jasa aqiqah images 14
3 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Berbuat Salah Ke Anak

(Artikel | 3 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Berbuat Salah Ke Anak) – Dear ayah bunda sahabat jasa aqiqah. Banyak orang tua mengalami kesulitan meminta maaf pada anak, karena menurut mereka, mengakui kesalahan merupakan sebuah kelemahan.

Ulasan 3 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Berbuat Salah Ke Anak

Padahal, psikolog Laura Markham Ph.D, mengatakan bahwa meminta maaf kepada anak saat orang tua lalai juga tidak membuatnya kehilangan otoritas untuk menegur dan mengingatkan anak saat mereka berbuat salah.

Selain itu, bukan merupakan suatu kehinaan jika orangtua memintaa maaf kepada anak jika memang orangtua posisinya salah.

Baca Juga :

Ketika ayah bunda salah cobalah renungkanlah beberapa hal berikut ini :

Pertama, ketika kita berbuat salah pada anak cobalah untuk menyadari kesalahan tersebut. Misal ketika ayah bunda tiba-tiba marah ke anak cobalah berkata,”Maafkan ayah bunda karena sudah memarahi kamu tadi yah.”

Mungkin anak tidak langsung memaafkan tetapi cobalah berikan anak ruang untuk berpikir dan menemukan ketenangannya.

Kedua, sebagai orangtua jangan segan untuk mengakui kesalahan yang diperbuat. Jangan sampai anak kita menganggap kita sebagai sosok yang egois, tidak mau kalah, atau hanya memikirkan diri sendiri. Ingatlah bahwa mengakui kesalahan buatlah sebuah kehinaan.  

Ketiga, ketika kita berbuat salah. Cobalah jelaskan ke anak mengapa hal itu bisa sampai terjadi. Misal karena ada hal yang ayah bunda kurang senangi dan dilakukan oleh anak. Beri pengertian anak perilaku-perilakunya yang dapat memancing ayah bunda. Dengan memberi pengertian diharapkan anak menjadi mengerti penyebab orangtuanya tersebut marah.

Demikianlah artikel kami mengenai 3 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Berbuat Salah Ke Anak semoga bermanfaat!

3 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Berbuat Salah Ke Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published.