2 Pendapat Ulama Mengenai Cukur Rambut dan Bersedekah Seberat Rambut

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Cukur Rambut dan Bersedekah Seberat Rambut Tersebut

Sahabat Jasa Aqiqah Terpercaya Cukur Rambut dan Bersedekah Seberat Rambut Tersebut manakah yang di dahulukan Aqiqah atau cukur rambut ?

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat Jasa Aqiqah terpercaya. Diantara ayah bunda mungkin ada yang bertanya manakah yang harus didahulukan menyembelihan hewan aqiqah atau mencukur rambut bayi ? Nah untuk membahas masalah ini berikut adalah pemaparannya.

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Ada dua pendapat ulama di kalangan para ulama dalam masalah ini

Pendapat pertama :

Sekelompok ulama memandang bahwa  menyembelih hewan aqiqah dilakukan sebelum rambut kepala bayi. Al Baghawi mengatakan,”Dianjurkan untuk memotong rambut kepala bayi setelah menyembelih hewan aqiqah.” (At Tahzib 8/50)

Imam an Nawawi mendukung pendapat ini. Beliau berkata,”Apakah mencukur dilakukan sebelum menyembelih ? Ada dua pendapat yang benar dan ditegaskan oleh penulis, al Baghawi, al Jurjani dan lain lain adalah disunnahkannya memotong rambut setelah menyembelih hewan aqiqah. “

Inilah Waktu Terbaik Pelaksaanaan Aqiqah Ada 3 Pendapat (Baca Juga Artikel Ini)

Ulama yang berpegang pada pendapat ini menggunakan dalil hadits berikut ini, Dari Samurah Rasulullah bersabda, “Setiap anak tergadaikan pada aqiqahnya, disembelihkan hewan untuknya pada hari ketujuh, dipotong rambutnya dan diberi nama.”

Al Hafizh Ibnu Hajar membawakan riwayat lain untuk hadis diatas dari Abusy Syaikh dengan lafal, “Disembelihkan pada hari ketujuh kelahirannya, kemudian dipotong rambutnya.” (Fathul Bari 12/13)

Artike Terkait Bacaan : Bisakah 1 Ekor Kambing Untuk Aqiqah Anak Kembar?
Bolehkah Kaki Hewan Aqiqah Diberi Ke Bidan?

Hal ini dibuktikan oleh hadis Aisyah R.A ,”Rasulullah mengaqiqahi Hasan dan Husain pada hari ketujuh kelahiran mereka, memberi nama dan memerintahkan agar kotoran di kepala mereka dihilangkan (rambutnya dicukur).” (Tharhut Tatsrib 5/213). Bukti yang lain adalah atsar yang diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaq dari Ibnu Juraij berkata,”Dimulai dengan menyembelih, kemudian mencukur rambut.” (Mushannaf ‘Abdurrazzaq 4/333)

Pendapat Kedua :

Dimulai dengan mencukur rambut, kemudian dilanjutkan dengan menyembelih hewan aqiqah. Pendapat ini dinukilkan dari Atha’, ‘Abdurrazzaq meriyawatkan dari Atha’ berkata,”Dimulai dengan mencukur rambut sebelum menyembelih.” (Mushannaf ‘Abdurrazaq 4/333) Ar Rauyani menukilkan ini juga dari Imam Asy Syafi’i. (Al Majmu’ 8/433)

Nah itulah pemaparan dari para ulama mengenai penyembelihan hewan aqiqah dahulu atau mencukur rambut bayi terlebih dahulu. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat ! aamiin insya Allah.

Jasa Aqiqah terpercaya kami juga melayani berbagai jasa aqiqah Jakarta, jasa aqiqah Tangerang dan sekitarnya. Kami menjamin masakan tidak akan basi dan juga pelayanan pengantaran tepat waktu dengan standar kualitas jasa aqiqah yang kami miliki jangan ragu untuk memesan di kami.

Tags : Jasa Aqiqah Jasa aqiqah Terpercaya Jasa Aqiqah Murah Jasa Aqiqah Terdekat

Tri Ardi Muhammad

Tri Ardi Muhammad

Leave a Replay

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×