Tsabit bin Qais

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh sahabat jasa aqiqah terpercaya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai kisah hidup tsabit bin ra, yang semoga dengan ini kita bisa mengambil contoh keteladanan dari beliau. Berikut adalah kisahnya

Teladan Kisah Hidup Tsabit bin Qais RA Yang Kita Harus Tahu

Sudah menjadi karakteristik sahabat Nabi untuk menjadikan hidupnya berdasarkan quran. Setiap ada ayat turun mreka selalu taat dan beruaha melaksanakannya. Demikian juga dengan yang dilakukan oleh Tsabit bin Qais ra salah satu sahabat dari golongan anshar. Dia adalah paman dari anas bin malik ra

Sahabat as shidiq aqiqah, dia dikenal bersuara lantang,cerdas, dan seorang orator ulung. Rasulullah pernah menyuruhnya menghadapi orator dari Bani Tamim. Tapi Ketika ayat ini (Al Hujurat ayat 2) turun, Tsabit amat takut dan sedih. Dia takut jika yang dimaksud dalam ayat itu adalah dirinya.

Tsabut yang bersedih memutuskan untuk mengurung diri di rumah. Dia takut keluar rumah dan bertemu Rasulullah lalu bersuara keras pada beliau.

“Apakah engkau tidak ridha jika engkau hidup terpuji, mati syahid dan kemudian masuk surga?” Tanya rasulullah setelah Tasbit menghadapnya.

“Saya ridha ya Allah,” kata Tsabit, “Dan saya berjanji tidak akan mengeraskan suara saya dihadapan engkau selama-lamanya.”

Sejak itu, Tsabit selalu mendengar syahid dalam peperangan yang diikutinya. DImulai dari perang uhud dan kemudian perang lain-lainnya. Dan ternyata, apa yang dikatakan rasulullah berukti Ketika perang yamamah. Tsabit bin qais yang memegang bendera kaum menghadang musuh dengan beraninya.

Ketika pasukan Musailamah si nabi palsu berhasil memukul mundur islam, tsabit amat kecewa, dia berusaha memanggil pasukan islam yang lari ke belakang.

“Amat buruklah apa yang kalian lakukan ini, lari ke belakang dari musuh,” teriak Tsabit. Kemudian dia pun berdoa, “Ya Allah, sungguh aku berlepas diri dari apa yang mereka lakukan (yakni orang-orang murtad yang dipimpin Musailamah Al Kadzdzab) dan aku juga berlepas diri dari sikap mereka kaum muslimin yang mundur dari musuh.”

Setelah itu bersama pemegang bendera dari kelompok muhajirin, dia membuat lubang setinggi betis. Lalu berdiri didalam lubang sambal terus mengibarkan bendera. Ya.. dia menjadikan dirinya tiang hidup agar bendera itu tetap tegak dan tidak jatuh. Sikap heroic kedua pembawa bendera ini memompa semangat kaum muslim untuk Kembali ke peperangan. Hingga pertolongan Allah turun dan umat islam bisa meraih kemenangan.

Tsabit bin qais akhirnya pun gugur di medan yamamah. Dirinya sudah membuktikan iman di dadanya. Kematian tidak menghentikan kemuliaan Tsabit. Sebuah peristiwan membuat penghuni Madinah waktu itu takjub Ketika tsabit sudah syahid, seorang laki laki muslim lewat di dekatnya dan mengambil baju perangnya. Beberapa malam kemudian seorang tantara islam yang berperang di yamamah bermimpi bertemu tsabit

Baca artikel lainnya : 5 Cara Mengatasi Masuk Angin pada Ibu hamil

“Aku berpesan padamu jangan menganggap ini hanya mimpi biasa. Setelah aku syahid kemaren ada seorang lelaki muslim lewat di dekatku. Dia mengambil baju perangku. Rumahnya paling ujung, dia memiliki kuda yang tegap. Dan jika dia berjalan pandagannya selalu mendongak sombong.

Baju besiku disampannya dalam periuk yang ditutup pelana. Pergilah ke khalid bin walid agar mengirim orang untuk mengambilnya. Jika kamu Kembali ke Madinah, tolong sampaikan ke khalifah bahwa aku memiliki utang sekian banyak dan aku mohon agar ia melunasinya,” demikian pesan Tsabit dalam mimpi lelaki itu.

Ketika bangun si laki-laki langsung menghadap khalid bin walid dan beliaupun mengirim utusan untuk mengambil baju perang tsabit. Ternyata apa yang dikatakan tsabit betul. Setelah pasukan Kembali ke Madinah, laki-laki tadi menemu khalifah Abu Bakar. Dia ceritakan tentang mimpinya mengenai tsabit. Khalifah pun memenuhi wasiat tsabit dan melunasi utang-utangnya.

Subahanallah sungguh kisah yang hebat bukan sahabat jasa aqiqah ? semoga kita dapat mengambil keteladanan beliau. Aamiin

Sedang mencari jasa aqiqah terpercaya ? silahkan hubungi kami (asa aqiqah Tangerang , jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah terpercaya)

Hastag : jasa aqiqah terbaik , jasa aqiqah Tangerang , jasa aqiqah Jakarta , tsabit bin qais

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *