3 Hadis Makna Aqiqah Sebelum Islam Datang

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Makna Aqiqah Sebelum Islam Datang

Makna Aqiqah Sebelum Islam Datang

Aqiqah sudah dikenal pada zaman dahulu pada masa zaman jahiliyah. Waliyullah Ad-Dahlawi mengatakan, “Perlu diketahui bahwa bangsa Arab biasa melakukan aqiqah untuk anak anak mereka. Aqiqah adalah perkara yang biasa dilakukan dan merupakan sunnah yang di tekan pelaksanaannya (Sunnah muakkadah). Pada Aqiqah terdapat berbagai kemaslahatan finansial, psikologis dan sosial. Oleh karena itu Nabi Muhammad SAW. Membiarkannya, mengerjakannya dan menganjurkan masyarakat untuk ikut melakukannya.”

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Hal berikut sesuai dengan hadis dari Abdullah bin Buraidah dari bapaknya berkata :

Aku mendengar bapakku berkata : “Di zaman jahiliyah,apabila salah seorang dari kami memperoleh anak, dia menyembelih seekor kambing lalu melumuri kepala anaknya dengan darah kambing tersebut. Setelah datangnya Islam, kami menyembelih kambing dan mencukur rambut si anak, lalu mengolesi kepalanya dengan minyak za’faran”

Merujuk hadist riwayat Ibnu Hibban juz 12, hal. 124, no. 5308:

Dahulu kami di masa jahiliyah apabila salah seorang di antara kami mempunyai anak, ia menyembelih kambing dan melumuri kepalanya dengan darah kambing itu. Maka, setelah Allah mendatangkan Islam, kami menyembelih kambing, mencukur (menggundul) kepala si bayi, dan melumurinya dengan minyak wangi.

Demikian pula disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban :

“Dari Aisyah RA, ia berkata, ‘Dahulu orang-orang pada masa jahiliyah apabila mereka beraqiqah untuk seorang bayi, mereka melumuri kapas dengan darah aqiqah, lalu ketika mencukur rambut si bayi mereka melumurkan pada kepalanya’. Maka Nabi Muhammad SAW bersabda, ‘Gantilah darah itu dengan minyak wangi’.

Bolehkah Dalam Islam Sedekah Pengganti Buat Aqiqah (Baca Juga Ini)

Dahulu, kambing atau domba yang disembelih masyarakat Arab Jahiliyah ketika akikah hanya untuk bayi laki-laki. Tetapi setelah Islam datang maka dianjurkan pula untuk bayi perempuan yang lahir.

Perbedaan juga ada pada jumlah kambing yang disembelih, yaitu dua untuk bayi laki-laki dan satu untuk bayi perempuan. Selain itu, masyarakat Arab Jahiliyah membasuhkan darah kambing yang disembelih itu ke tubuh bayi yang diakikahkan. Mereka mencukur rambut bayi, sekaligus membasuhnya dengan darah sebagai makana ungkapan suka cita atas kelahiran bayinya.

Hal itulah yang kemudian disempurnakan Nabi Muhammad SAW, yakni mengganti darah dengan minyak wangi atau air bunga kurma. Apa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW di atas menjadi bukti bahwa beliau tidak serta merta langsung menolak tradisi yang sudah ada melainkan mempertahankan makna yang baik dan mengganti yang buruk.

Artikel lainnya : 5 TIPS DALAM MEMILIH JASA AQIQAH DI JAKARTA

Menyembelih hewan merupakan makna tradisi yang baik karena sebagai wujud rasa syukur atas nikmat Allah sehingga dipertahankan. Namun, melumuri bayi dengan darah adalah perbuatan yang tidak baik sehingga Nabi Muhammad SAW menggantinya dengan minyak wangi. Begitulah keindahan akhlak yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW dalam menyikapi suatu tradisi.

Disini kami menyediakan layanan Jasa aqiqah terpecaya terletak di Jakarta, Tangerang dan sekitarnya yaitu As Shidiq Aqiqah yang menyediakan jaminan anti basi dan juga pengiriman tepat waktu.

Tags : Jasa Aqiqah Jasa aqiqah Terpercaya dan Bergaransi Jasa Aqiqah Terdekat Jasa Aqiqah Murah

Husein Syarif

Husein Syarif

Leave a Replay

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×