Kharasyi 3/47, Bidayatul Mujtahid 1/376, Kifayatul Akhyar, hal 535, Fathul Bari, 12/10).

Syarat Kedua

Hewan aqiqah harus sehat dan tidak cacat. Ini adalah pendapat mayoritas ulama. Seperti tidak boleh buta sebelah, kurus, patah tanduknya atau sakit.

Syarat ketiga

Usia hewan aqiqah sudah cukup untuk disembelih. Untuk kriteria umur hewan aqiqah yang memenuhi kriteria sebagai berikut :

1.Domba muda berusia 6-7 bulan, berdasar pendapat madzhab hanafi & hanbali. Sementara menurut mazhab maliki & syafi’I ialah domba yang berusia setahun lebih, memasuki tahun kedua.

2. Pada hewan kambing menurut mazhab hanafi dan hanbali ialah yang berusia 1 tahun dan telah memasuki tahun ke 2. Sedang sapi ataupun kerbau ialah yang telah bersuai tahun ke 2, memasuki tahun ke 3. Sementara untuk unta ialah yang telah berusia 5 tahun, memasuki tahun ke 6.

3. Menurut Mazhab Maliki, usia kambing yang disunnahkan 1 tahun, sedang sapi / kerbau telah berusia 3 tahun, dan unta yang telah berusia 5 tahun.

4. Menurut mazhab syafi’I, kambing dan sapi yang telah berusia 3 tahun, sedang unta ialah yang telah berusia 5 tahun, memasuki tahun ke 6.

Baca Juga Artikel Tentang : 1 HAL PENTING YANG KITA HARUS TAHU MENGENAI AQIQAH
6 Hikmah Aqiqah Dalam Islam

Tetapi harus dicatat bahwa untuk aqiqah walau dengan sapi atau unta diperbolehkan yang terbaik adalah dengan kambing / domba sesuai kesepatakan jumhur ulama. Adapun untuk domba dengan usia 6 sudah boleh untuk aqiqah sedangkan kambing usia 1 tahun.

Nah demikianlah pemaparan syarat syarat pelaksanaan aqiqah yang telah berhasil as shidiq aqiqah rangkum. Semoga dapat bermanfaat yah ayah dan bunda. Aamiin.. Insya Allah.

Tri Ardi Muhammad

Tri Ardi Muhammad

Leave a Replay

Jasa Aqiqah Jakarta dan Tangerang

Jasa Aqiqah Tempat aqiqah terpercaya Yang Menyediakan Paket Aqiqah Jakarta dan Tangerang yang bergaransi dan mempunyai standar internasional dan tentunya bersertifikat LAIK Hygene dan juga Halal.

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Hubungi Kami Jasa aqiqah terpercaya

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×